Home Asal-Usul Inilah Sejarah dan Juga Asal-usul Rasi Bintang Beserta Fungsinya

Inilah Sejarah dan Juga Asal-usul Rasi Bintang Beserta Fungsinya

0
Inilah Sejarah dan Juga Asal-usul Rasi Bintang Beserta Fungsinya
<center>gambar istimewa</center>

Rasi bintang adalah kumpulan bintang-bintang yang terlihat seperti membentuk suatu lambang tertentu. Seperti biasa di akhir tayangan kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan. Salah satunya adalah tentang sejarah atau asal-usul rasi bintang.

Apakah teman-teman sudah mengetahuinya? kalau belum, simak penjelasannya, yuk!

Asal-usul Rasi Bintang Menurut Mitologi Yunani

gambar istimewa

Beberapa studi sejarah menuliskan kalau kemungkinan asal-usul rasi bintang Yunani dipengaruhi langsung dari berbagai peradaban kuno lain. Beberapa peradaban kuno yang dianggap memengaruhi rasi bintang menurut mitologi Yunani adalah peradaban Babel dan Sumeria Kuno. Alasannya yang dianggap masuk akal adalah karena peradaban Yunani Kuno, Babel, dan Sumeria Kuno hidup di garis lintang yang sama. Hasilnya, ketiga peradaban ini akan berbagi langit malam yang sama. Rasi bintang yang terlihat di langit dan membentuk wujud atau gambar tertentu kemudian disamakan dengan berbagai tokoh dalam mitologi Yunani.

Peran Penting Rasi Bintang Bagi Masyarakat Yunani Kuno

gambar istimewa

Saat ini, ketika akan pergi ke suatu tempat, kita dimudahkan dengan adanya GPS yang menjadi penunjuk jalan. Namun apa yang digunakan oleh orang zaman dulu sebelum ada GPS maupun peta, ya? Nah, di sinilah rasi bintang berperan penting untuk orang-orang, salah satunya bagi masyarakat Yunani. Rasi bintang menjadi penunjuk jalan sebelum ditemukannya peta dan penunjuk jalan atau arah lainnya. Manusia zaman dulu menyadari bahwa bintang bergerak secara teratur dan bisa diprediksi. Gerakan bintang inilah yang kemudian memunculkan berbagai tujuan dan peran penting, seperti keagamaan, mitologi, pertanian, dan navigasi. Misalnya dalam pertanian, petani bisa merencanakan pembentukan pertanian atau kapan harus memulai menanam berbagai tanaman. Selain itu, nelayan dan orang-orang yang melakukan perjalanan bisa menggunakan posisi bintang dan rasi bintang untuk menemukan jalan di laut, gurun pasir, atau di perjalanannya.

Puluhan Rasi Bintang Menurut Mitologi Yunani

gambar istimewa

Tidak ada yang mengetahui secara pasti, nih, kapan, di mana, dan oleh siapa rasi bintang ditemukan dan dibentuk. Namun diperkirakan sekitar abad ke-5, seorang astronom Yunani bernama Ptolemeus mendaftarkan 48 rasi bintang Yunani yang dikenal sampai saat ini.

Sedangkan rasi bintang di langit paling selatan ditambahkan sekitar abad ke-15 hingga 18 saat penjelajah Eropa mulai melakukan penjelajahan ke belahan Bumi selatan. Nah, 48 rasi bintang menurut mitologi Yunani ini membentuk dasar bagi sistem rasi bintang modern yang digunakan saat ini. Dari 48 rasi bintang menurut mitologi Yunani, 12 di antaranya adalah rasi bintang yang membentuk zodiak yang saat ini kita kenal. Rasi bintang yang mewakili setiap zodiak ini digambarkan dengan berbagai tokoh yang berbeda.

Ada yang digambarkan dengan hewan mitologi, maupun dilambangkan dengan dewa dewi Yunani. Sedangkan rasi bintang lainnya adalah berbagai mitologi Yunani kuno, seperti dewa dan dewi maupun makhluk mitologi yang ada dalam kisah atau cerita yang dipercayai oleh masyarakat Yunani Kuno.

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here