Jendela merupakan salah satu elemen di rumah yang mesti berfungsi secara maksimal. Selain sebagai sirkulasi udara, jendela juga merupakan tempat masuknya cahaya alami ke dalam rumah. Tak hanya itu, jendela bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu visual yang dapat memperindah tampilan rumah. Tak salah bagi Anda yang ingin mencoba mendekorasi jendela di rumah, dan berkreasi memasukkan berbagai elemen yang dapat membuatnya terlihat lebih menarik dan menyenangkan.

1. Jaga jendela agar tetap bersih

gambar istimewa

Sebelum menambahkan berbagai elemen sebagai dekorasi jendela, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa jendela rumah tetap bersih. Jendela yang bersih akan memberikan visual menarik dan membuat ruangan di rumah tidak terkesan kumuh. Anda perlu membersihkan jendela secara rutin, baik di bagian dalam maupun luarnya.

 

2. Tambahkan beberapa tanaman hijau

gambar istimewa

Ide selanjutnya untuk memperindah jendela rumah yaitu dengan meletakkan elemen tanaman baik di bagian dalam dan luarnya. Tanaman sangat cocok diletakkan di jendela. Selain sebagai dekorasi, tanaman juga dapat tumbuh secara maksimal karena mendapatkan paparan cahaya matahari yang cukup. Selain itu, tanaman juga dapat memberikan manfaat positif bagi Anda, salah satunya yaitu menangkal polusi udara, menurunkan risiko alergi dan pilek, menjaga kesehatan mental dan memiliki peran sebagai aroma terapi.

3. Tempatkan kabinet atau meja di samping jendela

gambar istimewa

Anda juga dapat memasang lemari atau meja yang menarik secara visual di samping jendela dan menghiasnya dengan beberapa elemen, seperi bingkai foto, vas bunga, atau dengan pajangan yang menarik. Selain itu, Anda juga dapat memasang lukisan yang ditempelkan di dinding atas meja. Untuk semakin memperindah tampilan lukisan, atau pajangan, Anda dapat membuat lampu sorot yang mengarah ke meja dan lukisan tersebut. Pada malam hari, lukisan dan pajangan itu akan terlihat sangat indah. Terlebih jika Anda mematikan lampu utama di ruangan, dan hanya menyalakan lampu sorot.

4. Pasang gorden

gambar istimewa

Gorden merupakan salah satu jenis tirai yang populer dan telah digunakan banyak orang. Gorden terbuat dari bahan kain. Biasanya, tirai jenis gorden ini dibuka dengan cara digeser ke arah samping. Adapun bahan gorden juga bervariasi mulai dari bahan linen yang tebal dan terkesan berat, lalu sutera dengan tekstur lembur, beludru dengan tampilan elegan, hingga kain tenun. Anda dapat memilih gorden sebagai tirai untuk jendela rumah. Gorden memiliki banyak pilihan warna dan variasi yang dapat Anda serasikan dengan warna ruangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!