MANFAAT JAMBU MERAH UNTUK KESEHATAN TUBUH

0
428
MANFAAT JAMBU MERAH

Channel E– Bila ada kerabat atau keluarga yang diopname karena demam berdarah, membawakan jambu biji merah mungkin adalah buah tangan yang pertama kali terpikirkan. Salah satu manfaat jus jambu biji merah untuk kesehatan yang sudah lama diketahui masyarakat adalah untuk mengatasi demam berdarah.

Namun sebenarnya, masih banyak manfaat lain dari salah satu buah yang rasanya manis ini. Mari kita bahas khasiat jambu biji untuk kesehatan.

Kandungan jambu merah yang tinggi nutrisi

Jambu biji adalah salah satu buah yang mengandung tinggi vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Dalam 100 gram buah jambu biji mengandung nutrisi seperti berikut:

  • Air: 86 gram
  • Energi: 49 kal
  • Protein: 0.9 gram
  • Lemak: 0.3 gram
  • Karbohidrat: 12.2 gram
  • Serat: 2.4 gram
  • Abu: 0.6 gram
  • Kalsium: 14 miligram
  • Fosfor: 28 miligram
  • Zat besi: 1.1 miligram
  • Natrium: 10 miligram
  • Tembaga: 0.02 gram
  • Zinc: 0.3 miligram
  • Beta karoten: 27 microgram
  • Vitamin B1 (Thiamin): 0.02 miligram
  • Vitamin B2 (Riboflavin): 0.03 miligram
  • Niasin: 0,8 gram
  • Vitamin C: 87 miligram

Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji bahkan melebihi kadar vitamin C pada jeruk. Tak tanggung-tanggung, kandungan tersebut dapat mencukupkan kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin C sekitar 206%.

Jambu biji juga mengandung vitamin A dan vitamin B9 atau asam folat. Kadar vitamin A tersebut dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 7%. Sedangkan setiap 55 gram daging buah jambu biji dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin B9 hingga 7%. Kandungan jambu merah lainnya adalah vitamin E, vitamin K, vitamin B5, vitamin B3, hingga vitamin B6.

gambar istimewa

Manfaat jambu biji merah untuk kesehatan

Manfaat jambu biji bertopang dari kandungannya, termasuk vitamin A, vitamin C, kalium, dan zat-zat antioksidan. Selain itu, jambu biji juga mengandung nutrisi lain, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat, meski dalam jumlah yang sedikit.

Rasanya yang manis, tekstur yang renyah, serta kemudahan dalam mendapatkannya membuat jambu biji menjadi favorit banyak orang. Ini khasiat jambu biji yang mungkin tak Anda sangka:

Mendukung penurunan berat badan

Semua orang pastinya ingin meraih berat badan yang ideal. Mengonsumsi jambu biji dapat membantu perjalanan Anda dalam mencapai body goals yang diinginkan.

Manfaat jambu biji untuk diet menurunkan berat badan terletak pada kalorinya yang rendah.Tidak hanya berkalori rendah, jambu biji juga berserat tinggi dan membuat cepat kenyang. Anda dapat mengonsumsi buah jambu biji sebagai camilan Anda.

Meringankan nyeri haid

Nyeri haid pada wanita kerap kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Konsumsi ekstrak daun jambu biji ditemukan mampu meringankan rasa nyeri saat sedang menstruasi.Khasiat jambu biji merah dalam menanggulangi nyeri haid ditemukan pada studi ini. Hasilnya mendapati bahwa pemberian ekstrak daun jambu biji sebanyak enam miligram per hari mampu menurunkan rasa sakit akibat menstruasi melebihi obat antinyeri.

Mengatasi diare

Manfaat jambu biji yang paling populer adalah mengatasi diare. Namun, khasiat jambu biji merah dalam mengobati diare terletak pada bbagian daunnya.Ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi dari diare serta mengandung antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab diare.

Berpotensi mengobati kanker

Khasiat jambu biji yang cukup mencengangkan adalah berfungsi sebagai obat antikanker.Manfaat jambu biji merah ini ditemukan pada bagian daunnya yang dapat mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker pada penderita kanker usus besar.Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menelusuri khasiat jambu biji sebagai obat antikanker.

Baik untuk otak

Manfaat jambu biji selanjutnya ialah baik untuk kesehatan otak. Sebab, buah yang rasanya lezat ini mengandung vitamin B3 dan vitamin B6 yang bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Hal ini diyakini mampu merangsang fungsi kognitif dan membuat saraf menjadi rileks.

Meningkatkan kesehatan mulut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jambu adalah buah yang serba guna. Sebab, tidak hanya buahnya yang bermanfaat, tapi juga daunnya.Dipercaya, ekstrak daun jambu dipercaya dapat menghilangkan plak pada gigi. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat jambu ini.

Meredakan batuk

Sebuah studi yang dirilis dalam Journal of Ethnopharmacology menyatakan, daun jambu mengandung senyawa anti-batuk dan antimikroba. Jadi tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, tapi juga daunnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!