Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh halo sahabat kanal pedia islam kali ini kita
akan membahas kisah perjalanan nabi idris dan malaikat izrail.

NABI IDRIS DAN MALAIKAT IZRAIL

Malaikat Izrail pencabut nyawa sangat menyukai Nabi Idris AS ia bahkan sampai meminta kepada Allah. Untuk diizinkan turun ke dunia untuk menemui Idris setelah diizinkan Izrail menjumpai Idris setiap hari mereka beribadah bersama. Hingga suatu ketika Nabi Idris AS berkata kepada Malaikat Izrail. “Aku ingin kau mencabut nyawaku agar aku tahu rasanya mati. Setelah itu hidupkan aku kembali agar aku bisa semakin memperbanyak ibadah kepada Allah”. Izrail menjawab “bagaimana aku bisa mencabut nyawamu jika Allah tidak mengizinkanku”. Seketika itu turunlah perintah Allah agar Izrail mencabut nyawa Idris AS.

IDRIS MELIHAT SURGA DAN NERAKA

Beberapa saat kemudian setelah Idris alaihissalam dihidupkan kembali ia kembali meminta “bisakah kau mengajakku untuk melihat surga dan neraka?” Izrail menjawab “wahai nabiyullah permintaanmu lagi-lagi sungguh aneh” namun kembali turun perintah Allah kepada Malaikat Izrail yang mengizinkannya untuk membawa Nabi Idris AS melihat keadaan neraka yang penuh dengan siksaan yang amat pedih serta menengok surga yang penuh keindahan.

SURGA DAN NERAKA

Tiba di neraka pemandangan yang sangat menakutkan dijumpai oleh Nabi Idris AS di sana beliau melihat betapa dahsyatnya balasan Allah bagi orang-orang yang ingkar dan tidak mempedulikan perintahnya untuk beriman dan berbuat baik Nabi Izrail bertanya kepada Nabi Idris “mengapa kau ingin melihat keadaan neraka bahkan para malaikat pun takut untuk sekedar melihatnya” pertanyaan Nabi Idris menjawab dengan tenang pertanyaan sang malaikat maut “Saya takut dengan Azab Allah yang amat pedih itu tapi semoga Iman saya menjadi tambah tebal setelah melihatnya”.

Setelah itu dikisahkan bahwa Nabi Idris AS pingsan setelah melihat wujud malaikat penjaga neraka yang sangat menyeramkan. Sedang melakukan tugasnya menyiksa manusia yang tidak taat terhadap perintah Allah. Dan senantiasa berbuat keburukan, Malaikat izrail membawa Nabi Idris ke surga dalam keadaan yang lemas. Ketika sampai di Pintu Surga Nabi Idris dan Izrail disambut oleh Malaikat Ridwan Penjaga Gerbang Surga. Nabi Idris diajak berkeliling melihat keindahan surga yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Di surga nabi Idris dilayani oleh para bidadari yang cantik jelita serta diiringi oleh pelayan laki-laki yang berwujud pemuda tampan nan ramah.

NABI IDRIS MENINGGALKAN SENDALNYA DI SURGA

Hingga tiba waktunya nabi Idris keluar dari surga dan harus kembali ke dunia. Malaikat Izrail pun mengajaknya untuk kembali sebelum Idris AS ia sengaja meninggalkan sepasang sendalnya di bawah sebuah pohon. Kemudian ia berkata kepada Izrail “Aku meninggalkan sandalku di surga antarkan aku kembali ke surga” setelah malaikat Izrail mengantarkannya kembali ia masuk lagi ke dalam surga izrail berteriak memanggil Idris alaihissalam “Hai idris keluarlah” jawaban Nabi Idris AS sangat mengejutkan “Aku tidak mau keluar dari sini karena Allah telah berfirman semua yang bernyawa pasti akan merasakan kematian dan aku sudah merasakan dia telah berfirman, sesungguhnya akan mendatangi neraka jahanam dan aku telah mendatanginya dan dia telah berfirman, dan tidaklah mereka akan dikeluarkan dari surga, lalu siapa yang akan mengeluarkan ku dari surga?” lantas Allah SWT berfirman menurunkan wahyu untuk Malaikat Izrail biarkan dia karena aku telah memutuskan ia sejak Zaman Azali bahwa dia termasuk Penghuni Surga.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!