Channel E – Saat bekas luka di kaki menjadi koreng, kondisi tersebut mungkin bisa mengganggu rasa percaya diri. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara menghilangkan koreng di kaki secara alami. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa membaca secara lengkap ulasan berikut ini!

Simak Bersama Yuk!

gambar istimewa

Koreng atau keropeng merupakan jaringan pelindung yang terbentuk setelah kulit mengalami kerusakan. Saat kulit kamu terkikis, gumpalan darah akan terbentuk dan akhirnya mengeras menjadi kerak pelindung. Jaringan kulit tersebut akan beregenerasi dan mampu menggantikan kopeng untuk memberi ruang bagi kulit baru agar dapat tumbuh, sehingga kembali seperti semula.

Perlu diketahui, meski koreng tidak sedap untuk dipandang, tetapi ini sering kali merupakan indikator positif jika kamu dalam tahap penyembuhan yang sehat. Namun, perawatan padakulit bisa memakan waktu harian dan bahkan mingguan, tergantung tingkat keparahan dari luka yang terjadi.

Nah, jika kamu ingin koreng ini lebih cepat untuk hilang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar penyembuhannya lebih efektif. Berikut beberapa cara menghilangkan koreng:

1. Jaga Koreng Tetap Bersih

Salah satu cara menghilangkan koreng di kaki dengan cara adalah dengan menjaga area tersebut tetap bersih setiap saat. Kotoran dan kuman dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi, sehingga proses penyembuhan lebih lambat. Kamu bisa mencuci koreng dengan lembut menggunakan sabun dan air. Jangan menggosok secara berlebihan karena mampu menimbulkan iritasi dan bahkan berdarah sehingga luka kembali terbuka.

3. Jangan Mengupas Koreng

Hindari mengupas koreng supaya koreng di kaki lebih cepat sembuh dan menghilang dengan sempurna. Jika kamu mengupasnya, proses pemulihan menjadi lebih lambat dan mungkin saja kamu akan menumbuhkan koreng yang baru lainnya. Bahkan, risiko terkena infeksi menjadi lebih tinggi.

4. Kompres Panas dan Dingin

Kamu juga dapat menerapkan kompres panas dan dingin pada koreng yang terbentuk. Dua cara menghilangkan koreng di kaki ini digunakan di waktu yang berbeda. Kompres hangat mampu mendorong aliran darah ke luka dan mendorong terjadinya regenerasi kulit. Hal ini juga mampu mencegah luka mengering.

Lalu untuk kompres dingin, kamu bisa menerapkannya untuk mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa gatal. Kompres dingin juga dapat mengurangi peradangan di area yang luka. Jika masalah peradangan dan pembengkakan terbilang parah, ada baiknya mengonsumsi obat antiinflamasi dengan resep dari dokter.

Itulah, beberapa cara untuk menghilangkan koreng di kaki secara alami. Pastikan kamu melakukan semua hal tersebut, dengan begitu luka lebih cepat sembuh dan koreng menghilang. Jika kamu merasa koreng yang ada pada kulit tidak kunjung sembuh, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter kulit.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here