Channel E – Pneumonia merupakan salah satu penyakit paru-paru yang mesti diwaspadai. Pasalnya, penyakit tersebut bisa menyebabkan dampak gejala umum serius, terutama pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mewaspadai pneumonia adalah dengan mengetahui gejalanya. Meskipun gejala pneumonia bisa bervariasi pada tiap orang, tetapi ada beberapa gejala umum yang biasanya dialami oleh kebanyakan pengidap penyakit tersebut.

Simak Bersama Yuk!

gambar istimewa

Sebelum mengetahui gejalanya, kamu perlu mengetahui dulu apa itu pneumonia. Pneumonia adalah infeksi yang membuat kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru (alveoli) meradang. Akibatnya, kantung udara bisa berisi cairan atau nanah yang menyebabkan pengidapnya mengalami gejala, seperti batuk berdahak atau bernanah, demam, kedinginan, dan sulit bernapas.

Berbagai organisme, seperti bakteri, virus, dan jamur bisa menyebabkan pneumonia. Biasanya, penyakit paru tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri. Namun, infeksi virus, seperti virus corona juga bisa menyebabkan pneumonia.

Gejala Umum yang Perlu Diwaspadai

Tanda dan gejala pneumonia bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Hal itu tergantung pada faktor-faktor, seperti jenis kuman yang menyebabkan infeksi, usia, dan kondisi kesehatan kamu secara keseluruhan. Gejala pneumonia yang ringan seringkali mirip dengan gejala pilek atau flu, tetapi berlangsung lebih lama.

Biasanya, gejala bisa berkembang secara tiba-tiba selama 24–48 jam setelah terpapar kuman, tetapi bisa juga muncul lebih lama hingga beberapa hari. Gejala umum pneumonia adalah:

  • Batuk, yang bisa menghasilkan dahak berwarna kuning, hijau, atau bernoda darah.
  • Kesulitan bernapas. Pernapasan kamu akan cepat dan pendek, dan merasa sesak napas, bahkan saat beristirahat.
  • Detak jantung meningkat.
  • Demam tinggi.
  • Tidak enak badan.
  • Berkeringat dan menggigil.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Nyeri dada, yang memburuk saat bernapas atau batuk.

Pada bayi baru lahir dan bayi, mereka tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi. Namun, mereka juga mengalami gejala, seperti muntah, demam dan batuk, tampak gelisah atau lelah dan tanpa energi, atau sulit bernapas dan makan. Pada orangtua, pneumonia juga bisa menyebabkan kebingungan atau perubahan mental.

2. Pengobatan Pneumonia

Pneumonia yang ringan biasanya bisa diobati sendiri di rumah dengan:

  • Banyak beristirahat.
  • Minum antibiotik, bila pneumonia disebabkan oleh infeksi bakteri.
  • Minum banyak cairan.

Bila kamu tidak memiliki masalah kesehatan lain, tubuh biasanya akan merespons pengobatan dengan baik dan kamu bisa segera pulih. Namun, gejala seperti batuk bisa berlangsung lebih lama. Sementara untuk kelompok yang berisiko, pneumonia bisa berkembang parah dan perlu dirawat di rumah sakit. Perawatan di rumah sakit juga bisa memantau kondisi pengidap untuk mencegah komplikasi serius yang bisa berakibat fatal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!