32.5 C
Jakarta
Tuesday, March 26, 2024

Destinasi ziarah umat Muslim yang tersebar di seluruh dunia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh halo sahabat Kanal Dunia Islam kembali bersama Kanal Dunia Islam kali ini kita akan membahas Destinasi ziarah umat Muslim yang tersebar di seluruh dunia.

Ziarah merupakan kunjungan ke tempat yang dianggap suci atau mulia. Tempat-tempat tersebut biasanya berupa makam, rumah ibadah, dan banyak lagi tempat yang dianggap suci. Jadi, ternyata tidak hanya makam saja yang bisa dikunjungi untuk ziarah. Tempat-tempat lain yang dianggap mulia dan mengandung sejarah Islam juga bisa dijadikan destinasi ziarah yang akan mendatangkan pahala dan juga pengetahuan tambahan.

Terdapat banyak tempat ziarah umat Muslim di seluruh dunia, terutama di Mekkah, Madinah, Indonesia, dan bahkan Rusia. Di Indonesia sendiri terdapat banyak destinasi ziarah yang tersebar di berbagai daerah.

Berikut penjelasan lengkap tentang tempat ziarah umat muslim di dunia:

1. Gua Hira – Mekkah, Arab Saudi

GUA HIRA
GUA HIRA

Gua Hira merupakan tempat pertama kali Nabi Muhammad SAW pertama kali menerima wahyu dari Allah SWT, yaitu surat Al-Alaq ayat 1-5. Karena nilai sejarah Islam di dalamnya sangat tinggi. Gua yang terletak di gunung Jabal Nur ini menjadi salah satu tujuan ziarah Islam utama ketika umat sedang pergi umroh ataupun haji.

Letak Gua Hira ini kurang lebih adalah 6 km dari Masjidil Haram. Setelah menempuh jarak jalan tersebut, kamu juga harus mendaki gunung Jabal Nur selama kurang lebih 1 jam sampai menemukan gua ini.

2. Gua Tsur – Mekkah, Arab Saudi

GUA TSUR
GUA TSUR

Destinasi ziarah berikutnya merupakan gua lagi, tetapi kali ini letaknya di gunung Jabal Tsur. Nilai sejarah Gua Tsur adalah gua ini dijadikan tempat berlindung Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar Assiddiq dari kaum Quraisy yang mengejar mereka ketika sedang hijrah menuju Madinah. Mereka menetap di sana selama 3 hari.

Konon katanya, kaum Quraisy sudah sempat mencapai gua tersebut, tetapi mereka tidak melihat keberadaan Rasulullah SAW dan Abu Bakar Assiddiq sama sekali. Alih-alih, mereka justru melihat gua tersebut ditutupi sarang laba-laba dan ada burung yang membangun sarang di atasnya.

Hal ini menggambarkan kekuasaan Allah SWT dalam melindungi Rasulullah SAW dari marabahaya.

3. Masjid Jin – Mekkah, Arab Saudi

MASJID JIN
MASJID JIN

Masjid Al-Jin juga memiliki sebutan lain, yaitu Masjid Al-Bai’ah. Cerita di balik penamaan masjid ini adalah pada suatu masa, Rasulullah SAW sedang melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an (surat Ar-Rahman lebih spesifiknya.

Lalu sekelompok Jin lewat dan terpukau akan lantunan dan makna dari surat tersebut. Setelah itu, mereka berbaiat atau mengakui bahwa Rasulullah SAW merupakan utusan dari Allah SWT.

Cerita ini sungguh menarik dan memperlihatkan kekuatan dari lantunan ayat-ayat Al-Qur’an, sehingga banyak orang yang menjadikan masjid ini tujuan wisata religi mereka.

4. Mata Air Auliya – Bashkiria, Rusia

MATA AIR AULIYA
MATA AIR AULIYA

Berikutnya adalah destinasi ziarah yang juga berada di Bashkiria, yaitu mata air Auliya. Mata air ini terletak di Gunung Aushtau, Pegunungan Ural Selatan dan berarti ‘suci’ dalam bahasa Bashkiria.

Tempat ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit pernapasan, pencernaan, dan juga batu ginjal. Jika ingin mengunjungi tempat ini, peziarah harus mendaki sampai puncak gunung Aushtau.

Destinasi ziarah satu ini memiliki satu keunikan yang meningkatkan daya tariknya: mata air Auliya hanya mengalir satu bulan saja pada akhir Mei sampai awal Juni, dan dikatakan hanya memiliki khasiat setelah tanggal 15 Mei.

8. Makam Sunan Gunung Jati – Jawa Barat, Indonesia

Makam Sunan Gunung Jati
Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati berlokasi di Cirebon, Jawa Barat. Daya tarik dari destinasi ziarah yang satu ini berada di perpaduan antara agama, kebudayaan, dan sejarah.

Makam ini merupakan tempat bersejarah untuk lahirnya agama Islam di Indonesia yang dibalut perpaduan budaya Jawa dan Tiongkok. Perpaduan ini lahir dari sejarah Sunan Gunung Jati yang pernah menikahi Ong Tien, seorang putri yang berasal dari Cina.

Setiap tahun—khususnya pada bulan Ramadan, makam ini ramai didatangi peziarah dari seluruh Indonesia yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kebudayaan dan sejarah Islam di Tanah Air.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles