Manfaat Lobak Putih Untuk Keseahatan

0
328
LOBAK PUTIH

Channel E– Lobak putih (daikon) atau yang disebut lobak Jepang merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari negara Tiongkok. Lobak putih kemudian banyak dibudidayakan di Indonesia khususnya di daerah pegunungan. Sayuran ini sekilas bentuknya hampir mirip wortel, tetapi hanya warnanya yang berbeda, yaitu putih.

Di beberapa negara bagian Asia Tenggara seperti Thailand, sayuran ini kerap digunakan sebagai campuran dalam masakan sop, semur hingga kari. Terlebih, lobak putih bisa ditemukan dengan mudah di pasaran dan dijual dengan harga yang relatif murah. Jika rajin mengonsumsinya, sayur lobak bisa mengatasi masalah sinus, empedu, hingga hati.

Sayuran ini memiliki nama latin Raphanus raphanistrum var. sativus. Lobak putih masuk ke dalam keluarga Brassicaceae atau Cruciferaceae yang masih satu keluarga dengan sayur kol atau kubis. Tak kalah dengan sayuran lainnya, lobak putih juga kaya nutrisi untuk kesehatan tubuh.

Lobak putih mengandung mineral dan vitamin seperti kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Kandungan dalam lobak putih itu tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

gambar istimewa

Mencegah Kanker

Dalam lobak putih terdapat kandungan senyawa isothiocyanate yang tinggi. Senyawa ini bekerja sebagai antioksidan sehingga zat-zat pemicu sel kanker dalam tubuh dapat dibersihkan. Selain itu, menjaga seseorang juga dari risiko tumor.

Radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker juga dilawan oleh kandungan folat, vitamin C, dan zat antioksidan lainnya. Oleh sebab itu, baik mengonsumsi lobak putih bagi mereka yang sudah lansia, memiliki gaya hidup tak sehat, serta berada di lingkungan yang terpapar radikal bebas.

Detoks Tubuh

Telah lama orang Jepang mengenal lobak putih ini untuk melancarkan buang air kecil. Dengan begitu, ginjal terus dalam keadaan bersih secara alami. Ginjal yang terus bekerja menyaring sari makanan dan mengalami penumpukan kalau tidak dibebaskan dari racun-racun bisa mengganggu kesehatan manusia. Maka, daikon merangsang ginjal untuk mengeluarkan racun berlebih dan lemak-lemak.

Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Selain antioksidan, daikon juga mengandung antibakteri dan antiviral. Orang yang memiliki masalah pernapasan bisa diobati dengan rutin mengonsumsi lobak Jepang ini. Kandungan-kandungan di dalamnya dapat merangsang pengeluaran dahak. Hasilnya, bakteri tidak akan menumpuk lewat lendir berlebih tersebut. Di saat yang bersamaan, bakteri dan patogen lainnya dibasmi juga.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Terdapat enzim yang serupa di dalam saluran pencernaan manusia pada daikon. Contohnya adalah amilase dan esterase. Kedua enzim tersebut mempermudah tubuh untuk mencerna karbohidrat, protein, dan lemak kompleks. Jadi tubuh terlindungi dari rasa tidak nyaman, seperti konstipasi. Penyerapan nutrisi-nutrisi pun menjadi lebih efisien.

Anti Radang

Anti-inflamasi juga ditemukan dalam daikon. Menariknya, kandungan ini tidak hanya di bagian buahnya saja tetapi juga ada pada akar serta daunnya. Dengan begitu, seluruh bagian lobak tersebut bermanfaat untuk dikonsumsi manusia. Kandungan anti-inflamasi memberikan banyak manfaat, seperti mengurangi rasa tidak nyaman pada luka, memulihkan cedera otot, hingga mengobati asam urat.

Menjaga Imun Tubuh

Kandungan vitamin C dalam daikon tergolong cukup tinggi. Artinya, seseorang yang sedang sakit sangat dianjurkan memakan lobak Jepang ini. Vitamin C mampu memperbaiki sel darah putih yang rusak sehingga proses penyembuhan jadi lebih cepat. Jangan hanya mengonsumsi buahnya saja. Jadikan daun daikon sebagai salad. Rasanya enak sekaligus menyehatkan.

Baik untuk Diet

Buat yang sedang diet, tambahkan lobak Jepang pada menu makanan. Sayuran ini bisa membantu menurunkan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi. Uniknya, serat pada daikon tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Di sinilah bakteri baik berperan secara efektif di saluran pencernaan manusia. Bukan hanya itu, rasa kenyang pun akan lebih terasa karena seratnya mampu mengisi ruang lambung dengan baik.Cara Mengolah Lobak Putih

Kalau seseorang sudah sering memasak, tidak akan asing lagi mengolah berbagai bahan makanan. Begitu pula terhadap lobak, sayuran ini bisa dikreasikan menjadi beragam hidangan. Bukan sekedar dipotong-potong lalu dimakan. Cara seperti itu akan membosankan jika terlalu sering dilakukan.

Variasi hidangan lobak putih dibutuhkan supaya makanan jadi lebih menarik dan lezat. Cobalah kreasi daikon melalui cara penyajian berikut:

  • Iris lobak tipis-tipis dan masukan ke dalam sandwich. Cara ini cocok disajikan sebagai menu sarapan.
  • Jika sedang membuat saus, tambahkan daikon untuk memperkaya tekstur. Lobak Jepang cocok dikombinasikan dengan cabai, bawang putih, dan rempah dapur lainnya.
  • Buat acar yang berbeda dengan mencampurkan potongan lobak dengan wortel dan mentimun.
  • Saat membuat burger, selipkan potongan daikon diantara sayuran dan daging. Lobak ini tak kalah lezat ketika dikunyah bersamaan, apalagi ada saus sambal di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!