Channel E – Bunga Edelweiss jawa atau Bunga Senduro adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Nusantara. Bunga ini bisa disebut juga dengan nama lengkap Anaphalis javanica .

Tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian 8 meter dan dapat memiliki batang sebesar kaki manusia walaupun umumnya tidak melebihi 1 meter. Bunga edelweiss sering kali jadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang mendaki gunung khususnya di Indonesia.

Bunga edelweiss di Indonesia berbeda dengan bunga edelweiss di dataran Eropa. Di Indonesia, Bunga ini dikenal juga dengan nama javanese edelweis atau edelweis jawa atau bunga senduro.

Ciri-ciri umum dari bunga ini adalah kelopak bunga berwarna putih dan biasanya mekar pada kurun waktu April-Agustus. Terkenal karena keindahannya dan tak mudah layu, edelweis menyandang julukan sebagai bunga abadi.

Namun sayang julukan ini berbanding terbalik dengan kondisi yang ada, banyak orang yang memetik bunga ini dan membawanya sebagai ‘oleh-oleh’, hal ini justru membuat bunga ini terancam punah.

Berikut 5 fakta menarik tentang bunga edelweis!

1. Ditemukan pertama kali oleh naturalis Jerman

Edelweis pertama kali ditemukan oleh naturalis asal Jerman bernama Georg Carl Reinwardt pada 1819. Bunga ini ditemukan pertama kali di lereng Gunung Gede, Jawa Barat.

2. Disebut bunga abadi

Bunga edelweis disebut-sebut sebagai bunga abadi, karena bunga ini bisa tumbuh selama 10 tahun. Hal ini karena bunga memiliki hormon yang bisa mencegah kerontokan kelopak bunga.

Bunga ini tumbuh di tanah dengan ketinggian lebih dari 2.000 mdpl. Tak heran jika bunga berkelopak putih ini banyak ditemukan di sejumlah gunung di Indonesia.

Di antaranya Gunung Merbabu, Pangrango, Lawu, Semeru, Rinjani, dan sebagainya.
Hamparan tanaman edelweis di Lembah Mandalawangi Gunung Pangrango, Jawa Barat, Minggu, 6 Desember 2015.

3. Mekar saat akhir musim hujan

Bunga ini biasanya mekar pada periode April hingga Agustus setiap tahunnya.
Terutama saat-saat di mana musim hujan telah berakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!