Kabupaten Surabaya merupakan ibukota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kota metropolitan terbesar setelah Ibukota Jakarta adalah Kabupaten Surabaya. Kabupaten Surabaya memiliki julukan sebagai kota pahlawan dikarenakan pemuda Surabaya dalam sejarah membantu memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada zaman dahulu Surabaya adalah sebagai gerbang utama dalam memasuki ibukota Kerajaan Majapahit dari arah laut bernama Muara Kali Mas. Selain itu Kabupaten Surabaya memiliki berbagai macam destinasi wisata yang eksotis,indah dan bagus yang wajib dikunjungi oleh para pengunjung.

Berikut kami rangkum 4 destinasi wisata yang berada di Kabupaten Surabaya, Jawa Timur antara lain sebagai berikut :

1. Destinasi Wisata  Museum 10 November

gambar istimewa

Destinasi wisata Museum 10 November berada di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Musem 10 November didirikan pada tanggal 10 November 1951 lalu peresmian tersebut diresmikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia bernama Ir. Soekarno pada tahun 10 November 1952 yang bertujuan agar dapat mengenang sejarah jasa pahlawan kemerdekaan bangsa Indonesia dalam peperangan pada 10 November 1945 di Kabupaten Surabaya.

Pada tahun 1991 kembali memulai pembangunan dan perluasan museum 10 November serta penambahan fasilitas dan pada tanggal 19 Februari 2000 dilaksanakannya peresmian yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia ke empat bernama KH. Abdurrahman Wahid. Di dalam museum 10 November berisi berbagai macam sejarah salah satunya patung perang 10 November 1945, lukisan para tokoh perjuangan, benda-benda sejarah perjuangan Bung Tomo, koleksian peralatan perang pemuda Surabaya dan lain sebagainya.

2. Destinasi Wisata Taman Suroboyo

gambar istimewa

Destinasi wisata Taman Suroboyo berlokasi di Jalan Pantai Kenjeran, Desa Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur. Taman Suroboyo merupakan salah satu wisata terbuka alami yang berada di Kabupaten Surabaya. Salah satu objek yang bagus adalah adanya patung Suro dan patung Boyo yang berukuran raksasa dan patung rumput laut. Di sebelah patung tersebut terdapat pantai yang bernama Pantai Kenjeran.

Di Pantai Kenjeran terdapat sentra pasar ikan bulak yakni pasar penjualan ikan alami dan segar yang berasal dari hasil tangkapan para nelayan. Di taman tersebut juga tersedia wahana permainan bagi anak-anak. Jika anda ingin berkunjung ke Taman Suroboyo akan dikenakan biaya parkir sebesar 2.000 – 3.000 bagi kendaraan roda dua dan 5.000-10.000 bagi kendaraan roda empat.

Untuk biaya penyewaan permainan seperti mobil-mobilan akan dikenakan biaya penyewaan sebesar 10.000 setiap anak, biaya sewa sekuter mini sebesar 10.000 setiap anak dan penyewaan perahu nelayan sebesar 10.000 setiap orangnya. Taman Suroboyo buka setiap hari atau 24 jam. Fasilitas yang dimiliki Taman Suroboyo antara lain toilet, parkir kendaraan, warung makan dan lain sebagainya.

3. Destinasi Wisata Ciputra Waterpark

gambar istimewa

Destinasi wisata Ciputra Waterpark berada di Jalan Waterpark Boulevard, Desa Made, Kecamatan Sambilkerep, Kota Surabaya, Jawa Timur. Ciputra Waterpark merupakan destinasi wisata yang memiliki berbagai macam wahana dan pemandangan yang bagus cocok untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Wahana Ciputra Waterpark memiliki fasilitas antara lain yakni area parkir yang luas, toilet umum, sarana ibadah, wahana permainan, spot foto, penginapan, cafetaria, pusat oleh-oleh, gazebo dan lain sebagainya.

Berbagai macam wahana yang dimiliki Ciputra Waterpark antara lain yakni Roc Thunder Ride, Marina Lagoon, Sinbad Playground, Racer Slider, Spot Berfoto, Kuliner dan lain sebagainya. Jika anda ingin berkunjung ke Wisata Ciputra Waterpark anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 75.000 pada hari weekday dan sebesar 95.000 pada hari weekend, biaya tersebut untuk umum atau reguler.

Bagi pelajar akan dikenakan biaya sebesar 55.000 pada hari weekday dan 85.000 pada hari weekend, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kesepakatan pihak Wahana Citra Waterpark. Wisata Ciputra Waterpark buka setiap hari pada pukul 09.00 sampai pukul 19.00 WIB.

4. Destinasi Wisata Kebun Binatang Surabaya

gambar istimewa

Destinasi wisata Kebun Binatang Surabaya terletak di Jalan Setail, Desa Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Kebun Binatang Surabaya (KBS) merupakan kebun binatang yang sangat populer yang berada di Kota Surabaya. Kebun Binatang tersebut salah satu Kebun Binatang yang terlengkap se Asia Tenggara yang memiliki 351 spesies jenis satwa yang berbeda memiliki jumlah sebanyak 2.806 binatang termasuk binatang langka dari Indonesia maupun dunia yang terdiri dari jenis mamalia, aves, reptilia dan pisces.

Kebun Binatang Surabaya didirikan pada tahun 1916 oleh H.FK. Kommer, beliau merupakan seorang jurnalis yang mempunyai hobi mengumpukan spesies satwa. Kebun Binatang Surabaya memiliki berbagai fungsi bagi masyarakat antara lain sebagai tempat rekreasi, tempat melakukan konservasi, tempat edukasi, ataupun melakukan riset dan penelitian.

Jika anda ingin berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 15.000 dan jika anda ingin mengunjungi berbagai macam wahana yang ada anda juga akan dikenakan biaya tergantung wahana yang di inginkan yaitu:

  1. Wahana tunggang gajah sebesar 50.000
  2. Wahana tunggang onta sebesar 35.000
  3. Wahana kids zoo sebesar 15.000
  4. Aquarium sebesar 20.000
  5. Wisata perahu pada hari senin-jumat sebesar 13.000
  6. Wisata perahu pada hari sabtu-ahad sebesar 15.000.

Untuk biaya feeding rusa,gajah,unta,monyet dikenakan biaya sebesar 15.000 dan feeding jerapah,buaya,komodo sebesar 20.000. Kebun Binatang Surabaya buka setiap hari pada pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!