Mengenal Tanaman Mungil Bunga Tapak Dara Bisa Menyembuhkan Kanker

0
407
BUNGA TAPAK DARA BISA MENYEMBUHKAN KANKER

Channel E– Tapak dara dengan nama ilmiah Catharanthus roseus Don berdasarkan sejumlah hasil studi para ilmuwan menemukan bahwa bunga berkelopak lima ini mengandung alkaloid yang diindikasikan mengobati kanker jenis tertentu.

gambar istimewa

Asal dan makna bunga tapak dara

Catharanthus roseus masuk dalam genus Vinca, tanaman tapak dara dikenal juga dengan bunga periwinkle. Periwinkle dari bahasa Latin pervincire yang berarti mengikat atau melilitkan. Ini masuk akal karena berkaitan dengan karakter tanaman cantik ini, yaitu tumbuh perdu. Beberapa komunitas menganggap tanaman tapak dara sebagai simbol awal baru atau persahabatan.

Dilansir Petal Republic, Jumat, 4 Februari, ada berbagai varietas bunga tapak dara. Paling populer antara lain Madagascar Periwinkle, Pink Periwinkle, dan Rose Periwinkle.

Karakteristik bunga tapak dara

Tapak dara memiliki lima kelopak, ukurannya kecil, dan menyatu di pusat tabung berbentuk bintang. Kelopaknya berwarna-warni, tergantung varietasnya. Untuk Madagascar Periwinkle, bisa berwarna ungu, merah muda, putih, kemerahan dan bagian tengahnya berwarna merah lebih gelap. Uniknya, bentuknya yang mungil tetapi tidak beraroma sama sekali.

Sejarah dan asal-usul

Bunga tapak dara, pertama kali ditemukan di Madagaskar. Bunga ini tumbuh alami di daerah sekitar Eropa. Mereka juga tumbuh di Afrika utara dan bagian selatan Asia. Saat ini, tanaman tapak dari tumbuh secara alami di seluruh dunia.

Tanaman tapak dara dipakai sebagai obat

Dalam studi terbaru, banyak peneliti membuktikan kandungan alkaloid dalam bunga tapak dara. Kandungan tersebut berpotensi bisa mengobati penyakit kanker. Di Mesopotamia sejak 2600 SM, tanaman ini diambil akarnya dan dipakai dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan termasuk herbal dalam Ayurveda.

Perawatan dan musim berbunga

Telah dijelaskan di atas bahwa bunga tapak dara bisa tumbuh di seluruh dunia secara alami. Itu berarti bahwa tanaman ini memiliki daya adaptasi yang tinggi. Perawatan jika dipakai sebagai tanaman hias pun tak sulit. Kesederhanaan struktur bunga dan daun juga merepresentasikan sederhananya perawatan.

Bunga tapak dara mekar pada musim semi dan musim panas yang lebih hangat. Di Indonesia, akan berbunga pada suhu rata-rata 60 persen hawa panas dan 40 persen hawa dingin atau pada awal musim kemarau dan akhir musim hujan.

Mencegah dan Mengobati Kanker

Dalam jurnal Vinca Alkaloids disebutkan tanaman ini dapat digunakan dalam pengobatan herbal yang populer untuk kanker termasuk leukemia, penyakit Hodgkin, limfoma ganas, neuroblastoma, tumor Wilms, dan sarkoma Kaposi.

Saat diminum sebagai teh, vinca membantu mencegah penyebaran sel kanker ke seluruh tubuh. Tanaman ini juga mengandung leurosi-dine dan leurosine yang membantu mengobati penyakit Hodgkin.

Penggunaan obat yang dimurnikan dari beberapa bahan kimia yang ditemukan di tanaman vinca juga disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat untuk diberikan melalui suntikan dalam pengobatan kanker.

Vinblastine dan vincristine adalah contoh bahan kimia yang dapat diambil dari tanaman ini untuk kemoterapi.

Namun, obat ini memiliki efek samping yang serius dan diberikan hanya di bawah pengawasan medis. Tapak dara dianggap tidak aman untuk pengobatan sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!