Channel E – Sesak napas merupakan salah satu gejala penyakit asam lambung. Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi sesak napas karena asam lambung sendiri di rumah sebagai pertolongan pertama sebelum menemui dokter.

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan gangguan pencernaan, di mana asam di lambung terus-menerus naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai gejala, mulai dari heartburn, sesak napas, nyeri dada, kesulitan menelan, hingga mulut terasa asam.

Sesak napas atau dyspnea akibat asam lambung terasa menakutkan karena dapat menyebabkan komplikasi pernapasan yang mengancam jiwa. Sesak napas terjadi karena asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat masuk ke paru-paru, dan menyebabkan jalan napas membengkak. Hal ini biasanya terjadi saat tidur.

gambar istimewa

1. Cara Mengatasi Sesak Napas karena Asam Lambung 

Untuk meringankan gejalanya, ada beberapa cara mengatasi sesak napas karena asam lambung yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Dengan begitu, Anda dapat merasa tenang sejenak sebelum menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut ini adalah beberapa caranya:

2. Bernapas dengan bibir 

gambar istimewa

Teknik ini dilakukan dengan menarik napas melalui hidung selama 2 hitungan, dan biarkan mulut tetap tertutup. Kemudian, kerucutkan bibir Anda seperti sedang bersiul, dan embuskan melalui mulut selama 4 hitungan.

Cara mengatasi sesak napas karena asam lambung yang satu ini bertujuan untuk memperlambat pernapasan agar tidak bekerja terlalu keras setiap kali menarik dan mengembuskan napas. Selain itu, bernapas dengan bibir ini juga dapat membantu melepaskan udara di paru-paru, sehingga udara segar bisa masuk.

3. Duduk dengan dada condong ke depan 

gambar istimewa

Duduk dengan sedikit mencondongkan dada ke depan dapat menjadi salah satu cara mengatasi sesak napas karena asam lambung. Anda dapat duduk di kursi, lalu posisikan kaki rata ke lantai. Condongkan dada ke depan, dan istirahatkan siku di lutut atau pegang dagu dengan tangan. Pastikan otot leher dan bahu tetap rileks. Posisi ini bertujuan untuk menciptakan lebih banyak ruang di rongga dada agar Anda bisa kembali bernapas dengan nyaman.

4. Tidur dalam posisi santai 

gambar istimewa

Ada dua posisi tidur yang bisa Anda coba sebagai cara mengatasi sesak napas karena asam lambung. Pertama, cobalah berbaring miring lalu letakkan bantal di antara kepala dan kaki. Jaga agar posisi punggung tetap lurus. Kedua, Anda dapat berbaring telentang, lalu letakkan bantal di bawah kepala dan di bawah lutut. Kedua posisi ini akan membuat tubuh dan jalan napas terasa rileks, sehingga Anda lebih mudah untuk bernapas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!