Realme 9 Pro adalah smartphone Realme seri angka tertinggi saat ini. Smartphone ini pertama kali dirilis sejak bulan Februari 2022 bersamaan dengan Realme 9 dan 9 Pro+.

Selain Realme 9 Pro, Snapdragon 695 dapat ditemukan di smartphone Oppo Reno7 Z 5G, Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G, dan Oppo A96 5G. Dari keempat smartphone tersebut, Realme 9 Pro inilah yang dijual dengan harga termurah.

Buat kamu yang tertarik dengan smartphone ini, berikut penulis sudah merangkum review Realme 9 Pro. Yuk, cek ulasannya berikut ini!

1. Desain

gambar istimewa

Tidak diketahui secara pasti bahan apa yang digunakan sebagai meterial Realme 9 Pro. Namun, smartphone ini terlihat sangat premium berkat finishing-nya yang glossy. Terdapat tiga pilihan warna yang bisa kamu pilih, yaitu midnight black, aurora green, dan sunrise blue. Dari ketiga warna tersebut, sunrise blue adalah warna favorit karena dapat memantulkan cahaya lebih banyak.

Desain Realme 9 Pro bisa dibilang minimalis. Smartphone ini hanya memiliki ketebalan 8.5 mm dan dimensi 164.3 x 75.6 mm. Salah satu nilai plus Realme 9 Pro ada pada bagian layar, smartphone ini memiliki ukuran bezel yang tipis serta bentuk kamera depannya yang kekinian berdesain punch hole.

Terakhir, soal sistem keamanan, Realme 9 Pro memiliki sensor fingerprint pada bagian samping serta face unlock yang bisa mendeteksi wajah dengan akurat dan cepat.

2. Performa mesin

gambar istimewa

Realme 9 Pro menggunakan chipset dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 695 (6nm). Chipset ini masih sangat baru di pasaran setelah pertama kali dirilis pada bulan Desember 2021. Snapdragon 695 tersebut dipadukan dengan CPU octa-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver), GPU Adreno 619, dan sudah mendukung jaringan 5G.

Dengan spesifikasi tersebut, Snapdragon 695 mendapatkan skor AnTuTu Benchmark di angka 403172. Pengujian dilakukan pada beberapa game berat. PUBG Mobile mendapatkan 66FPS pada konfigurasi grafik low. Sementara Genshin Impact mendapatkan 19FPS pada konfigurasi grafik low.

Realme 9 Pro memiliki ukuran layar seluas 6.6 inci menggunakan panel IPS LCD dan memiliki refresh rate layar 120Hz. Untuk kebutuhan menonton film, scroll sosial media, dan multitasking, Realme 9 Pro dapat menemani kegiatanmu dengan sangat nyaman.

3. Kualitas kamera

gambar istimewa

Di sektor kamera, Realme 9 Pro menggunakan konfigurasi triple camera masing-masing beresolusi 64+8+2MP. Dengan resolusi setinggi itu, smartphone ini mampu menghasilkan foto yang bagus dalam keadaan siang atau malam hari. Sedangkan untuk perekaman video, Realme 9 Pro dapat merekam hingga kualitas 1080p@30fps.

Pada bagian depan, Realme 9 Pro menggunakan single camera beresolusi 16MP. Kamera ini memiliki fitur HDR dan panorama serta mampu merekam video hingga kualitas 1080p@30fps.

4. Ketahanan baterai

gambar istimewa

Dari sektor baterai, Realme tidak perlu diragukan lagi karena brand ini memang selalu selangkah lebih maju dari kompetitornya. Realme 9 Pro menggunakan baterai berkapasitas 5000mAh. Baterai tersebut dipadukan dengan adapter berkecepatan 33W fast charging.

Untuk mengisi baterai hingga penuh 100 persen dibutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih sedikit. Sedangkan untuk ketahanannya sendiri, Realme 9 Pro mampu bertahan seharian penuh dalam pemakaian normal dan 10 jam-an pada pemakaian nonstop dan gaming.

5. Fitur unggulan dan harga

gambar istimewa

Realme 9 Pro memiliki fitur-fitur yang lengkap, seperti NFC, sudah menggunakan USB Type-C, menggunakan bluetooth terbaru 5.1, dan mendukung jaringan 5G. Sensor yang dimiliki smartphone ini juga sangat lengkap, di antaranya ada sensor fingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, dan compass.

Untuk harganya sendiri, Realme 9 Pro bisa kamu dapatkan di toko daring Indonesia seharga Rp3.7 juta untuk varian RAM 6/128GB.

Performa Snapdragon 695 sendiri tidak perlu diragukan lagi. Smartphone ini sangat cocok buat kamu yang sedang mencari smartphone gaming, baterai awet dan kamera beresolusi tinggi. Tertarik untuk membelinya setelah membaca review smartphone kali ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!