Meskipun bakso sebenarnya berasal dari Tiongkok, namun kini makanan berbentuk bulat ini seolah menjadi ciri khas kuliner Indonesia. Penjual bakso sangat mudah dijumpai diseluruh penjuru pelosok negeri. Mulai dari penjual bakso dengan gerobak sampai di tempat-tempat berkelas, menu bakso tetap menjadi favorit. Apalagi di musim penghujan, bakso dengan kuah panas langsung meningkatkan selera makan. Bahkan, Barack Obama sekalipun tak mampu menolak untuk tidak menyantap bakso saat mengunjungi Indonesia.

Sebagai pecinta bakso, kita harusnya tahu penyebab terciptanya bakso. Setiap kali menyantap bakso, rasa puas dan gembira pasti kita rasakan karena bakso merupakan makanan yang mampu merubah mood menjadi lebih baik. Kita patut berterimakasih kepada Meng Bo yang telah menciptakan bakso.

1. Mochi, yang menjadi cikal bakal terciptanya bakso

gambar istimewa

Meng Bo yang hidup pada abad ke 17, tepatnya di akhir masa kejayaan Dinasti Ming, memiliki seorang ibu yang sudah renta dan sulit makan, padahal ibunya sangat suka makan daging. Semakin hari sang ibu semakin tidak berdaya dan tidak bisa mengunyah makanan lagi. Meng Bo yang sangat mencintai ibunya itu merasa sangat terpukul melihat penderitaan sang ibu. Dia pun duduk didepan rumahnya, termenung dan berpikir bagaimana caranya agar ibunya bisa kembali makan daging yang enak. Tak sengaja matanya tertuju pada tetangganya yang sedang sibuk menumbuk beras ketan untuk membuat mochi dan membentuknya bulat-bulat. Terinspirasi dari mochi, Meng Bo langsung mengeksekusi buah pemikirannya. Daging yang ada didapur ia tumbuk sampai halus seperti membuat mochi.

Lalu ia bentuk bulat-bulat dan direbus dalam air panas sampai mengambang. Meskipun bakso sebenarnya berasal dari Tiongkok, namun kini makanan berbentuk bulat ini seolah menjadi ciri khas kuliner Indonesia. Penjual bakso sangat mudah dijumpai diseluruh penjuru pelosok negeri. Mulai dari penjual bakso dengan gerobak sampai di tempat-tempat berkelas, menu bakso tetap menjadi favorit. Apalagi di musim penghujan, bakso dengan kuah panas langsung meningkatkan selera makan. Bahkan, Barack Obama sekalipun tak mampu menolak untuk tidak menyantap bakso saat mengunjungi Indonesia.

Sebagai pecinta bakso, kita harusnya tahu penyebab terciptanya bakso. Setiap kali menyantap bakso, rasa puas dan gembira pasti kita rasakan karena bakso merupakan makanan yang mampu merubah mood menjadi lebih baik. Kita patut berterimakasih kepada Meng Bo yang telah menciptakan bakso.

2. Namun versi lain mengatakan bahwa bakso berasal dari makanan Eropa, yaitu Meatballs

gambar istimewa

Adapula yang menyebutkan bahwa bakso di Indonesia juga merupakan makanan Eropa yang dibawa oleh penjajah Belanda, yaitu meatball. Panganan yang sebenarnya juga mirip dengan bakso asal Cina. Hanya saja meatball sendiri masih simpang siur asal usulnya.  Meatballs sendiri biasanya menjadi makanan campuran pasta dan spaghetti. Kadang hanya dimasak dengan saus tomat saja. Bentuknya juga tak sehalus bakso asal Tiongkok.

Bakso tercipta karena cinta yang begitu besar. Wajar jika hingga kini bakso menjadi salah satu makanan yang paling dicintai di dunia, bahkan di Indonesia menempati urutan teratas sebagai makanan yang paling diminati, sejajar dengan nasi goreng dan rendang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!