Manfaat Bunga Rosella Untuk Kulit Wajah Kecantikan

0
353
MANFAAT ROSELLA UNTUK WAJAH

Channel E– Manfaat rosella untuk wajah ternyata sangat beragam. Bunga rosella atau Hibiscus sabdariffa diketahui mengandng antioksidan dan vitamin C yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

gambar istimewa

Manfaat Bunga Rosella untuk Kecantikan

Membentuk Kolagen Alami dalam Tubuh Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information, kandungan vitamin C dalam rosella bisa membantu pembentukan kolagen alami. kandungan vitamin C dalam bunga ini juga diperlukan dalam proses sintesis kolagen.

Beberapa enzim juga diketahui sangat bergantung pada vitamin C yang menghubungkan molekul kolagen. Nutrisi ini dapat mendukung gen kolagen. Vitamin C berguna untuk produksi kolagen baik dikonsumsi langsung atau dioleskan. Anda bisa memperoleh kebaikan vitamin C dari bunga ini dengan cara mengonsumsinya sebagai teh atau mengoleskan ekstrak dari bunga ini.

Menunda Kerusakan Kolagen Manfaat rosella untuk kecantikan selanjutnya yaitu membantu menunda kerusakan kolagen. Rosella diketahui memiliki antioksidan yang bernama myricetin. Senyawa tersebut berguna untuk menekan kolagenase atau enzim yang bisa mengurangi penurunan kolagen. Kolagenasi bisa meningkat secara alami seiring bertambahnya umum. Hal tersebut mengakibatkan kulit kehilangan kekencangan dan strukturnya. Myricetin yang ada dalam rosella juga dipercaya bisa mengurangi kolagen dan membuat kulit selalu kencang.

Mengatasi Peradangan

Rosella merah dikenal mengandung antioksidan yang tinggi termasuk vitamin C, antosianin, dan beta-karoten. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi membuat bunga ini bisa mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan kulit.Selain itu, kandungan tersebut juga bisa meredakan peradangan. Antioksidan juga bekerja untuk menetralkan radikal bebas dan melindungi sel serta jaringan kulit.

Melembapkan Kulit

Manfaat bunga rosella untuk wajah berikutnya yaitu bisa melembapkan kulit dan membuat kulit tetap terhidrasi. Kelembapan merupakan kunci untuk menjaga elastisitas kulit. Jika kulit tidak terhidrasi dengan baik, maka kulit akan mudah kering dan kendur.

Pembuatan Masker Bunga Rosella

Untuk mendapatkan manfaat bunga rosella dengan optimal, Anda bisa mengolahnya menjadi masker kecantikan. Berdasarkan penjelasan di Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera 14(28), berikut ini cara membuat masker dari bunga rosella dengan mudah.

Bahan-bahan: Bunga rosela 50 buah. Air ½ liter. Madu 50 ml.

Alat yang dibutuhkan: Panci. Sendok pengaduk. Blender. Kompor. Kemasan aluminium foil.

Cara pembuatan: Rebus air hingga mendidih. Masukkan bunga rosella lalu rebus kurang lebih 3-5 menit. Setelah itu saring. Masukkan madu dalam cangkir dan campurkan ke dalam larutan, aduk sampai rata. Aduk terus hingga larutan rosella mengkritsal. Setelah itu, biarkan suhunya turun hingga suhu ruang. Haluskan kristal dengan belnder untuk membuatnya menjadi serbuk. Anda juga bisa menggunakan lesung untuk menumbuk kristal rosella ini. Setelah halus, masukkan masker rosella dalam kemasan aluminium foil supaya lebih awet. Masker ini bisa disimpan selama 3 hari.

Cara Membuat Teh Bunga Rosella

Selain bisa olah menjadi masker kecantikan, Anda juga bisa mengolah rosella menjadi teh yang menyegarkan. Berikut ini cara untuk membuat teh rosella dengan mudah.

Bahan: Bunga rosella kering kurang lebih 5 buah. Air sekitar 400 ml. Madu 2 sendok makan.

Cara membuat: Masukkan bunga rosella kering ke dalam cangkir. Tambahkan air. Kemudian tambahkan madu lalu aduk sampai merata. Teh rosella sudah siap untuk dinikmati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!