Channel E – Laut luas yang indah dan seram di saat yang bersamaan menjadi ekosistem bagi banyak jenis kehidupan. Salah satunya ubur-ubur berbisa yang terbagi menjadi berbagai spesies dari ukuran yang kecil hingga besar. Dalam artikel ini, kita akan membahas ubur-ubur Irukandji (Carukia barnesi) yang populer karena racunnya menyebabkan simtom yang disebut ‘Sindrom Irukandji’. Penasaran? Yuk, simak tiga fakta mengenai ubur-ubur ini!

1. Ukuran tubuhnya sangat kecil 

gambar istimewa

Ubur-ubur dengan nama ilmiah Carukia barnesi ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Menurut Australian Museum, diameter tubuhnya yang seperti payung (disebut bell) berukuran 1-2 sentimeter. Panjang tentakel ubur-ubur Irukandji ini dapat mencapai 1 meter. Keseluruhan tubuh ubur-ubur Irukandji tembus pandang dan mempunyai kapsul penyengat atau disebut juga nematosis.

Kombinasi antara tubuh yang transparan, ukuran yang kecil, dan racun berbahaya ini tentunya dapat membuat orang untuk berpikir dua kali sebelum berenang di laut. Sebab, saat berenang, menyelam, dan snorkeling, orang-orang akan kesulitan dalam melihat dan mengenali ubur-ubur Irukandji. Tidak heran Barrier Reef Australia menjuluki ubur-ubur tersebut sebagai ‘bahaya yang tak terlihat’.

2. Ditemukan di berbagai daerah seperti Australia dan Indonesia 

gambar istimewa

Mengutip Barrier Reef Australia, ubur-ubur Irukandji tidak hanya ditemukan di Australia saja, tetapi juga Indonesia (tepatnya di Bali), Thailand, Filipina, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Makhluk laut ini juga pernah ditemukan di Karibia, Hawaii, Afrika Selatan, dan Britania Raya.

Mereka lebih menyukai cuaca yang hangat dan biasanya ditemukan di perairan pantai juga area terumbu karang. Penemuan ubur-ubur ini di pantai kerap terjadi karena mereka terbawa arus laut yang mendorong mereka ke dekat pantai.

3. Seorang ahli racun membiarkan dirinya disengat ubur-ubur Irukandji 

gambar istimewa

Sekitar tahun 1960-an, Jack Barnes, praktisi medis sekaligus ahli toksin menginvestigasi ubur-ubur kotak kecil yang sering dikaitkan dengan simtom bernama ‘Sindrom Irukandji’. Berdasarkan informasi laman Australian Dictionary of Biographyternyata Jack Barnes menangkap ubur-ubur tersebut dan secara sengaja membiarkan ubur-ubur menyengat dirinya, anaknya, dan seorang penjaga pantai.

Hal ini dilakukan Jack Barnes untuk mencari tahu apa yang menyebabkan ‘Sindrom Irukandji’. Ketiganya menderita sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit. Kabar baiknya, mereka berhasil bertahan hidup.

Ubur-ubur kotak kecil yang baru ini akhirnya dinamakan Carukia barnesi. Seperti yang dapat kamu lihat, nama barnesi diambil dari kata ‘Barnes’. Makhluk laut ini lebih sering disebut ‘Ubur-ubur Irukandji’ meskipun Irukandji terbagi menjadi banyak spesies yang juga mencakup Carukia barnesi.

Itulah lima fakta mengenai ubur-ubur Irukandji. Meskipun masih kalah dalam kategori ‘makhluk laut paling mematikan’ dibandingkan ubur-ubur kotak Australia (Chironex fleckeri), rasa sakit dan bahkan potensi kematian yang ditimbulkan racun ubur-ubur Irukandji tidak dapat diremehkan. Bagaimana pendapat kamu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!