Channel E – Teman-teman pasti sudah sering mendengar tentang kecantikan bunga sakura. Tapi tahu tidak? Bunga ini hanya bisa mekar selama seminggu saja, lho. Karena itu, kemunculan bunga ini selalu dinanti-nantikan banyak orang. Bunga yang menjadi bunga nasional di negara Jepang ini ternyata bisa juga tumbuh di negara lain.

Menjadi bunga nasional, tentunya bunga sakura menjadi daya tarik tersendiri untuk Negeri Matahari Terbit ini. Bila teman-teman mengunjungi negara Jepang, akan ada banyak pohon seperti ini di sana.

Tapi bila ingin melihat keindahan bunganya, maka datanglah di waktu yang tepat. Tanaman ini tidak memekarkan bunganya setiap saat, melainkan hanya sekali dalam setahun.

Berikut akan dijelaskan berbagai fakta unik tentang bunga sakura, Simak Bersama Yuk!

gambar istimewa

1. Hanya Mekar Seminggu

Bunga yang masih satu jenis dengan tanaman aprikot ini ternyata hanya mekar dalam waktu yang singkat. Dari tanaman memunculkan kuncup hingga berguguran, bunga ini hanya menghabiskan waktu selama 7 hingga 10 hari. Waktu mekarnya pun hanya satu tahun sekali, yaitu pada musim semi.

2. Bunga Sakura Bermutasi

Bunga cantik ini hingga kini terus melakukan melakukan perubahan. Kini sudah ada lebih dari 600 spesies bunga ini. Perubahan yang terjadi pada bunga ini, yaitu jumlah kelopak, ukuran bunga, warna bunga, dan hasil buah. Kini bunga sakura tidak hanya berwarna merah muda, tapi ada juga yang berwarna putih, kuning muda, hijau muda, dan juga merah menyala.

3. Miliki Nama Berbeda-beda

Di negara Jepang, bunga sakura memiliki nama yang berbeda-beda, lho. Penamaan bunga ini dilihat dari jumlah kelopak bunganya. Bunga dengan kelopak berjumlah lima atau di bawah lima akan disebut dengan naman hitoe. Sedangkan bunga dengan jumlah kelopak lebih dari lima memiliki nama hanyae. Dan bunga yang memiliki kelopak lebih dari 10 akan disebut dengan yae.

4. Bisa Dimakan 

Teman-teman pasti sudah tahu, kalau ada beragam jenis bunga yang bisa dimakan. Salah satu dari bunga-bunga itu, adalah bunga sakura. Bahkan bukan hanya bunga, tapi daun dari tanaman ini bisa dimakan juga.

Di Jepang mengonsumsi bunga dan daun tanaman sakura adalah hal yang biasa. Untuk mengolahnya, daun dan kelopak harus direndam dengan larutan garam. Proses itu disebut dengan shiozuke.

Lalu pada proses selanjutnya akan disebut dengan sakurazuke dan bisa sudah bisa dimakan. Bunga  ini sering menjadi campuran pada kue moci, atau menjadi racikan teh.

5. Menghasilkan Ceri

Tanaman sakura, tidak hanya mengeluarkan bunga cantik, lho. Bunga sakura yang sudah berguguran kemudian akan memunculkan buah ceri kecil. Ceri pada bunga ini memiliki ukuran kecil dan rasa yang asam. Buah ini pun tidak bisa dikonsumsi oleh manusia, sehingga hanya burung-burung yang memakannya.

6. Mekar Tanpa Daun

Seperti dijelaskan sebelumnya, bunga sakura mekar pada musim semi. Sebelum musim semi adalah musim dingin, dimana semua daun tanaman ini akan rontok. Di musim semi ini, bunga sakura akan muncul lebih dulu dari kuncup hingga mekar.

Setelah semua kelopak bunga rontok, daun dari bunga ini akan mulai muncul. Karena itu, saat bunga sakura mekar, tidak akan ada warna hijau daun yang terlihat. Pohon akan dipenuhi dengan warna merah muda, putih, atau warna sesuai jenis bunga.

Nah, itu tadi enam fakta unik tentang bunga sakura yang perlu teman-teman tahu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!