Buang Air Besar (BAB) memang sudah jadi kebutuhan setiap orang. Namun, jika rasa mulas datang di waktu yang nggak tepat, pastilah sangat menganggu. Seperti ketika dalam perjalanan atau ketika seseorang berada di tempat yang tidak tersedia toilet atau tempat pembuangan. Hal ini lah yang terkadang membuat seseorang menjadi galau dan mau tidak mau mencari cara untuk menahan BAB. Duh, pasti seketika pucat dan diam.

Berikut adalah beberapa cara menahan buang air besar yang bisa Anda terapkan! Simak artikel dibawah ini ya!

gambar istimewa

1. Mengubah posisi tubuh yang tepat. Cobalah berdiri atau berbaring untuk mengurangi tekanan pada perut.

Cara menahan BAB yang kedua adalah dengan mencari posisi tubuh yang tepat. Berbeda posisi tubuh, tentunya berbeda juga reaksi usus. Ketika dalam posisi duduk, maka tekanan pada perut akan meningkat dan keinginan untuk BAB juga akan semakin besar. Posisi duduk atau jongkok merupakan posisi umum untuk BAB, sehingga keduanya harus dihindari ketika menahan BAB.

Cara menahan buang air besar yang paling tepat adalah dengan memposisikan tubuh berbaring atau berdiri. Tujuannya adalah agar tekanan pada perut berkurang. Selain melakukan posisi berbaring atau berdiri, coba juga untuk menahan napas selama beberapa detik untuk mengurangi hasrat buang air besar.

2. Cobalah untuk tegakkan otot-otot anusmu

Jika keinginan untuk buang air besar sudah cukup tinggi, cara menahan BAB yang bisa dilakukan adalah dengan mengencangkan otot anus. Cara ini dapat menahan feses untuk keluar. Anda kemungkinan harus melakukannya beberapa kali selama beberapa detik hingga rasa ingin buang air besar benar-benar hilang.

Perlu diingat bahwa cara ini sebaiknya dilakukan dengan posisi tubuh seperti yang sudah diterangkan dalam poin sebelumnya yaitu berdiri atau berbaring. Agar lebih memudahkan, Anda juga bisa mencoba menyilangkan kaki Anda.

3. Hindari juga makanan pemicu yang membuatmu merasa mulas.

Anda juga disarankan untuk menghindari makan. Semakin perut penuh dan merasa kenyang, tentunya perut akan semakin bereaksi untuk mengurangi isinya. Maka dari itu, ketika menahan buang air besar, sebaiknya kesampingkan lebih dulu keinginan untuk makan dan minum. Sebagai antisipasi, sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya menghindari makanan atau minuman pemicu buang air besar.

Makanan dan minuman tersebut adalah seperti makanan pedas, yogurt, susu, kopi, atau makanan lain yang membuat pencernaan Anda lebih sensitif. Hindari makanan dan minuman tersebut paling tidak 3 jam sebelum perjalanan dan selama dalam perjalanan.

4. Menunda minum terlebih dulu

Air merupakan salah satu cairan yang membantu proses pencernaan. Sebelum memulai perjalanan, baiknya jangan terlalu banyak minum karena dapat memperlancar sistem pencernaan yang membuat keinginan BAB jadi tinggi. Konsumsi air putih sedikit demi sedikit saja, untuk menghindari dehidrasi, ya!

5. Bersikap dengan tenang

Bersikap tenang adalah hal yang harus dilakukan untuk dapat berhasil menahan buang air besar. Umumnya seseorang akan merasa panik ketika gejala ingin BAB mulai muncul. Jika merasa panik, Anda akan kesulitan untuk mengendalikan diri dan keinginan untuk BAB justru dapat meningkat. Sebaiknya bersikap tetap tenang dan santai agar keinginan untuk BAB tidak semakin besar.

6. Alihkan pikiranmu untuk memikirkan hal-hal yang menyenangkan

Kamu bisa mengalihkan pikiranmu dengan cara melakukan hal lain seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau sekadar main ponsel. Jika sedang dalam perjalanan yang cukup jauh, kamu bisa memilih untuk tidur saja. Pilihlah aktivitas yang tidak menguras energi, namun cukup untuk mengalihkan perhatianmu.

Terdapat sebuah mitos bahwa memegang atau mengantongi sebongkah batu merupakan salah satu cara menahan buang air besar. Hal tersebut adalah mitos belaka. Namun terdapat kemungkinan kepercayaan tersebut dapat menyugesti seseorang ketika dilakukan sehingga keinginan untuk BAB dapat berkurang.

 

So, Itulah 6 cara menahan Buang Air Besar (BAB) saat dalam keadaan darurat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!