Astrofotografi merupakan sebuah cabang ilmu fotografi yang melakukan fokus pemotretan pada hal-hal yang berkaitan dengan astronomi, dalam objeknya bidikan yang dimaksud adalah pemotretan matahari, bintang, galaksi, dan sebagainya. Pada aktivitasnya, fokus fotografi ini banyak menggunakan kamera dengan jenis DSLR dan mirrorless.

Untuk kalian yang tergolong sebagai antusias fotografi di bidang astrofotografi, maka sederat kamera di bawah ini dapat dijadikan media penunjang yang sangat tepat. Apa saja daftarnya? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

1. Nikon D850

gambar istimewa

Memiliki dukungan resolusi yang sangat besar, kamera DSLR ini mampu menghasilkan objek bidikan dengan detail yang sangat rinci. Tak heran jika kamera ini sangat cocok untuk kebutuhan astrofotografi, mengingat kamera ini memiliki dukungan sensor full-frame yang memiliki resolusi cukup tinggi.

Mengadopsi penggunaan lensa dengan mounting berjenis F-mount, kamera ini memiliki kompatibilitas lensa yang cukup luas sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Tak ketinggalan, kamera ini juga mendukung format perekaman video 4K UHD.

Untuk spesifikasi, kamera ini memiliki konfigurasi berupa:

Sensor: 45.4MP, Full-frame 35mm;
ISO range: 64-25600 (102400 expandable);
Viewfinder size/resolution: Optical, 0.75x mag;
Video capability: 4K UHD 30FPS;
Untuk harganya, kamera ini dibanderol sekitar Rp38 juta.

2. Canon EOS Ra

gambar istimewa

Masih dari keluarga Canon, hanya saja kamera ini masih tergolong pada kategori mirrorless sehingga diklaim memiliki nilai mobilitas yang cukup tinggi. Ditujukan untuk aktivitas astrofotografi yang serius, kamera ini memiliki konfigurasi sensor full-frame 35mm sebesar 30.3MP.

Sebagai salah satu dukungan yang sangat dibutuhkan untuk aktivitas astrofotografi, kamera ini memiliki rentang ISO yang cukup luas sehingga dapat digunakan dengan sangat fleksibel. Tak ketinggalan, kamera ini juga memiliki dukungan autofokus sebanyak 6 inti tracking.

Untuk spesifikasi, kamera ini memiliki konfigurasi berupa:

Sensor: 30.3MP, Full-frame 35mm;
ISO range: 100-40000 (102400 expanded);
Viewfinder size/resolution: 0.5-inch, 3.69 million dots;
Video capability: 4K UHD 30FPS;

Untuk harganya, Canon EOS Ra dibanderol sekitar Rp55 juta.

3. Sony A7 III

gambar istimewa

Mewakili dari keluarga Sony, kamera yang ditujukan untuk aktivitas astrofotografi ini memiliki titik pemetaan fokus yang sangat luas sehingga cocok untuk menunjang kebutuhan astrofotografi. Untuk menunjang produktivitas, kamera ini mirrorless buatan Sony ini memiliki baterai dengan daya tahan lama.

Untuk memaksimalkan performa di sektor videografi, kamera ini mampu menghasilkan video dengan sangat detail pada situasi cahaya yang sangat rendah. Serta untuk memaksimalkan kualitas video, kamera ini mendukung format perekaman video dengan resolusi 4K UHD.

Untuk spesifikasi, kamera ini memiliki konfigurasi berupa:

Sensor: 24.2MP, Full-frame 35mm;
ISO range: 50-51200 (204800 for stills);
Viewfinder size/resolution: 0.5-inch, 2.35 million dots;
Video capability: 4K UHD 30fps;
Untuk harganya, Sony A7 III dibanderol sekitar Rp35 juta.

4. Nikon Z6

gambar istimewa

Mampu membidik gambar dengan detail yang sangat jelas pada malam hari, kamera mirrorless buatan Nikon ini sangat recommended untuk menunjang aktivitas astrofotografi. Dengan dukungan sensor yang sangat mumpuni, kamera ini mampu menghasilkan bidikan berkualitas dengan noise yang sangat rendah.

Serta untuk memaksimalkan produktivitas saat menggunakan kamera ini, Nikon Z6 hadir dengan dukungan jendela bidik elektronik yang sangat mumpuni. Di samping itu, untuk menunjang aktivitas astrofotografi yang kontinyu, kamera ini memiliki kemampuan autofokus otomatis pada cahaya rendah dengan kualitas yang cukup baik.

Untuk konfigurasi, kamera ini memiliki dukungan spesifikasi berupa:

Sensor: 24.5MP, Full-frame 35mm;
ISO range: 100-51200 (204800 expandable);
Viewfinder size/resolution: 0.5-inch, 3.69 million dots;
Video capability: 4K UHD 30fps;
Untuk harganya, Nikon Z6 dibanderol sebesar Rp37 juta.

5. Canon EOS 6D Mk2

gambar istimewa

Masih dari Canon sebagai penutup rekomendasi, kamera DSLR buatan Canon ini memiliki sederet fitur yang sangat mendukung aktivitas astrofotografi. Untuk menunjang produktivitas, kamera ini memiliki dukungan layar vari-angle touchscreen yang sangat mudah digunakan.

Di samping itu, kamera ini juga memiliki rentang ISO yang cukup untuk memenuhi kebutuhan astrofotografi. Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, tentunya kamera ini adalah pilihan bijak yang sangat worth it.

Untuk konfigurasi teknis, kamera ini memiliki spesifikasi berupa:

Sensor: 26.2MP, Full-frame 35mm;
ISO range: 100-40000 (102400 expandable);
Viewfinder size/resolution: Optical, 0.71x mag;
Video capability: Full HD, 60fps;
Untuk harganya, kamera ini dibanderol sekitar Rp20 juta.

Jika menimbang dari segala aspek yang dibawakan oleh kelima kamera di atas, tentu kelima kamera tersebut sangat recommended dari segala aspek untuk dijadikan gear fotografi di bidang astrofotografi di tahun 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!