Home Featured Kisah Misteri Gunung Lawu yang Tersimpan di Balik Keindahannya

Kisah Misteri Gunung Lawu yang Tersimpan di Balik Keindahannya

0
Kisah Misteri Gunung Lawu yang Tersimpan di Balik Keindahannya

Channel E – Gunung Lawu menjadi salah satu tujuan wisatawan yang hobi mendaki. Dengan ketinggian di atas 3.000 meter, pendaki biasanya sudah berpengalaman. Tidak hanya menguji adrenalin, pendaki juga bisa menguji nyali karena banyak kisah misteri Gunung Lawu yang membuat penasaran.

Sejarah Gunung Lawu

gambar istimewa

Gunung Lawu ternyata juga menyimpan sejarah menarik terkait keberadaan Kerajaan Majapahit di masa lalu. Ketika kerajaan ini menunjukkan tanda-tanda akan runtuh, Prabu Brawijaya V yang memerintah tahun 1468-1478 mengasingkan diri untuk bersemadi dan menyendiri. Sang Prabu mendapat mimpi bahwa kelak Majapahit akan runtuh dan digantikan dengan kerajaan Islam Demak yang dipimpin anaknya sendiri, yakni Raden Patah.

Sebelum meninggalkan kerajaan dan naik ke gunung, Prabu bertemu dengan dua pengikutnya yakni Wangsa Menggala dan Dipa Menggala. Keduanya ingin menemani Prabu Brawijaya untuk naik ke puncak gunung. Uniknya, sampai di puncak Prabu Brawijaya menyampaikan pesan kepada pengikutnya lalu menghilang. Bahkan, jasadnya sampai saat ini tidak pernah ditemukan.

Keberadaan Pasar Setan

gambar istimewa

Kisah mistis yang paling terkenal adalah terkait keberadaan pasar setan yang berada di lereng gunung, tepatnya pada jalur Candi Cetho. Di area yang banyak ditumbuhi ilalang ini seringkali ditemukan suara bising, seperti suasana di pasar pada umumnya. Anehnya, tidak terlihat apapun di atas padang ilalang. Hanya suara bising yang tidak bersumber. Tapi beberapa pendaki ada yang mengaku mendengar suara orang menawarkan dagangan, seperti suara “Mau beli apa?”.

Menurut kepercayaan masyarakat, apabila mendengar suara bising tersebut pendaki bisa menjatuhkan salah satu barang berharganya sebagai cara untuk membeli barang atau barter di pasar ini.

Jelmaan Jalak Gading

gambar istimewa

Konon setelah Prabu Brawijaya menghilang, salah satu pengikutnya ada yang menjelma menjadi jalak gading. Hingga saat ini penampakan jalak gading masih sering ditemui oleh pendaki.  Namun, keberadaannya justru memberikan petunjuk jalan kepada pendaki yang tersesat dan punya tujuan baik. Sebaliknya, ketika ada pendaki yang punya niat buruk dan bertemu dengan jalak gading, maka akan mendapatkan nasib buruk atau apes ketika berada di gunung ini.

Misteri Beban Berat

gambar istimewa

Ada juga kisah misteri yang menceritakan kisah pendaki tiba-tiba merasa mendapat beban berat ketika mendaki. Padahal beban yang dibawa awalnya bisa dibawa dengan mudah. Namun di lokasi tertentu, beban yang dibawa terasa sangat berat seakan ada yang menekannya. Ini membuat para pendaki harus berhenti berulang kali karena merasa menanggung beban terlalu berat. Bahkan, sampai harus berjalan membungkuk seperti orang yang rukuk saking beratnya. 4. Suara Nafas Seperti Manusia Misteri Gunung Lawu lainnya adalah kisah suara nafas seperti manusia yang tiba-tiba didengar oleh pendaki saat melakukan perjalanan. Suaranya terdengar sangat jelas sehingga pendaki seketika akan langsung menghentikan perjalanannya.

Suara Nafas Seperti Manusia

gambar istimewa

Misteri Gunung Lawu lainnya adalah kisah suara nafas seperti manusia yang tiba-tiba didengar oleh pendaki saat melakukan perjalanan. Suaranya terdengar sangat jelas sehingga pendaki seketika akan langsung menghentikan perjalanannya. Suara Delman Ada lagi suara delman khas dengan sepatu kuda dan gemericik loncengnya. Suara delman ini sempat didengarkan oleh pendaki yang secara tidak sengaja memakai baju hijau dan tenda warna hijau.

Padahal menurut masyarakat setempat, pendaki dilarang menggunakan baju dan atribut hijau saat ke puncak. Ketinggian dan Keindahan Gunung Lawu menjadi favorit pendaki karena sangat menantang untuk dijelajahi. Apalagi ketinggiannya termasuk ekstrem hingga mencapai 3.265. Bahkan, berada pada posisi 76 dari gunung tertinggi yang ada di Indonesia.

Estimasi Biaya untuk Mendaki Estimasi

gambar istimewa

Biaya untuk mendaki ke Gunung Lawu sebenarnya berbeda-beda tergantung jauh dan dekatnya asal pendaki yang berdatangan. Ketika domisilinya jauh atau berada di luar kota, tentu biaya yang harus dipersiapkan juga lebih tinggi. Untuk tiket masuk ke jalur pendakiannya sendiri hanya dikenakan sekitar Rp20.000 per orang. Walaupun misteri Gunung Lawu terdengar cukup menakutkan, tapi pendaki tidak semestinya merasa takut selama tidak ada yang mengganggu. Justru kewaspadaan dan keamanan saat mendaki tetap harus diprioritaskan agar pulang dalam keadaan tetap sehat dan bugar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here