Kebisingan yang berlebih dapat menganggu kenyamanan dan ketenangan bagi kita semua. Terlebih jika kebisingan itu berasal dari tetangga sekitar. Sejatinya rumah harus memberikan kedamaian dan ketentraman bagi penghuninya.

Tak perlu khawatir, ada beberapa jenis tumbuhan yang dapat mengurangi kebisingan, lho. Selain berperan penting pada kelangsungan hidup dan mempunyai banyak sekali manfaat, tumbuhan juga dapat menjadi peredam yang efektif untuk kebisingan yang berlebih. Berikut daftar tumbuhan yang dapat meminimalisasi hal tersebut.

1. Pohon Pinang

gambar istimewa

Pohon pinang sudah banyak ditemukan dan dikenal di Indonesia. Termasuk jenis tumbuhan palma yang berasal dari family Arecaceae. Jika ingin menanamnya, kamu pun bisa dengan mudah menemukannya di berbagai toko berkebun.

Tumbuhan ini memiliki sifat dapat meregang sehingga dapat dengan mudah mengisi suatu area. Hal ini menyebabkan pohon pinang menjadi tumbuhan yang efektif untuk meredam kebisingan. Namun, pastikan kamu mempunyai lahan yang cukup jika ingin menanamnya.

2. Pakis

Tumbuhan pakis atau paku-pakuan merupakan tumbuhan yang berkembang biak dengan spora. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di daerah lembab dan menempel pada tumbuhan lain.

Memiliki bentuk yang unik, gak heran kalau banyak yang memilih menanam pakis. Daun pada pakis memiliki bentuk yang lebar dan dapat menutupi sedikit ruang. Hal ini menjadikan pakis sebagai tumbuhan yang dapat mengurangi kebisingan.

3. Sri Gading

gambar istimewa

Sri gading merupakan tumbuhan merambat. Menariknya, tumbuhan ini juga dapat dijadikan obat yang memiliki banyak khasiat. Diketahui Sri Gading berasal dari Asia Tenggara dan Selatan.

Tumbuhan ini memiliki dedaunan yang lebat, menjadikannya sebagai salah satu tumbuhan penyerap kebisingan yang baik. Sri gading dapat ditanam di pekarangan rumah  dan dijadikan sebagai hiasan. Selain itu, tumbuhan ini juga dapat menjadi filtrasi udara alami, lho.

4. Begonia Rex

gambar istimewa

Begonia Rex merupakan tumbuhan yang berasal dari keluarga Begoniaceae. Yang unik adalah tumbuhan indah ini bisa tumbuh di berbagai tempat, bahkan di dalam ruangan.

Yang gak kalah menarik, tumbuhan ini dapat menyerap suara sebanyak 97 persen. Begonia Rex juga mempunyai tambahan estetika jika ditanam di halaman rumah maupun diletakkan di teras. Daun yang lebar dan memiliki warna yang cerah menjadi daya tarik tersendiri pada tumbuhan ini.

5. Ketapang Biola

gambar istimewa

Secara umum, Ketapang Biola berasal dari keluarga Moraceae. Daun pada tumbuhan ini berwarna hijau tua atau pekat dan akan terasa kasar jika disentuh. Ketapang biola dapat menyerap kebisingan atau suara karena memiliki daun yang lebar.

Tumbuhan ini memerlukan cahaya terang dalam proses pertumbuhannya. Oleh sebab itu, jika ingin memelihara pastikan intensitas cahaya yang diterima terpenuhi supaya tidak cepat mati. Perhatikan juga untuk setidaknya harus menyiram tumbuhan ini seminggu sekali.

Jenis tumbuh-tumbuhan di atas dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Bukan hanya sebagai penambah nilai estetika, jika ditanam di sekitaran rumah juga dapat dijadikan sebagai penyadap suara dan mengurangi kebisingan. Perawatan yang mudah dan juga dapat ditanam di dalam ruangan menjadi nilai tambah pada beberapa jenis tumbuhan ini.