Banyak Dijadikan Ramuan Obat:Manfaat Bunga Kenop untuk Kesehatan

0
404
BUNGA KENOP
gambar istimewa

Channel E – Tanaman hias yang memiliki nama botani Gomphrena globosa atau Globe amaranth ini adalah tanaman hias yang menghasilkan bunga-bunga indah berwarna ungu, putih dan merah. Bunga ini juga cocok digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah timbulnya penyakit dalam tubuh. Bukan hanya bunga bulatnya, hampir semua bagian tanaman mulai dari daun, akar, dan batang tanaman bisa menjadi ramuan obat.Berikut manfaat bunga kenop yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Dua ilmuan dari China melakukan penelitian pada tikus dan menemukan bahwa zat betacyanin memiliki efek perlindungan pada sistem saraf. Kandungan inilah yang terdapat di dalam bunga kenop. Betacyanin adalah pigmen tanaman berwarna yang memiliki manfaat kesehatan kaya antioksidan. Globe amaranth memiliki dua betacyanin unik, yaitu isogomphrenin III dan gomphrenin III.

Betacyanin dalam Globe amaranth memiliki khasiat penyembuhan yang kuat. Di India, seorang dokter mengekspos sel leukemia manusia pada betacyanin, mereka terkejut melihat bahwa kandungan ini bereaksi menghilangkan kanker. Sel-sel kanker mulai mati dalam proses yang disebut apoptosis. Jadi antioksidan yang kuat dalam bunga ini dapat bermanfaat melawan kanker.

Detoksifikasi yang mampu singkirkan racun dalam tubuh

Gomphrena globosa sangat bagus dijadikan ramuan detoksifikasi yang membantu menyingkirkan racun dan membersihkan tubuh dari penyakit. Penggunaan obat secara tradisional ini dipercaya mampu mengobati batu empedu, hidung berdarah, batuk dan oliguria yaitu produksi urin dalam jumlah rendah. Tanaman herbal ini juga mampu mengobati infeksi saluran kemih yang membuat urin tidak normal dan sakit.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Sebuah tim ilmuwan Brasil dari Universitas Federal Piauí, menunjukkan bahwa globe amaranth secara signifikan mampu mengurangi tekanan darah arteri tanpa mengubah denyut jantung. Bahkan meski dikonsumsi dalam jumlah sedikit, manfaatnya tetap bekerja dengan sangat baik. Karena itu, khasiat bunga kenop dalam menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah secara alami ini telah dibuktikan melalui penelitian klinis. Hanya saja, untuk penggunaan jangka panjang, belum dilakukan penelitian berapa banyak dosis yang tepat.
gambar istimewa

Mengatasi masalah prostat

Di Jamaika, tanaman bunga kenop terkenal sebagai obatnya para pria. Ramuan dari Ini Globe amaranth ini menawarkan obat kuat untuk mengatasi masalah prostat. Di banyak negara, biji dari kantong bunga kenop yang rasanya manis dimakan untuk membantu kesehatan prostat. Antioksidan yang bantu menyembuhkan penyakit ini adalah gomphrenoside-1.

Bunga kenop dapat membantu pria yang memiliki masalah buang air kecil dan pembengkakan prostat bahkan yang telah diidap selama bertahun-tahun. Ekstrak metanol dari seluruh tanaman menunjukkan sifat antioksidan yang signifikan. Untuk itu, teh globe amaranth sering diminum dan sangat terkenal di banyak tempat karena khasiatnya.

Untuk membuat teh, kamu hanya tinggal merebus air dan tambahkan bunga kenop segar kedalamnya. Biarkan bunga larut selama beberapa menit, saring dan minum. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk memberi rasa manis alami. Teh ini penuh dengan antioksidan, vitamin dan mineral.

Penyembuhan luka di kulit

Ekstrak metanol dalam bunga ini memiliki sifat anti jamur dan anti mikroba. Karena itu seluruh tanaman dapat digiling menjadi seperti pasta dan diaplikasikan pada area yang luka. Ramuan ini sangat efektif untuk bantu menyembuhkan luka di kulit dengan cepat.

Kalau kamu memiliki lesi kulit yang sulit disembuhkan, kamu dapat mencoba ramuan bunga ini. Kandungan sehat yang terkandung dalam bunga kenop akan mempercepat pengeringan luka. Penyakit kulit lainnya seperti kudis, juga bisa diatasi dengan bunga ini. Kandungan anti infeksinya akan membuat luka di kulit tidak mudah terinfeksi dan cepat kering dalam beberapa hari.

Mencegah terjadinya penuaan dini

Meski bunga kenop telah dipetik dan disimpan berminggu-minggu, bentuk dan warnanya tetap bertahan seperti sebelum dipetik. Ternyata bunga kenop mengandung beberapa senyawa kuat yang jadi alasan mengapa orang-orang Yunani dan India kuno menggunakannya sebagai obat alami anti-penuaan.

Tanaman Globe amaranth juga memiliki senyawa lain bernama kaempferol. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan meningkatkan pertahanan alami kulit terhadap lingkungan karena mampu melawan radikal bebas superoksida yang membuat kulit lebih cepat menua. Kaempferol juga membantu melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Teh dari bahan bunga kenop segar dapat digunakan seperti air mawar untuk perawatan kulit.

Itulah ragam manfaat bunga kenop yang tak terduga buat kesehatan. Ternyata gak hanya mempercantik pekarangan ya, tapi juga obat ajaib dari alam yang penuh manfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!