25.6 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Bagaimana Kanguru Membersihkan Kantongnya?

Channel E – Kanguru adalah hewan marsupialia yang berasal dari benua Australia. Kanguru memiliki nama ilmiah, Macropus. Berasal dari dua kata Yunani yang artinya kaki panjang (makros pous). Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, marsupialia adalah kelompok mamalia yang betinanya memiliki marsupium atau kanting perut. Salah satu yang dikenal sebagai hewan ber kantongnya ini adalah Kanguru. Karakteristik mereka yang paling khas adalah kaki belakangnya yang besar, kaki yang panjang, dan ekornya yang besar. Kanguru itu unik karena mereka adalah satu-satunya hewan seukuran mereka yang menggunakan lompatan sebagai alat utama untuk bergerak.

gambar istimewa

Fungsi kantung Kanguru Berikut beberapa fungsi kantung Kanguru:

  • Membawa anaknya kemana saja

Kantung pada Kanguru atau hewan marsupial yang lain, digunakan untuk membawa anaknya. Hal ini karena kehamilan induk Kanguru sangat singkat. Kanguru memiliki masa kehalmilan tidak lebih daei lima minggu.Bahkan Kanguru merupakan hewan yang berkembang biak secara vivipar. Artinya tidak memiliki tali pusar.

  • Kantung makanan bagi anak Kanguru

Selain untuk membawa anaknya, kantung tersebut juga berfungsi sebagai tempat makanan anak Kanguru. Di balik kantung induk Kanguru terdapat puting susu, sehingga anak yang diletakkan di dalam kanting bisa menyusu dan mendaptkan nutrisi yang cukup. Rata-rata anak hewan marsupial akan berada di dalam kantung induknya selama 235 hari. Selama itu, anak hewan marsupial akan sering mengeluarkan kepalanya dari kantung untuk melihat keadaan di luar.

  • Tempat teraman anak Kanguru

Berada di kantung induknya, anak Kanguru akan merasa aman karena terlindungi oleh induknya. Ketik ada bahaya mengancam, anak-anak bisa masuk ke dalam kantung untuk menghindarinya. Kantung induk Kanguru bisa menahan beban yang berat. Hal ini membuat anak kanguru bisa berasa di dalam kantung dalam waktu yang lama.

Bagaimana Kanguru membersihkan kantungnya? 

Kanguru menggunakan kaki depannya untuk membuka kantongnya lebar-lebar kemudian memasukkan kepala dan menjilati kantongnya sampai bersih. Setelah si induk melahirkan anak, diperukan sejumlah usaha untuk menjaga kebersihan kantong itu. Karena anak Kanguru tinggal di dalamnya berbulan-bulan. Anak Kanguru akan selalu masuk ke dalam kantung sampai tubuhnya tidak lagi muat di dalamnya atau sampai si induk tak lagi menyambut baik kedatangannya.

Apa sih yang dibersihkan dari kantungnya? Deputi Kepala Riset National Zoological Prk, Miles Roberts memberitahu bahwa bersamaan dengan kumpulan dari sisa kulit yang ada, terbentuk unsur seperti lilin dalam kantong itu yang ingin dilepas Kanguru.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles