Channel E – Lumba-lumba mungkin bukan hewan yang asing bagi kita semua. kamu mungkin pernah melihat hewan ini di Sirkus, di SeaWorld, atau bahkan melihat secara langsung mereka di laut lepas yang merupakan habitat asli mereka.

gambar istimewa

1. Saling Mengetahui Nama 

Lumba-lumba yang satu dengan yang lain saling mengetahui nama. Sebab berdasarkan sebuah studi, mereka memiliki bahasa sendiri untuk berkomunikasi. Adapun, cara berkomunikasi lumba-lumba layaknya sebuah telepon. Ia bisa mengetahui siapa yang tengah berbicara dengannya.

2. Tidak Suka Sendirian, Lumba-Lumba Bisa Hidup Bersama 1.000 Lumba-Lumba Lainnya

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan pernah bisa hidup sendirian. Nah sama seperti manusia, rupanya lumba-lumba juga tidak pernah bisa hidup sendirian. Untuk bisa hidup, mereka tergabung dalam sebuah kelompok yang disebut Pods. Dalam sebuah Pods terdiri dari puluhan lumba-lumba. Mereka berenang bersama, mencari makan bersama, bahkan saling mengingatkan akan keberadaan musuh yang ada disekitarnya. Tidak berhenti sampai disitu, para hewan ini juga bisa bergabung dalam sebuah kelompok Superpods yang terdiri dari 1.000.

3. Lumba-Lumba Tidak Bisa Bernafas Didalam Air

Meski menghabiskan banyak waktunya di lautan, nyatanya hewan mamalia satu ini sama seperti mamalia lainnya. Berbeda dengan ikan, hewan ini tidak memiliki insang dan itulah alasannya kenapa mereka sesekali muncul ke permukaan laut. Mereka memiliki sebuah lubang sembur dibagian atas tubuhnya. Tujuannya? Agar mereka bisa menghirup udara untuk bisa bernafas di dalam air sekaligus mencegah agar paru-paru mereka tidak kemasukan air dan membuat mereka tenggelam.

4. Meski Punya 100 Gigi, Lumba-Lumba Tidak Pernah Mengunyah Makanannya

Sama seperti semua hewan dan manusia, hewan ini juga mempunya gigi. Namun meski setiap hewan mamalia yang satu ini punya 100 gigi, mereka tidak pernah menggunakan giginya untuk mengunyah. Fungsi gigi nya adalah untuk menangkap mangsanya dan ketika sudah mendapatkan mangsa tersebut, akan langsung menelannya. Mereka tidak perlu mengunyah, karena lambung mereka-lah yang akan melakukannya, hewan ini punya beberapa lambung, satu lambung untuk mencerna dan lambung lainnya untuk menyimpan makanan sebelum dicerna.

5. Lumba-lumba ternyata juga suka “tidur siang”

Berenang kesana-kemari ternyata juga sanggup membuat lumba-lumba merasa lelah lho! Untuk menghilangkan rasa lelah, mamalia satu ini butuh “tidur siang”. Tidak selama beberapa jam, melainkan selama 15 sampai 20 menit dan mereka melakukannya beberapa kali dalam satu hari. Tentu saja, hewan ini tidak benar-benar menutup matanya dan tidur seperti manusia melainkan hanya mengistirahatkan satu otaknya. Saat istirahat, juga tidak sembarangan memilih tempat karena mereka hanya beristirahat di permukaan laut. Tujuannya agar lubang sembur mereka tidak kemasukan air dan membuat mereka bisa bernafas selama tidur, juga membuat mereka tetap waspada.  

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!