Channel E – Ginjal memiliki peran penting dalam keberlangsungan hidup. Fungsi ginjal yaitu membuang limbah dan cairan ekstra dari tubuh, serta membantu menghilangkan asam untuk menjaga keseimbangan air, garam, dan mineral yang sehat. Namun, sayangnya banyak kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak struktur ginjal. Tanpa keseimbangan yang sehat pada ginjal, saraf, otot, dan jaringan lain dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Dengan mendetoksifikasi darah, memproduksi hormon penting, dan menyimpan air dalam tubuh, ginjal berpengaruh pada kesehatan tubuh. Namun, terdapat beberapa kebiasaan keliru yang dapat merusak fungsinya. Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat merusak struktur ginjal:

1. Terlalu Banyak Makan Daging

gambar istimewa

Protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah. Hal tersebut dapat berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis, suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cukup cepat. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan semua bagian tubuh. Namun, pola makan harus seimbang, yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

2. Mengonsumsi Makanan Olahan

gambar istimewa

Makanan olahan merupakan sumber natrium dan fosfor yang signifikan. Banyak orang yang memiliki penyakit ginjal perlu membatasi fosfor dalam makanan. Melansir dari National Kidney Foundation, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan fosfor yang tinggi dari makanan olahan pada orang tanpa penyakit ginjal, mungkin berbahaya bagi struktur ginjal dan tulang.

Cobalah untuk mulai menerapkan pola makan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension). Diet ini menekankan pada pola makan rendah garam, tapi tetap mengandung nutrisi seimbang.

3. Kurang Minum Air Putih

gambar istimewa

Tetap terhidrasi dengan baik membantu struktur ginjal dalam membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum banyak air juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari batu ginjal yang menyakitkan. Seseorang yang memiliki masalah ginjal atau gagal ginjal mungkin perlu membatasi asupan cairan. Namun, bagi orang yang sehat direkomendasikan untuk minum 2 hingga 4 liter per hari.

4. Kurang Tidur

gambar istimewa

Tidur malam adalah hal baik yang sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk untuk kesehatan struktur ginjal. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengatur beban kerja ginjal selama 24 jam.

5. Terlalu Banyak Makan dan Minum yang Manis

gambar istimewa

Gula berkontribusi terhadap obesitas, yang meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes. Kedua penyakit tersebut merupakan penyebab utama penyakit ginjal. Selain makanan manis, gula sering ditambahkan ke makanan dan minuman yang mungkin tidak dianggap manis.

Hindari bumbu, sereal sarapan, dan roti putih. Makanan tersebut merupakan sumber gula olahan yang jahat. Perhatikan komposisi bahan makanan saat berbelanja untuk menghindari tambahan gula dalam makanan.

6. Merokok

gambar istimewa

Banyak orang yang sudah tahu dan sadar bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan paru-paru. Namun, tahukah kamu bahwa merokok juga tidak baik untuk kesehatan ginjal? Orang yang merokok lebih cenderung memiliki protein dalam urine. Hal tersebut merupakan salah satu tanda kerusakan struktur ginjal.

7. Minum Alkohol Secara Berlebihan

gambar istimewa

Minum alkohol secara berlebihan (lebih dari empat gelas sehari) meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis dua kali lipat. Peminum berat yang juga merokok berisiko lebih tinggi mengalami masalah ginjal. Perokok yang juga peminum berat memiliki sekitar lima kali kemungkinan terkena penyakit ginjal kronis. Hal tersebut jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok atau minum alkohol secara berlebihan.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang dapat merusak struktur ginjal. Jika kamu ingin ginjalmu tetap sehat hingga di usia tua, sebaiknya hentikan kebiasaan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!