Dengan membuka layar smartphone bisa menyentuh menu panggilan, kontak, memilih nomor yang dituju, dan menyentuh simbol telepon. Hanya dengan empat langkah sederhana ini, seseorang bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan lawan bicara yang berada di negara berbeda.

Beberapa dekade lalu, kemudahan itu hanyalah sebatas mimpi. Seiring waktu berjalan, teknologi pun berkembang dan beradaptasi dengan kebutuhan manusia, termasuk pada telepon genggam yang kini berevolusi menjadi smartphone.

Melakukan panggilan telepon hanyalah salah satu fungsi dasar smartphone. Selain untuk berkomunikasi, teknologi yang tersemat dalam smartphone juga bisa dimanfaatkan untuk membantu memudahkan berbagai kegiatan sehari-hari, termasuk menikmati hiburan. Berikut ulasannya.

1. Mengontrol perangkat elektronik dari jarak jauh

Konsep rumah pintar atau smart home kini menjadi tren baru. Pada konsep ini, perangkat elektronik di rumah sudah terintegrasi dengan jaringan internet melalui WiFi.

Perangkat seperti lampu, televisi, kamera CCTV, kulkas, dan kunci pintu dapat dikontrol melalui sistem yang tersambung dengan internet of things (IoT). Ini berarti, perangkat-perangkat itu bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Adapun salah satu perangkat yang dapat mengakses peralatan smart home adalah smartphone. Cukup memasang aplikasi pengatur sistem smart home di smartphone, segala aktivitas peralatan elektronik bisa dikontrol dalam genggaman.

Kamu bisa menghidupkan AC dari jarak jauh sebelum sampai di rumah. Sesampai di rumah, udara ruangan bisa langsung dingin.

Bahkan, smartphone bisa pula digunakan untuk membuat jadwal rutin operasional perangkat-perangkat smart home. Canggih bukan?

2. Melakukan transaksi keuangan

Kehadiran teknologi near field communication (NFC) pada smartphone memungkinkan penggunanya melakukan pertukaran data dari jarak dekat. Data yang dapat dibagikan mulai dari kontak, foto, video, hingga dokumen.

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan transaksi keuangan secara nontunai (cashless). Transaksi ini dilakukan dengan menempelkan smartphone ke mesin sensor NFC. Mesin ini pun sudah disediakan oleh banyak merchant di Indonesia untuk memudahkan pembayaran.

Fungsi lain yang juga menjadi unggulan fitur NFC adalah pengisian dan pengecekan saldo uang elektronik.

Dengan kemudahan itu, pengguna tidak perlu repot menuju mesin anjungan tunai mandiri (ATM) untuk mengisi saldo di kartu uang elektronik yang kini digunakan sebagai alat pembayaran tol dan transportasi publik.

3. Memantau kesehatan dan aktivitas harian

Smartphone sudah dilengkapi teknologi sync wearable yang dapat dikoneksikan dengan perangkat jam pintar, seperti smartwatch atau smartband. Dengan teknologi ini, pengguna smartphone dapat memantau kesehatan yang terekam oleh perangkat jam pintar.

Seperti diketahui, perangkat jam pintar dilengkapi sensor yang dapat mengukur detak jantung dan kadar oksigen dalam darah (SpO2). Bahkan, perangkat canggih ini juga bisa memantau tahapan kualitas tidur penggunanya.

Selain itu, smartwatch juga dapat mencatat berbagai aktivitas olahraga, seperti joging, bersepeda, berenang, zumba, dan pilates.

4. Menghasilkan gambar menarik dengan teknologi augmented reality

Menangkap gambar dan merekam video merupakan dua fungsi dasar yang dimiliki oleh semua smartphone. Fungsi tersebut kini telah meningkat ke level yang lebih tinggi berkat kehadiran teknologi augmented reality (AR).

Teknologi tersebut mampu menggabungkan unsur digital, baik berupa benda dua dimensi maupun tiga dimensi, dengan lingkungan nyata. Kemudian, unsur digital itu dapat diproyeksikan secara real-time.

Dengan kata lain, teknologi AR dapat memvisualisasikan konsep digital dan menampilkannya di dunia nyata melalui layar smartphone.

Teknologi image processing itu kini juga banyak digunakan di bidang kesehatan, manufaktur, dan interior.

Selain itu, teknologi AR juga disematkan di game online, aplikasi navigasi, dan media sosial, seperti Instagram.

5. Merasakan pengalaman nyata dengan teknologi virtual reality

Tak hanya melihat layar, pengguna teknologi VR juga dapat merasakan pengalaman nyata dan berinteraksi dengan dunia virtual tiga dimensi . Dengan teknologi tersebut, pengguna smartphone dapat menikmati pemandangan alam atau suasana kota. Pengalaman tersebut dapat dirasakan dengan bantuan perangkat lain berupa kacamata atau headset yang dihubungkan ke smartphone. Oppo Reno6 Pro 5G merupakan varian tertinggi dari Oppo Reno6 Series 5G yang dikembangkan dengan desain stylish dan trendi.

Ponsel tersebut dibekali prosesor chipset Snapdragon 870 yang dikombinasikan dengan RAM 12 gigabita dan memori internal 256 GB. Dengan kemampuan itu, pengguna dapat merekam beragam emosi manusia pada momen-momen berharga dan menghadirkan pengalaman video berformat portrait tingkat tinggi. Smartphone tersebut juga mengusung desain 3D Curved Display dengan layar berukuran 6,5 inci, refresh rate 90 Hertz , dan touch sampling rate 180 Hz. Dengan spesifikasi ini, pengguna bisa mendapatkan visualisasi terbaik ketika memanfaatkan teknologi AR dan VR.

Selanjutnya, pada Oppo Reno6 5G disematkan chipset MediaTek Dimensity 900 yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan sebesar 128 GB. Dengan segala kecanggihan fitur dan spesifikasi tersebut, Oppo Reno6 Series 5G sudah mendukung segala aktivitas digital di masa depan. Kamu bisa mengontrol peralatan elektronik smart home dari rumah, menikmati AR dan VR, dan juga mengisi ulang saldo kartu uang elektronik dengan seri Reno terbaru itu. Sebagai informasi, Oppo Reno6 Pro 5G bisa dibeli dengan harga Rp 10.999.000 dan Oppo Reno6 5G dibanderol dengan harga Rp 7.999.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!