Channel E – Seekor macam tutul di india tidak sengaja terjerumus dan terjebak di dalam sumur. Setelah berupaya keluar dan terus gagal, akhirnya macam tutul itu pun kelelahan sebelum akhirnya diselamatkan.

Bagaimana awal cerita macam tutul itu akhirnya diselamatkan oleh petugas satwa liar?Ternyata, sumur tersebut terletak tidak jauh dari sebuah ladang seorang petani di pedesaan Pune di Maharashtra, India.

Sang petani ingin menghidupkan pompa air di sumur untuk menyiram ladangnya, ketika sang petani melongok ke bawah sumur, terkejutlah ia saat menemukan seekor macan tutul terjebak di dasar sumur.

1. Upaya Penyelamatan Macan Tutul

gambar istimewa

Sumur milik petani dilaporkan memiliki tinggi 21 meter, tapi air di dalamnya tidaklah banyak. Air yang meluap di dalam sumur hanya setinggi sekitar 1,5 meter. Oleh sebab itu, petani tersebut memerlukan pompa air untuk mengambil air di dalam sumur.

Macam tutul merupakan perenang ahli tetapi mereka bisa kelelahan ketika terperangkap di dalam selama berjam-jam. Petani itu lantas menghubungi pejabat dari Departemen Kehutanan Maharashtra dan SOS Satwa liar.

Ketika tiba, petugas memulai operasi penyelamatan yang berlangsung selama dua jam tersebut. Pihak berwajib melaporkan bahwa macan tutul itu berisiko tenggelam karena dia sudah sangat lelah.

Tim penyelamat menurunkan balok kayu ke dalam sumur, untuk pegangan macan tutul agar bisa mengapung. Mereka kemudian menyiapkan kandang perangkap dan dengan hati-hati menurunkannya ke dalam air. Begitu sangkar mencapai macan tutul, dia bergegas masuk.

Petugas pun menarik sangkar tersebut dan akhirnya macan tutul tersebut berhasil diselamatkan dan dibawa oleh SOS Satwa Liar untuk mendapatkan perawatan sebelum dilepas kembali ke alam liar.

2. Kejadian Serupa 

gambar istimewa

Ternyata, kejadian macan tutul tidak hanya sekali, lo, teman-teman. Kejadian serupa terjadi di Maharashtra di bulan Februari, dengan seekor macan tutul jantan diselamatkan dari sumur setinggi 15 meter di wilayah Ahmednagar.

Banyak macam tutul yang berkeliaran di desa dan terperosok ke dalam sumur saat berburu di malam hari. Oleh sebab itu, pemerhati satwa liar mengimbau warga Maharashtra untuk menutup sumur terbuka demi mencegah kejadian ini terulang kembali.

3. Macan Tutul di India

gambar istimewa

India adalah salah satu negara yang menjadi ‘rumah’ bagi macan tutul. Macan tutul semakin sering muncul di kota besar India. Mereka ditemukan di seluruh wilayah yang mayoritas adalah hutan dan pedesaan. Berdasarkan sensus macan tutul di India tahun 2015, jumlah macan tutul diperkirakan antara 12.000 sampai 14.000 ekor, dan diperkirakan meningkat di tahun 2022.

Sebagian besar macan tutul ini tinggal di luar wilayah dilindungi dan sering kali masuk ke desa untuk berburu. Bahkan, banyak warga pedesaan India yang memelihara macan tutul, lo! Mayoritas yang memelihara macan tutul adalah warga desa yang menemukan anak macan tutul yang sakit atau terluka lalu dirawat seperti hewan peliharaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!