Manfaat Daun Cocor Bebek Untuk Kecantikan

0
726
MANFAAT DAUN COCOR

Channel E– Cocor bebek merupakan salah satu jenis tanaman liar yang biasa tumbuh di parit, kebun, bahkan bisa subur di tanah berbatu. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Kalanchoe pinnata ini memiliki daun tebal berdaging dan mengandung banyak air. Bentuknya yang indah dan unik menjadikan tanaman ini kerap dijadikan hiasan di dalam rumah.

Tak hanya bisa jadikan tanaman hias, cocor bebek juga mengandung segudang manfaat untuk kesehatan. Seperti dikutip dari Health Benefit Times, daun cocor bebek memiliki kandungan vitamin C, tannin, glucoside, dan senyawa yang bersifat antitumor.

Tanaman cocor bebek (Bryophyllum pinnatum) dikenal sebagai tanaman hias dengan warna bunga bervariasi, merah, merah muda, kuning, cokelat, jingga, ungu dan lainnya. Sama seperti namanya, tanaman cocor bebek ini memiliki struktur daun mirip paruh bebek.

Bentuk daunnya oval serta berukuran cukup lebar. Biasanya pada bagian tepinya bergerigi halus.Tanaman berkembang biak melalui tunas daun. Tanaman cocor bebek dianggap sebagai tanaman invasif karena persebarannya sangat cepat dan mudah.

Di balik bentuk dan bunganya yang cantik sebagai tanaman hias, rupanya daun cocor bebek ini memiliki manfaat kesehatan loh. Cocor bebek dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengurangi berbagai masalah kesehatan, salah satunya meringankan sakit gigi.

Beberapa kandungan penting pada daun cocor bebek tersebut berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Berikut ini manfaat daun cocor bebek untuk kesehatan yang dilansir dari Helath Benefit Times:

gambar istimewa

Mengatasi jerawat.

Kandungan antiinflamasi dan antibakteri mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara menggunakannya, haluskan beberapa lembar daun cocor bebek, lalu campur dengan sedikit air.

Usapkan pasta daun cocor bebek tersebut pada wajah. Diamkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Pemakaian secara teratur tak hanya dapat menyembuhkan jerawat, namun juga bisa menghilangkan bekas jerawat.

Menghilangkan Bekasnya jerawat

Manfaat cocor bebek yang pertama adalah sebagai obat jerawat. Jerawat memang salah satu gangguan pada kulit yang seringkali sulit untuk dibasmi.

Setelah timbul dan mengganggu penampilan, jerawat pun rentan menimbulkan bekas yang sulit pula untuk dihilangkan. Namun, kandungan antioksidan di dalam daun cocor bebek disebut ampuh untuk menghilangkan jerawat serta bekasnya.

Caranya, cukup tumbuk halus daun cocor bebek dan aplikasikan pada wajah sebagai masker. Lakukan langkah-langkah tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengobati bisul.

Selain mengatasi masalah jerawat, daun cocor bebek dapat digunakan untuk meringankan bisul. Siapkan 7-8 helai daun cocor bebek. Haluskan daun tersebut dan campur dengan madu serta air hangat.

Kemudian minum sebagian ramuan tersebut untuk menjadi antiseptik yang bekerja dari dalam tubuh. Sisa ramuan tersebut, tempelkan pada bisul. Dengan penggunaan ini, bisul akan pecah dan mengering dengan sendirinya.

Cara Mengolah Daun Cocor Bebek

Cocor bebek bisa digunakan sebagai ramuan obat dalam (dimakan/diminum) dan juga obat luar dengan cara mengoleskannya. Daun cocor bebek ini bisa dimakan langsung atau direbus dulu dan dijadikan lalapan. Bisa dibilang hampir tidak ada efek samping dari mengonsumsi cocor bebek.

Beberapa pemanfaatanya pun memang disarankan untuk dihaluskan dan dicampur dengan air. Dari pengolahan tersebut, kamu pun bisa meminum air campurannya dan menggunakannya untuk obat dalam, seperti diaplikasikan di atas gigi.

Selain itu, ramuan tersebut juga aman untuk kulit dan bisa dioleskan ke tubuh kamu. Salah satu penggunaannya pun bisa dilakukan di wajah dan bagian luka. Tenang, semuanya aman karena kandungan yang ada di dalamnya sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh kamu.z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!