Channel E – Wasir atau ambeien terjadi akibat peradangan pembuluh darah di sekitar anus hingga akhirnya bengkak. Ada berbagai kondisi yang dapat menyebabkan masalah pencernaan ini, mulai dari duduk terlalu lama hingga mengejan saat sulit BAB. Bahkan, ada yang menganggap ada makanan tertentu yang bisa menjadi penyebab ambeien. Benarkah?

gambar istimewa

1. Daftar makanan penyebab ambeien 

Faktanya, makanan tidak menjadi penyebab wasir secara langsung. Namun, ada makanan tertentu yang dapat memperparah gejala wasir atau memicu risiko kekambuhan.

Untuk itu, perhatikan kembali apakah menu makanan yang kini dikonsumsi baik untuk Anda yang memiliki wasir atau tidak. Berikut daftar makanan penyebab wasir bisa semakin parah.

2. Makanan rendah serat

Salah satu makanan yang dianggap menjadi penyebab ambeien semakin parah yaitu makanan rendah serat. Pasalnya, serat berperan penting dalam menambah massa dan melembutkan feses sehingga BAB Anda menjadi lancar.

Sementara itu, diet rendah serat bisa menyebabkan sembelit yang dapat memperparah wasir yang dialami. Bagaimana tidak, sembelit membuat Anda harus mengejan lebih keras saat buang air besar. Tekanan tersebut akhirnya memicu pembengkakan pembuluh darah di anus yang berisiko menimbulkan wasir.

Beberapa makanan rendah serat yang perlu dihindari selama mengalami ambeien antara lain:

  • daging merah,
  • ikan atau ayam,
  • telur,
  • susu dan produk olahannya, seperti es krim, keju atau yoghurt,
  • sayuran segar tanpa kulit atau biji,
  • buah-buahan seperti pisang, melon, dan buah persik,
  • roti putih,
  • pasta yang terbuat dari tepung putih, dan
  • nasi putih.

3. Makanan pedas

Pada dasarnya, makanan pedas menyebabkan ambeien secara langsung, melainkan memperparah gejala wasir yang sudah ada. Begini, konsumsi makanan pedas dapat merangsang saluran pencernaan dan terlalu banyak mengonsumsi cabai dapat menyebabkan diare.

Nah, diare bisa memicu iritasi pada bagian lapisan anus. Selain itu, kebiasaan BAB Anda mungkin akan berubah akibat makan makanan pedas. Makanan pedas dapat menimbulkan sensasi panas dan rasa sakit ketika buang air besar, termasuk pasien ambeien.

4. Makanan olahan

Jenis makanan lainnya yang bisa memperparah gejala ambeien yang dialami yaitu makanan olahan. Pengaruh makanan olahan terhadap wasir sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan rendah serat.

Makanan olahan mengandung garam yang cukup tinggi, tetapi rendah serat. Hal ini tentu bisa meningkatkan risiko sembelit yang dapat memperparah gejala wasir. Itu sebabnya, makanan olahan seperti sosis atau nugget sangat perlu dihindari oleh penderita ambeien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!