Manfaat Bunga kecombrang Untuk Kesehatan

0
407
BUNGA KECOMBRANG

Channel Ebunga kecombrang memiliki rasa yang unik, yakni memadukan rasa asam khas lemon dan pedas hangat seperti jahe. Perpaduan kedua rasa tersebut memberikan cita rasa tersendiri saat menyantap makanan, khususnya pada kuliner yang dilengkapi dengan sambal, tumisan, ataupun yang berkuah.

Namun, fungsi dari bunga kecombrang tidak semata-mata untuk menjadikan masakan lebih lezat, lho! Banyak orang percaya bahwa bunga kecombrang dapat memberikan efek positif bagi kesehatan. Bahkan, karena khasiat yang dimilikinya, tanaman ini termasuk sebagai makanan yang menyehatkan.

Manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan tentu berasal dari kandungan gizi yang terkandung di dalamnya. Beberapa nutrisi yang dimiliki meliputi air, karbohidrat, fosfor, kalsium, kalium, lemak, seng, protein, hingga zat besi.

gambar istimewa

Mengandung kalium tinggi

Bunga kecombrang mengandung kalium mencapai 541 mg. Nilai ini merupakan angka yang besar, cukup untuk memenuhi kebutuhan kalium Anda.
Kalium memiliki banyak fungsi yang terkait dengan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Tanpa kalium yang cukup, tubuh Anda secara alami mengalami kegagalan dalam penyerapan nutrisi, sehingga tubuh tidak berkembang dan menjadi kurang gizi.

Menetralisir asam

Tanaman ini akan bermanfaat bagi Anda yang memiliki gangguan perut atau lambung. Konsumsilah bunga kecombrang ini dengan memasukkannya ke masakan Anda. Selain membuat masakan menjadi lebih harum, kecombrang juga memiliki peran yang sangat kuat untuk menyembuhkan gangguan lambung.

Memiliki kandungan zat besi

Zat besi di kecombrang mencapai 4 mg. Angka ini cukup kuat untuk meningkatkan jumlah zat besi dalam darah Anda. Setelah mengonsumsinya, diharapkan Anda akan bebas dari anemia, hipotensi, dan gangguan kekurangan zat besi lainnya. Tubuh Anda pun akan merasa bugar.

Penambah nafsu makan

Jika kita mengalami penurunan nafsu makan yang drastis, segera temukan obatnya. Sebab, apabila nafsu makan dibiarkan melemah, bisa memicu berbagai penyakit, terutama Anoreksia.
Anda pasti telah melihat bagaimana Anoreksia yang mengerikan ini dapat mengancam jiwa. Jadi, untuk mencegahnya, kita bisa minum obat herbal alami dari sayuran ini agar nafsu makan Anda membaik.

Sumber serat makanan

Jika Anda memiliki gangguan pencernaan seperti sembelit, sebaiknya segera obati usus Anda dengan tanaman yang satu ini. Sebab, bunga kecombrang mengandung banyak serat yang andal dalam membersihkan usus Anda dari residu dan bakteri yang menyebabkan sembelit.

Memiliki kandungan kalsium

Selain potasium, ternyata Kecombrang juga mengandung kalsium sebanyak 3 persen atau sekitar 32 mg / 100 gram. Kalsium adalah zat yang baik sebagai tulang penyusun mineral utama. Dengan mengosumsi kaya kalsium, maka tulang Anda terlindungi dari osteoporosis dan gangguan lainnya.

Menghilangkan bau amis

Banyak orang tidak suka aroma atau bau amis pada ikan atau daging, karena dapat membuat mual dan pusing. Kecombrang sendiri dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis. Caranya mudah, yakni cukup rebus ikan atau daging dengan kelopak ini. Tidak diragukan lagi, aroma tidak sedap atau amis tersebut akan hilang.

Mengandung air

Air dalam sayuran berfungsi dengan baik untuk tubuh karena bisa menghindari tubuh dari gangguan kulit dan ginjal. Air di Kecombrang juga sangat banyak. Ditandai dengan kerutan atau susut bunga ini jika direbus hingga 50 persen.

Rendah lemak

Lemak dalam kecombrang hanya ditemukan 1 mg hanya untuk 1 ons. Angka ini tentu saja jumlah yang sangat kecil. Jadi, bisa dipastikan bahwa mengonsumsi tanaman ini tidak akan membuat Anda mengalami obesitas. Sayuran ini pun sangat cocok untuk menu diet Anda.

Tingkat fosfor tinggi

Gigi Anda sering bermasalah seperti rapuh dan mudah pecah untuk selanjutnya menjadi berlubang? Pada kondisi itu, Anda mungkin kekurangan fosfor.

Maka, Anda membutuhkan asupan makanan fosfor yang tinggi, dan bisa ditangani dengan mengonsumsi kecombrang. Sertakanlah kecombrang ke dalam berbagai hidangan favorit Anda. Hidangan yang paling disukai orang adalah sambal kecombrang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!