4 Manfaat Rosemary Yang Jarang Diketahui Untuk Kesehatan

0
381
MANFAAT ROSEMARY

Channel E– Rosemary merupakan tanaman herbal yang digunakan untuk berbagai kebutuhan. Tanaman ini kerap dijadikan aromaterapi, tambahan penyedap makanan, teh, hingga minyak esensial. Tak hanya memiliki aroma harum dan rasa yang khas, rosemary punya sejumlah manfaat kesehatan.

Rosemary adalah anggota keluarga mint Lamiaceae, sama seperti oregano, thyme, basil, dan lavender. Herbal ini merupakan sumber zat besi, kalsium, dan vitamin B-6 yang baik. Sifat obat rosemary sudah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional.

Rosemary juga hadir dalam berbagai bentuk. Daun rosemary bisa ditemukan dalam keadaan segar, kering, atau yang sudah diekstrak baik bubuk maupun cair. Aroma herbal yang dimiliki rosemary bisa memberi ketenangan saat menghirupnya.

gambar istimewa

Rosemary untuk kesehatan

Antioksidan

Rosemary punya kandungan antioksidan yang kuat. Herbal ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Antioksidan dalam rosemary didominasi oleh senyawa polifenolnya seperti asam rosmarinic dan asam carnosic.

Senyawa dalam teh rosemary juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi. Daun rosemary digunakan dalam pengobatan tradisional untuk efek penyembuhan antibakteri dan luka. Sifat antioksidan dalam rosemary ini juga berpotensi mencegah pertumbuhan kanker.

Tingkatkan konsentrasi dan memori

Aroma rosemary yang menenangkan dapat meningkatkan konsentrasi, kinerja, kecepatan, dan akurasi pikiran seseorang. Menghirup aroma rosemary bisa membantu meningkatkan suasana hati. Sifat antioksidan dalam rosemary juga bisa mencegah timbulnya penyakit penuaan yang memengaruhi kinerja otak. Minum teh rosemary dapat membantu mengurangi hilangnya ingatan dan masalah pada otak.

Tingkatkan sirkulasi

Rosemary adalah sumber yang kaya antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang dianggap membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Minum teh rosemary atau mengoleskan minyak rosemary bisa membantu meningkatkan sirkulasi. Minyak rosemary dapat membantu dengan memperluas pembuluh darah. Ninyak rosemary secara alami juga dapat mengurangi stres yang disebabkan buruknya sirkulasi pada tubuh.

Melawan radikal bebas dan peradangan

Rosemary kaya dengan molekul antioksidan dan senyawa antiperadangan. Dengan begitu, rosemary diyakini memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit. Tak hanya itu, tumbuhan yang sering ditambahkan dalam kuliner ini juga berpotensi untuk meningkatkan sirkulasi darah.Sebagai informasi, molekul antioksidan diperlukan tubuh untuk melawan radikal bebas berlebih. Radikal bebas berlebih merupakan penyebab stres oksidatif dan menimbulkan penyakit.

Perhatikan hal ini untuk mendapatkan manfaat rosemary

Umumnya, rosemary aman digunakan dalam jumlah yang sedikit. Walau jarang terjadi, mengonsumsinya terlalu banyak dapat menimbulkan beberapa efek samping yang serius, yang meliputi:

  • Muntah
  • Kejang
  • Koma
  • Edema paru atau adanya cairan di paru-paru
  • Keguguran, sehingga tidak dianjurkan bagi wanita hamil untuk mengonsumsi suplemen rosemary

Tak hanya itu, penting untuk diingat bahwa rosemary dapat memengaruhi kinerja beberapa kelompok obat. Kelompok obat tersebut adalah:

  • Obat antikoagulan, termasuk obat pengencer darah, seperti warfarin, aspirin, dan clopidogrel.
  • Obat diuretik untuk meningkatkan pengeluaran urin, seperti hydrocholorothiazide dan furosemide.
  • Obat penghambat ACE yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Obat-obatan ini termasuk termasuk lisinopril, fosinopril, captopril, dan enalapril.
  • Lithium, digunakan untuk mengobati episode mania dari depresi mania. Rosemary dapat bertindak sebagai diuretik dan menyebabkan lithium mencapai titik toksik dalam tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!