Home Religi 13 KEUTAMAAN MENGERJAKAN SHALAT SUNNAH

13 KEUTAMAAN MENGERJAKAN SHALAT SUNNAH

0
13 KEUTAMAAN MENGERJAKAN SHALAT SUNNAH

Assalamualaikum warrahmatullahi wabaraktuh halo sahabat kanal pengetahuan islam kali ini kIta akan membahas 13 keutamaan mengerjakan shalat sunnah

Shalat sunnah seperti waktu shalat tahajud yang baik termasuk amalan yang mesti kita jaga dan rutinkan. Di antara keutamaannya, shalat sunnah akan menutupi kekurangan pada shalat wajib. Kita tahu dengan pasti bahwa tidak ada yang yakin shalat lima waktunya dikerjakan sempurna.  Shalat sunnah ada berbagai macam, seperti shalat dhuha, tahajud, shalat sunnah sebelum dan sesudah menjalankan shalat 5 waktu, shalat sunnah saat Ramadhan. Kadang kita tidak konsentrasi, tidak khusyu’ (menghadirkan hati) dan tidak menjalankan cara agar shalat khusyu’, juga kadang tidak tawadhu’ (tenang) dalam shalat.

MENGGAPAI WALI ALLAH

Orang yang rajin mengamalkan amalan sunnah seperti keutamaan shalat dhuha 6 rakaat secara umum, maka ia akan menjadi wali Allah yang istimewa. Lalu apa yang dimaksud wali Allah?

SHALAT DHUHA

Allah SWT berfirman(QS.Yunus: 62-63) yang artinya, Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allahitu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedihhati. Yaitu orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.” 

MERUPAKAN AMALAN YANG BAIK

Dari Tsauban, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,Beristiqamahlah kalian dan sekali-kali kalian tidak dapat istiqomah dengan sempurna. Ketahuilah, sesungguhnya amalan kalian yang paling utama adalah shalat. Tidak ada yang menjaga wudhu melainkan ia adalah seorang mukmin.

DEKAT DENGAN NABI DI SURGA

SURGA

Dari Rabiah bin Ka’ab Al-Aslami radhiyallahu ‘anhu dia berkata, “Sayapernah bermalam bersama Rasulullah SAW, laluaku membawakan air wudhunya dan air untuk hajatnya.” Maka beliau berkatakepadaku, Mintalah kepadaku.”

Maka aku berkata,tentang cara hidup sehat Rasulullah “Aku hanya meminta agar aku bisa menjadi teman dekatmu di surga.” Beliau bertanya lagi, “Adakah permintaan yang lain?” Aku menjawab, “Tidak, itu saja.” Maka beliau menjawab,Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu dengan banyak melakukan sujud (memperbanyak shalat).” 

DIHAPUSKAN DOSA DAN DERAJAT DITINGGIKAN

Tsauban berkata, “Aku pernah menanyakan hal yang ditanyakan tadi pada Rasulullah SAW.” Beliau bersabda,Hendaklah engkau memperbanyaksujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyaksujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskandosamu”.

MENYEMPURNAKAN SHALAT WAJIB DAN MENAMBAL KEKURANGANNYA

Rasulullah shalallahualaihi wasalam bersabda, Amalan yangpertama kali akan diperhitungkan dari seorang hamba pada hari kiamat adalahshalatnya. Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yangsempurna. Namun, jika shalatnya tidak sempurna Allah Ta’ala berkata pada malaikat-Nya”

“Lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah, makasempurnakanlah shalat wajibnya. Kemudian zakat pun demikian. Kemudianamalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu.

SHALAT SUNNAH MENGANGKAT DERAJAT DAN MENGHAPUS DOSA

ٌRasulullah shalallahualaihi wasalam bersabda, “Hendaklah engkau memperbanyak sujud . Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allahakan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.” 

SEBAB TERBESAR MASUK SURGA

AMALAN BADAN YANG PALING UTAMA SETELAH JIHAD

Dalam hadits Tsauban NabiSAW mengabarkan, “Istiqomahlah dan kalian tidaklah akanmampu (untuk istiqomah dalam semua ketaatan dengan sebenar-benar istiqomah),dan ketahuilah bahwa sebaik-baik amal kalian adalah shalat dan tidak menjagawudhu kecuali seorang mukmin.” 

MENDAPAT KEBAIKAN ALLAH

Dari Jabir radhiyallahuanhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, Jika salah seorang di antara kalian telahmenunaikan shalat di masjidnya, maka hendaklah ia memberi jatah shalat bagirumahnya. Karena sesungguhnya Allah menjadikan kebaikan dalam rumahnya melaluishalatnya.” 

MEMBERI SUASANA INDAH DI RUMAH YANG DILAKUKAN SHALAT SUNNAH

Dalam riwayat Muslim,Kerjakanlah shalat (sunnah) di rumah kalian.Karena sebaik-baik shalat seseorang adalah yang dikerjakan di rumahnya kecualishalat wajib.”

MENDAPATKAN KASIH SAYANG MALAIKAT DAN MEMBUAT LARI SETAN

Imam an-NawawiRahimahullah berkata, “Dan sesungguhnya anjuran melakukan shalat Sunnah dirumah, karena dia lebih tersembunyi dan lebih menjauhkan dari riya, lebihterjaga dari kesia-siaan. Dan carilah keberkahan rumah dengan hal itu, dansebab turun kasih sayang serta malaikat dan membuat lari setan.”

SHALAT SUNNAH AKAN MENGHADIRKAN KECINTAAN ALLAH KEPADA HAMBANYA

Dari Abu Hurairahradhiyallahu anhu berkata; Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda,  “Sesungguhnya Allâh Azza wa Jalla berfirman,“Barangsiapa memusuhi wali-Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya.Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintaidaripada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Akumencintainya. Jika Aku telah mencintainya. Aku menjadi pendengarannya yang iagunakan untuk mendengar. Menjadi penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat. Menjadi tangannya yangia gunakan untuk berbuat. Dan menjadi kakinya yang ia gunakan untuk berjalan.Jika ia meminta kepada Ku. Aku pasti memberinya dan jika ia memintaperlindungan kepadaku, Aku pasti melindunginya.”

SHALAT SUNNAH MERUPAKAN BENTUK SYUKUR SEORANG HAMBA KEPADA ALLAH

Diriwayatkan dari ‘AisyahRadhiyallahu anhuma, dia berkata, “Jika Rasulullah SAW melakukan shalat, beliau berdiri hingga kedua telapak kaki beliau merekah.” lalu Aisyah bertanya, “Kenapa engkau melakukan semua ini, padahal Allah SWT telah memberikan ampunan bagimu atas dosa-dosa-mu yang telah lalu danyang akan datang?” Lalu beliau menjawab, “Apakah tidak boleh jika akutermasuk hamba yang bersyukur.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here