33.6 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

KEHIDUPAN UMAT MUSLIM DI CHINA

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Halo sahabat kanal pedia islam kali ini kita akan membahas kehidupan umat Islam di Cina.

KEHIDUPAN UMAT MUSLIM DI CHINA

gambar istimewah</

Islam merupakan salah satu agama minoritas di China Meskipun demikian keberadaannya diakui oleh pemerintah dan didukung penuh untuk memiliki fasilitas tempat ibadah. Di setiap kota di China hampir bisa dipastikan terdapat masjid yang dibangun oleh umat Islam bahkan terbangunnya masjid tersebut terlepas dari bantuan pemerintah setempat di Cina Islam mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Setidaknya hal itu bisa dilihat dari banyaknya restoran halal yang bertebaran di seluruh sudut kota di China serta, bertambahnya jumlah masjid di setiap kotanya. Penulis yang sedang menempuh PHD di chongqing University,hilyatul milati Rasyidah mengungkapkan pada bulan Ramadan aktivitas masjid-masjid di China makin menggeliat. Hal itu bisa dilihat misalnya dalam jadwal kajian keagamaan menurut dia kajian-kajian tersebut ditunjukkan untuk makin memperdalam pemahaman warga muslim Cina tentang ajaran Islam.

gambar istimewah</

Jika menengok kehidupan muslim, mereka mayoritas menjadi pengusaha restoran halal yang berasal dari suku hui atau uighur. Mereka membuka restoran di tempat strategis seperti kampus-kampus dan pusat kota menurut Hilya tidak sulit untuk menemukan restoran halal. Geliat bisnis muslim juga dapat kita temui di lokasi-lokasi sekitar masjid.  biasanya mereka membuka toko-toko dan restoran halal setiap Jumat ketika Banyak umat Islam melaksanakan salat Jumat.

Muslim juga memiliki organisasi keagamaan yang mirip dengan Majelis Ulama Indonesia atau MUI organisasi tersebut bernama Chinese Islamic Association yang didirikan sejak Mei tahun 1953 organisasi tersebut menjadi wadah yang mampu menjembatani seluruh muslim di China sebagai warga asing di Cina Hilya mengaku tidak mendapatkan larangan dalam hal beribadah kondisi ini berbeda dengan apa yang diberitakan media massa selama ini loh menurut Hilya umat Islam di Cina mendapatkan kebebasan penuh dalam menjalankan ibadah tidak hanya itu masyarakat asli juga sangat respek terhadap umat muslim Indonesia di sana menurut dia bagi warga setempat keharmonisan akan selalu dijaga sebagai nenek moyang mereka.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles