Beberapa Manfaat Daun Cocor Bebek Untuk Kesehatan Tubuh

0
787
COCOR

Channel E– Seiring merebaknya tren memelihara tanaman sejak awal pendemi ini, salah satu tanaman yang ikut naik popularitasnya adalah cocor bebek. Tanaman ini cocok untuk ditanam di dalam pot hias sebagai pemanis ruangan.

Cocor bebek adalah tanaman hias dengan banyak manfaat. Memiliki nama ilmiah Kalanchoe pinnata atau Bryophyllum pinnatum, tanaman hias ini mudah tumbuh di parit, kebun, bahkan tumbuh subur di tanah berbatu. Daunnya tebal berdaging dan mengandung banyak air, sedangkan batangnya lunak dan memiliki ruas. Cocor bebek memiliki bunga majemuk berwarna merah muda.

Tanaman cocor bebek ternyata mengandung vitamin C, asam lemon, asam apel, glucoside, tannin, dan bryophyllin A (senyawa yang bersifat antitumor).Berikut ini khasiat daun cocor bebek bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

gambar istimewa

Mengobati diabetes

cocor bebek mengandung zat yang bersifat antidiabetes. Zat ini berupa ekstrak hidroalkoholik Adanya kandungan zat tersebut membuat tanaman ini dipercaya dapat mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh pada pasien diabetes.Meski demikian, Anda yang tak memiliki diabetes pun bisa menjaga kadar gula tetap stabil dengan daun tanaman ini.

Menurunkan kolesterol

Manfaat selanjutnya dari tumbuhan yang kerap dijuluki sebagai ‘miracle plant’ alias ‘tanaman ajaib’ ini adalah menurunkan kadar kolesterol.Masih dari penelitian yang sama, mengonsumsi ekstrak hidroalkoholik daun cocor bebek sebanyak 500 mg/kg berat badan terbukti dapat menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol ‘jahat’ dan trigliserida darah.Pada saat yang sama, ekstrak daun cocor bebek akan meningkatkan kadar high-density lipoprotein alias kolesterol ‘baik’.

Mengatasi infeksi jamur

Khasiat daun cocor bebek lainnya adalah mengatasi infeksi jamur. Mengatasi infeksi yang disebabkan oleh jamur, seperti pada kasus kandidiasis juga menjadi salah satu khasiat dari tanaman cocor bebek.ekstrak etanol pada daun tersebut efektif mengatasi kandidiasis di vagina yang disebabkan oleh spesies jamur, seperti:

  • Candida albicans
  • Candida glabrata
  • Candida tropicalis

Mencegah dan mengatasi peradangan

Peradangan (inflamasi) adalah satu dari sekian banyak masalah kesehatan umum. Ada bermacam-macam cara untuk mengatasi radang secara alami, salah satunya dengan mengonsumsi ekstrak tanaman cocor bebek.Manfaat cocor bebek untuk mencegah ataupun mengatasi peradangan ini telah diujicobakan dalam suatu penelitian yang melibatkan tikus sebagai objek, dan terbukti efektif.Sementara itu,mengungkapkan bahwa kandungan ethyl acetate pada tanaman ini terbukti mampu menghambat perkembangan radang sendi (arthritis) pada tikus yang menderita lupus.Sayangnya, belum dapat dipastikan apakah efek yang sama juga berlaku untuk manusia. Penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk menguji efek tersebut pada manusia.

Mengatasi infeksi bakteri

Daun cocor bebek juga berkhasiat untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri.Pasalnya, tanaman ini mengandung asam fumarat (fumaric acid).senyawa tersebut bersifat antibakteri. Untuk mendapatkan khasiatnya yang satu ini, Anda bisa merebus daun cocor bebek, kemudian minum air rebusan tersebut. Meski begitu, sebelum menggunakan cocor bebek untuk mengatasi infeksi bakteri pada tubuh, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Mengobati luka

Manfaat daun cocor bebek lainnya adalah mengobati luka.ekstrak tanaman tersebut terbukti efektif menyembuhkan luka yang disebabkan oleh sayatan maupun insiden lainnya.Ini tak lain karena pada daun tersebut, terkandung senyawa berupa:

  • Flavonoid
  • Tanin
  • Saponin

Mencegah kanker

Tanaman cocor bebek juga diperkaya oleh zat yang bersifat antioksidan.Adanya kandungan zat antioksidan tersebut menjadikan daun ini memiliki potensi dalam mencegah penyakit kanker.asupan zat antioksidan yang mencukupi dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya, termasuk kanker.Akan tetapi, perlu ada penelitian lebih lanjut untuk menguji tingkat keampuhan zat antioksidan dalam cocor bebek untuk mencegah kanker akibat radikal bebas.

Menurunkan tekanan darah

Khasiat cocor bebek yang tak kalah penting adalah menurunkan tekanan darah. Ini karena pada tanaman tersebut terkandung flavonoid.flavonoid terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), sindrom metabolik, dan diabetes mellitus.

Mencegah infeksi virus

Di dalam daun cocor bebek terkandung senyawa kimia bernama Bufadienolida (Bufadienolides). Menurut penelitian, senyawa kimia tersebut terbukti dapat menghambat aktivitas Epstein-Barr virus (EBV).EBV sendiri merupakan jenis virus herpes yang menjadi penyebab utama dari penyakit demam kelenjar atau mononukleosis. Akan tetapi, virus ini juga bisa memicu penyakit yang lebih berbahaya, yakni kanker.EBV dapat menyebabkan sejumlah jenis kanker, yaitu:

  • Limfoma Burkitt
  • Limfoma Hodgkin & non-Hodgkin
  • Kanker lambung

Mencegah reaksi alergi

Dalam suatu penelitian yang melibatkan tikus sebagai objek, ditemukan bahwa ekstrak daun cocor bebek beserta flavonoid yang terkandung di dalamnya efektif mencegah terjadinya reaksi alergi berupa syok anafilaksis.Syok anafilaksis adalah kondisi ketika reaksi alergi parah yang sudah memengaruhi berbagai sistem organ tubuh. Tidak seperti reaksi alergi lainnya seperti kulit gatal atau bersin-bersin, syok anafilaksis bisa mengancam nyawa.

Mengatasi masalah kulit

Manfaat lainnya dari ekstrak daun cocor bebek adalah mengatasi sejumlah masalah kulit. Lagi-lagi, hal ini dikarenakan adanya kandungan asam fumarat.asam fumarat kerap digunakan untuk mengobati permasalahan kulit, seperti:

Menjaga kesehatan tulang dan sistem saraf

Daun cocor bebek mengandung kalsium. Kendati belum diketahui efektivitas kandungan kalsium di dalam tanaman tersebut, ada potensi manfaat yang bisa didapat, yakni yang berkaitan dengan manfaat kalsium.Kalsium adalah mineral yang memiliki sejumlah manfaat. Membantu pertumbuhan sekaligus menjaga kesehatan dan kekuatan tulang menjadi manfaat utama dari kalsium.Selain itu, kalsium juga berfungsi untuk merawat kesehatan sistem saraf, jantung, dan otot-otot tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!