Mengenal Manfaat Akar Valerian Untuk kesehatan

0
323
MANFAAT AKAR VALERIAN

Channel E– Valerian adalah tanaman herba yang dapat ditemukan di Eropa, sebagian Asia, dan Amerika Utara. Akar valerian digunakan sebagai obat. Valerian paling sering digunakan untuk mengobati gangguan tidur, terutama insomnia.

Selain itu, valerian juga digunakan dikonsumsi untuk mengobati kecemasan dan stres psikologis, tetapi penelitian ilmiah yang mendukung fungsi ini masih terbatas.Dalam pembuatannya, ekstrak dan minyak yang terbuat dari valerian digunakan sebagai penyedap dalam makanan dan minuman.

gambar istimewa

Bikin tidur jadi nyenyak

Studi menunjukkan bahwa manfaat akar valerian bisa membuat Anda cepat mengantuk dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Berbeda dengan obat tidur, akar valerian punya efek samping yang lebih sedikit. Salah satunya bila Anda mengonsumsi akar valerian di pagi hari, Anda tidak akan merasakan kantuk berlebih.

Dalam satu studi yang dilakukan oleh Health Center Foellinge di Swedia, manfaat akar valerian terbukti baik digunakan pada orang yang susah tidur. Hal ini dibuktikan dari 44 persen peserta merasakan tidur yang amat nyenyak dan 89 persen peserta menyatakan bahwa mereka jadi mudah untuk tidur di malam hari setelah mengonsumsi akar valerian. Selain itu, para peserta juga mengaku bahwa tidak ada efek samping yang timbul setelah mengonsumsi herbal ini.

Meredakan rasa cemas berlebih

Para ilmuwan telah menemukan bahwa akar valerian dapat meningkatkan jumlah zat kimia yang disebut asam gamma aminobutyric (GABA) di otak. GABA adalah zat yang membantu mengatur sel-sel saraf serta menurunkan tingkat cemas. Namun, jika Anda mengonsumsi obat penenang atau antidepresan lainnya, tidak disarankan menggunakan obat atau suplemen herbal dari akar valerian.

Menurunkan tekanan darah

Selain itu, manfaat akar valerian bukan hanya bisa menenangkan pikiran dan tubuh saja. Akar valerian juga banyak digunakan untuk menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung. Komponen zat aktif di dalam akar valerian untuk mengatasi stres dan cemas juga dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah agar stabil dan normal.

Menurunkan tekanan darah

Selain itu, manfaat akar valerian bukan hanya bisa menenangkan pikiran dan tubuh saja. Akar valerian juga banyak digunakan untuk menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung. Komponen zat aktif di dalam akar valerian untuk mengatasi stres dan cemas juga dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah agar stabil dan normal.

eredakan nyeri saat menstruasi

Manfaar akar valerian selanjutnya adalah bisa menjadi obat pereda rasa nyeri saat wanita sedang PMS atau saat menstruasinya berlangsung. Akar valerian mengandung zat penenang dan zat antispasmodic yang bisa menahan kejang otot dan bertindak sebagai penenang otot alami.

Akar valerian efektif untuk menenangkan kontraksi otot rahim selama menstruasi, dan ini telah diuji dan diteliti oleh Islamic Azad University di Iran.

Meredakan stres

Berhubung akar valerian bisa mengurangi kecemasan, membuat cepat tertidur bagi orang yang susah tidur, dan bisa membuat tidur lebih nyenyak, ini juga bisa berdampak bagi orang yang sedang mengalami stres. Pasalnya, stres kronis dan rasa cemas saling berhubungan erat satu sama lain. Tak jarang kedua hal ini tidak dapat dipisahkan. Lalu, bila salah satu dapat diatasi, maka dampak lain antara stres dan rasa cemas juga bisa berkurang.

Akar valerian bisa membuat tubuh jadi rileks dan tenang. Tubuh yang rileks bisa mengusir dan mencegah stres datang. Teh atau suplemen herbal yang mengandung akar valerian bisa menjadi pilihan Anda ketika dilanda stres berat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!