Channel EThe Guys mengikuti kisah Alfi (Raditya Dika), karyawan biasa yang bermimpi untuk memimpin perusahaannya sendiri suatu hari nanti. Alfi tinggal serumah dengan tiga sahabatnya, yaitu Rene (Marthino Lio), sosok paling tampan tapi juga narsis. Lalu ada Aryo (Indra Jegel), yang paling paham urusan cinta dan wanita, namun justru masih jomblo.

The Guys nyatanya tidak berisikan orang saling membunuh dengan tusukan cilok, melainkan menceritakan seorang Dika berperan sebagai Alfi yang sedang berjuang demi impian dan juga cinta. Segala macam rintangan dan ujian sudah menanti, untungnya Alfi punya sahabat-sahabat gila yang siap membantu.

1. Filmnya tidak lagi egois

gambar istimewa

Terlalu banyak yang ingin diceritakan hingga pada akhirnya salah satu bagian (dipaksa) dikorbankan. Demi porsi yang mengisahkan percintaan antara Alfi dan Amira, The Guys justru meminggirkan bagian yang menurut gue paling penting, yaitu persahabatan Alfi dengan Sukun, Rene, dan juga Aryo. Lebih dari separuh durasi The Guysdihabiskan untuk persoalan cinta yang bakal dihadapi Alfi, dari masalah sepele mencuri perhatian Amira hingga konflik besar yang nantinya berasal dari orang tua.

2. Alfi, Sukun, Rene, dan Aryo harus jadi “tumbal”

gambar istimewa

Padahal sejak awal terlihat sekali konsep The Guys adalah tentang persahabatan, mirip seperti yang diperlihatkan Hanung Bramantyo di Jomblo. Hubungan mereka memang unik dan mencuri rasa simpatik, tetapi kemudian plotnya terkesan berjalan di tempat, percikan daya tariknya pun meredup. Lucunya, pada penghujung cerita The Guys seperti orang yang mendadak sembuh dari amnesia, kembali ke bagian yang sebelumnya terlupakan. Persahabatan Alfi, Sukun, Rene, dan Aryo tiba-tiba mengambil alih durasi yang selama 90-an menit ini dikuasai untuk mengurusi problematika percintaan. Ketimbang part romansa yang dipaksakan untuk menjadi menu andalan tapi tersaji dengan presentasi dan rasa kurang matang.

Yah bisa dikatakan terlambat untuk The Guys apabila kembali fokus menyorot bagian persahabatan di sisa-sisa durasi. Upaya terburu-buru dan terkesan instan untuk memaksa penonton peduli dengan Alfi, Sukun, Rene, dan Aryo. Padahal The Guys punya 100 menit lebih untuk melakukan itu, tapi potensi untuk mengembangkan dan menggali karakter sahabat-sahabat Alfi justru dianaktirikan. Judul The Guys malah seperti tempelan belaka, karena pada akhirnya Raditya Dika lebih banyak bicara tentang Amira, Amira, dan Amira.

Nah, jadi itu review singkat tentang film yang berjudul The Guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!