Home Religi ISTANA TOPKAPI & PENINGGALAN RASULULLAH DI NEGARA TURKI

ISTANA TOPKAPI & PENINGGALAN RASULULLAH DI NEGARA TURKI

0
ISTANA TOPKAPI & PENINGGALAN RASULULLAH DI NEGARA TURKI

Assalamualaikum warrahmatullahi wabaraktuh halo sahabatĀ dunia Islam,kali ini kita akan membahas istana topkapi&peninggalan rasulullah di negara turki.

Dimasa jayanya turki merupakan salah satu pusat utama peradaban Islam. Ragam peninggalan budaya islam begitu kental dan dominan disana. Sebut saja istana Topkapi, istana ini merupakan kejayaan kesultanan Turki Usmani. Istana yang juga dikenal dengan sebutan masjid biru ini merupakan kediaman resmi dan pusat pemerintahan.

Dari Sultan Turki Usmani selama sekitar 400tahun atau sejak 1465 sampai 1858. Istana ini dan sebuah kompleks yang terdiri dari empat halaman utama. Dan banyak bangunan lain yang lebih kecil. Istana ini terletak persis di tepi pantai. Di titik pertemuan antara selat Bosphorus tanjung tanduk emas atau golden heart. Dengan laut Marmara Topkapi dalam bahasa Turki berarti gudang meriam dibangun. Dengan arsitektur khas Turki yang mempunyai taman-taman indah yang menghubungkan antara satu bangunan dan bangunan lain. Taman-taman yang hijau ini dipenuhi pohon besar yang rindang. Didirikan diatas lahan seluas 700.00MĀ² istana Topkapi mulai bangun pada tahun 1453.

SULTAN MEHMED 2

SULTAN MEHMED 2

Pembangunan istana Topkapi diawali dari keinginan Sultan Mehmed dua untuk mendirikan sebuah istana sebagai kesultanan Turki Usmani. Sultan Mehmed 2 menguasai Istambul setelah menaklukkan wilayah tersebut dari tangan ke kaisaran Roma pada tahun 1453. Dari sanalah istana Topkapi mulai dibangun dan terus mengalami berbagai perubahan sampai tahun 1850-an. Secara keseluruhan istana Topkapi memiliki ratusan kamar. Namun hanya beberapa saja yang kini bisa dilihat masyarakat. Berbagai jenis keramik woodwork dan gaya arsitektur di tampilkan di istana Topkapi. Sekali pun kini bangunan tersebut telah dialih fungsikan masih banyak benda peninggalan kejayaan kesultanan Turki Utsmani yang tersimpan di sana. Hal yang paling menarik dari peninggalan turki Usmani adalah benda-benda peninggalan milik Nabi Muhammad SAW.

PENINGGALAN NABI MUHAMMAD SAW

BARANG PENINGALAN NABI MUHAMMAD SAW

Beberapa peninggalan nabi kini tersimpan di ruang relikui cuci di tempat itu dapat dijumpai tempat call atau cekak milik Rasulullah. Jejak kaki Rasulullah pedang jubah hingga rambut Rasulullah. Dan disana pula sejumlah benda-benda peninggalan sahabat Rasulullah tersimpan selain itu istana Topkapi. Juga menyimpan beberapa surat buatan Nabi Muhammad SAW. Surat itu ditulis kepada muqauqis atau pemimpin kaum cop dan mustahil 5 atau si pembohong. Surat untuk muqauqis ditulis di daun kurma dan ditemukan di Mesir pada tahun 1850.

Peninggalan bersejarah lainnya adalah manuskrip Al-Quran pertama yang di tulis di atas lembaran kulit binatang itu terjadi. Sebelum Al-Qur’an disatukan menjadi sebuah kitab utuh. Selain itu masih banyak peninggalan lainnya dari para tokoh yang berjasa dalam perkembangan Islam teman-teman. Satu lagi nih keunikan dari Topkapi bila memasuki ruangan peninggalan ini kita dapat mendengar alunan 24orang hafiz atau penghafal Al-Qur’an bergantian membaca Al-Qur’an dengan syahdunya. Dan alunan bacaan ini terjadi tanpa henti selama 24jam. Terus menerus dalam 407 tahun, dari tahun 1517 hingga 1920Masehi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here