Manfaat Alang-Alang Untuk Kesehatan Tubuh

0
587
MANFAAT ALANG

Channel E– Alang-alang (Imperata Cylindrica) atau ilalang merupakan tumbuhan sejenis gulma yang biasa tumbuh liar di ladang, lapangan berumput, tepi jalan, atau persawahan. Tumbuhan ini dapat tumbuh subur di tempat kering yang mendapat banyak sinar matahari.

Meski dianggap tumbuhan liar, alang-alang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Mengutip Buku Saku Tanaman Obat yang dikeluarkan Kementerian Pertanian, alang-alang bisa menjadi obat alternatif untuk membantu penyembuhan infeksi saluran kemih, kencing sedikit atau anyang-anyangan, mimisan, kencing darah, dan muntah darah.

Alang-alang banyak digunakan sebagai obat tradisional di Indonesia, Malaysia, China, India, dan negara Asia Tenggara lainnya. Belum ada efek buruk yang dilaporkan untuk penggunaan alang-alang. Bagian dari alang-alang yang biasanya dikonsumsi adalah batangnya yang masih muda dan rimpangnya.Cara mengonsumsi alang-alang adalah dengan merebus rimpang alang-alang selama 30 menit.

Anda bisa meminum air rebusannya setengah gelas tiga kali sehari. Rimpang alang-alang mengandung manitol, glukosa, sakarosa, asam malik, asam sitrat, tanin, polifenol, flavonoid, dan berbagai zat lainnya. Karena kandungan inilah, rimpang alang-alang dikenal memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Alang-alang juga sering digunakan sebagai bahan alami dalam minuman penyegar untuk meredakan panas dalam.

gambar istimewa

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat alang-alang yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Bagian yang dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung adalah akarnya. Tumbuhan ini mengandung imperanene dan graminone B. Kedua kandungan ini berfungsi efektif untuk menghambat pembekuan sel darah dan mencegah penyempitan pembuluh aorta di jantung.

Konsumsi air rebusan akar alang-alang yang telah dikeringkan, tumbuk dan saring untuk menjaga kesehatan jantung.

Mengatasi susah buang air kecil.

Masalah kesehatan lain yang dapat diatasi oleh tumbuhan alang-alang adalah susah buang air kecil. Kondisi ini tentu membuat seseorang merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, rebus beberapa helai akar alang-alang yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Kemudian, seduh dengan air rebusannya dan saring. Minum secara rutin sehari dua kali agar hasil yang didapat maksimal.

Mengobati keputihan.

Manfaat berikutnya yaitu dapat mengobati keputihan. Kondisi ini banyak dialami oleh kaum wanita. Salah satu faktor penyebab keputihan biasanya karena kelelahan. Jika dibiarkan secara terus menerus, penyakit ini dapat membahayakan kesehatan. Tak perlu khawatir, gangguan ini bisa diatasi dengan alang-alang.

Caranya, cukup dengan merebus akar alang-alang, daun pepaya, dan pulasari. Kemudian, minum air rebusannya 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

Meredakan mimisan.

Secara medis, mimisan dikenal sebagai epistaksis atau pendarahan hidung. Kondisi ini ditandai dengan keluarnya darah dari lubang hidung. Banyak yang belum tahu, alang-alang juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan mimisan.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengambil akar alang-alang segar kemudian cuci bersih. Lalu, tumbuk hingga halus, tambahkan sedikit air, dan peras sarinya. Air perasan tersebut dapat diminum untuk menghentikan pendarahan pada hidung.

Meredakan panas dalam.

Salah satu bagian alang-alang yang dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan panas dalam adalah akarnya. Hal itu disebabkan oleh kandungan yang bersifat antipiretik pada alang-alang.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup dengan mengambil beberapa akar alang-alang. Lalu cuci hingga bersih dan jemur di bawah sinar matahari atau panggang di dalam oven agar cepat mengering. Kemudian, tumbuk hingga halus seperti bubuk. Bubuk tersebut dapat dikonsumsi dengan dicampur bersama teh atau air hangat. Cara ini diyakini dapat mengobati panas dalam, sakit tenggorokan, dan demam.

Mengatasi hipertensi.

Selanjutnya, alang-alang dipercaya dapat mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Salah satu penyebab hipertensi yaitu adanya endapan lemak dan kolesterol yang menghambat aliran darah. Namun hal itu dapat diatasi dengan mengonsumsi sari alang-alang secara teratur.

Cukup dengan menyiapkan 200 gram akar alang-alang dan tangkue (manisan dibuat dari labu putih). Kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga airnya menyusut. Jangan lupa saring dan dinginkan. Minum secara teratur 2 kali sehari pada pagi hari dan malam hari.

Mengobati asma.

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa alang-alang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit asma. Gangguan sesak napas ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat menyebabkan serangan yang mengancam jiwa.

Untuk mengobatinya, gunakan ramuan tradisional yang berasal dari racikan alang-alang dan tumbuhan lainnya. Siapkan 100 gr akar alang-alang, 50 gr sirih, dan 50 gr kencur. Tuang 200 ml air, rebus hingga mendidih. Kemudian, saring ramuan dan minum secara rutin agar asma dapat berhenti. Agar tidak sering kambuh, terapkan pola hidup sehat dan hindari kegiatan yang memicu asma.

Mencegah penyakit prostat.

Penyakit prostat biasanya banyak dialami oleh kaum laki-laki yang telah berusia di atas 60 tahun. Untuk menghindari penyakit ini lakukan langkah pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat. Secara alami, alang-alang pun dapat digunakan untuk mencegah gangguan prostat.

Caranya, ambil 500 gr akar alang-alang. Kemudian rebus dengan 6 gelas air sampai airnya menyusut hingga setengahnya. Dinginkan air lalu minum secara rutin 3 kali sehari.

Mengobati diare.

Manfaat alang-alang selanjutnya adalah dipercaya mampu mengobati diare. Mengonsumsi air rebusan akar alang-lang secara rutin, dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare. Agar tidak berlebihan, konsumsi air rebusan alang-alang sehari sekali setelah buang air besar.

Mengobati kencing manis.

Penyakit kencing manis disebabkan oleh lemak, hati, dan sel-sel otot di tubuh tidak merespons insulin dengan baik. Air rebusan akar alang-alang dapat dijadikan obat alami bagi penderita kencing manis.

Cara pemanfaatannya cukup mudah, siapkan 100 gr akar alang-alang yang masih segar dan cuci bersih. Potong akarnya kecil-kecil lalu rebus. Setelah mendidih, saring dan tuang ke dalam gelas. Konsumsi air rebusan saat masih hangat. Jika dikonsumsi secara rutin dua kali sehari, minuman herbal akar alang-alang ini dapat mengobati kencing manis.

Mempercepat pertumbuhan rambut.

Manfaat berikutnya yaitu dapat mengatasi masalah rambut, salah satunya mempercepat pertumbuhan rambut. Alang-alang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal alami penumbuh rambut berkat kandungan silika dan antioksidan di dalamnya. Antioksidan berperan penting untuk mengurangi peradangan kecil serta kerusakan rambut akibat paparan radikal bebas. Sementara itu, silikon dapat mencegah kerontokan pada rambut.

Menyehatkan kuku.

Terakhir, alang-alang berkhasiat untuk menyehatkan kuku. Kandungan silika di dalamnya sering dijadikan bahan campuran pada cat kuku alias kuteks. Silika tersebut diyakini dapat mencegah kerusakan kuku, termasuk pada penderita psoriasis yang rentan mengalami kulit kering dan kuku pecah-pecah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!