Manfaat Licorice Untuk Kecantikan

0
427
MANFAAT LICORICE

Channel E– Berkembangnya industri kecantikan membuat banyak produk perawatan sudah memakai bahan alami sebagai komposisi utamanya.Memakai bahan alami sebagai komposisi utama di setiap produk kecantikan adalah kabar gembira bagi konsumen.Produk-produk yang mengandung bahan alami diketahui memang lebih aman di kulit dan tubuh, sekaligus cenderung menimbulkan efek samping.Licorice atau yang lebih dikenal sebagai akar manis ini merupakan jenis akar dari tanaman bernama Glycyrrhiza glabra yang berasal dari benua Eropa.

Diketahui bahwa licorice memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kulit. Mempunyai banyak kandungan vitamin seperti B1, B3,B5, dan vitamin E yang kaya anti-oksidan. Selain itu, bahan alami ini juga memiliki kandungan mineral yang penting untuk tubuh.Kandungan mineral tersebut adalah fosfor, kalsium, zar besi, kolin, magnesium, kalium, dan seng.

gambar istimewa

Manfaat untuk kulit

Tentu licorice mempunyai manfaat penting untuk kulit. Bahan alami ini bisa membantu masalah hiperpigmentasi serta mencerahkan kulit.

Hal tersebut karena kandungan glabridin yang bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim tirosinase di dalam sel yang membentuk melanin.

Kemudian juga bermanfaat sebagai pelindung alami kulit dari efek samping sinar UV. Selain itu, licorice juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat hingga kemerahan pada kulit.

Mencerahkan Kulit

Tanaman licorice atau akar manis diyakini dapat membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi terjadi saat kadar melanin meningkat dan memberikan warna atau bercak lebih gelap di kulit.

Licorice dapat mengembalikan warna kulit yang gelap menjadi lebih cerah. Sebab, ekstrak licorice dipercaya dapat melawan radikal bebas dengan menghambat dan mencegah produksi melanin berlebih.

Melindung Kulit dari Sinar Matahari

Bintik gelap di kulit merupakan tanda penuaan yang muncul akibat paparan sinar ultraviolet  (UV) matahari.

Licorice mampu menjaga rona atau warna kulit tetap cerah. Hal itu disebabkan oleh zat glabridin di dalam ekstrak licorice yang mampu menghentikan efek penggelapan kulit akibat paparan sinar matahari.

Mengoleskan krim licorice juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus. Licorice pun mengandung enzim penghambat yang membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Membantu Mengatasi Bekas Luka

Cedera atau trauma dapat menyebabkan bekas luka di kulit. Luka bekas trauma dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Untuk membantu memudarkan bekas luka, Anda bisa menggunakan krim yang mengandung licorice.

Licorice membantu mempercepat proses penyembuhan dengan menghalangi produksi melanin dan meratakan warna gelap bekas luka di kulit.

Membantu Mengatasi Masalah Kulit

Psoriasis dan eksim adalah kondisi yang menyebabkan kulit jadi gatal. Untuk membantu meredakan masalah kulit tersebut, Anda bisa menggunakan krim atau obat topikal yang mengandung licorice.

Kandungan zat antiinflamasi di dalam licorice dapat mengurangi gatal-gatal dan rasa terbakar di kulit.

Kandungan glycyrrhizin dari tanaman akar manis juga memiliki kemampuan seperti obat hidrokortison yang membantu mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan meredakan rasa sakit.

Dilansir dari Michigan Medicine, menggunakan krim topikal atau minum teh licorice sebanyak dua kali sehari dapat mencegah gejala eksim muncul.

Membantu Menyembuhkan Luka dan Infeksi

Licorice memiliki sifat antimikroba dan antijamur alami yang baik untuk kondisi luka di kulit. Tanaman licorice dapat bekerja mengurangi jumlah bakteri dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!