Setiap hewan memiliki tampilan dan karakteristik yang berbeda-beda. Ada hewan yang tampak imut, namun ada pula yang sebaliknya. Kebanyakan orang biasanya menilai karakter hewan berdasarkan penampilan fisiknya, padahal fisik dapat menipu.

Jarang orang tahu bahwa hewan yang gemar menyerang secara agresif tak hanya untuk yang memiliki penampilan seram saja. Namun, beberapa hewan imut ini bahkan membuktikan bahwa mereka juga memiliki kemampuan menyerang yang luar biasa. Penasaran hewan imut apa saja yang bisa menyerang secara agresif? Simak artikel ini sampai habis yuk!

1. Kuda nil

gambar istimewa

Bagi orang-orang yang melihat kuda nil secara langsung, mungkin akan menganggap bahwa hewan ini memiliki penampilan fisik yang lucu dan menggemaskan. Hal ini karena bentuk tubuh kuda nil yang berisi hingga mencapai bobot sekitar 4.5 ton dengan panjang 5.2 meter. Padahal di balik kegemasan yang dimiliki kuda nil, mereka merupakan hewan yang sangat berbahaya.

Melansir dari Live Science, kuda nil termasuk ke dalam deretan hewan yang agresif dan dinilai sangat berbahaya. Mereka memiliki gigi yang lebar dan tajam untuk digunakan dalam menyerang targetnya, entah itu sesama kuda nil, hewan lain, hingga sesama kuda nil sekali pun. Penyerangan yang dilakukan kuda nil terhadap manusia bahkan sangat sering terjadi, apalagi jika kuda nil telah memiliki wilayah teritori tersendiri sehingga tak akan membiarkan makhluk apa pun termasuk manusia berada di teritorinya.

2. Berang-berang

gambar istimewa

Melihat penampilan berang-berang mungkin kebanyakan orang tak akan menyangka bahwa hewan ini berbahaya. Bentuk wajahnya yang imut membuat orang-orang bisa nekat menyentuhnya atau bahkan ingin menjadikannya hewan peliharaan. Padahal berang-berang tidaklah seramah seperti penampilannya.

Berang-berang telah dikenal sebagai hewan yang berbahaya dan agresif dalam urusan menyerang sebab karakternya yang teritorial, sehingga sebaiknya ditinggalkan sendiri saja.

Seperti yang dilansir dari Critter Control. Jangan sampai nekat untuk mendekati apalagi mengganggu hewan ini sebab berang-berang memiliki bentuk gigi yang tajam dan panjang untuk menyerang.

3. Angsa

gambar istimewa

Melihat penampilan angsa mungkin akan membuatmu berpikir bahwa hewan tersebut sangatlah elegan. Bahkan angsa dapat menunjukan sisi yang anggun dan terlihat sama sekali tak berbahaya. Padahal angsa bisa sangat berpotensi agresif khususnya pada musim kawin.

Melansir  Ask Professor Bird, angsa memiliki gigitan dan dorongan yang sangat kuat, bahkan mereka dapat menyebabkan cidera yang cukup parah pada korbannya, seperti patah pada beberapa area tubuh. Angsa juga tidak akan tiba-tiba menyerang tanpa alasan, biasanya mereka akan menyerang apabila diprovokasi atau bahkan diganggu wilayah teritorinya. Itulah yang membuat orang-orang sebaiknya tak asal bermain dengan angsa, apalagi sampai bermaksud mengganggunya.

4. Koala

gambar istimewa

Koala merupakan salah satu hewan yang terkenal dengan imej imut dan bahkan gemar dalam memeluk. Hewan yang senang menghabiskan waktu untuk makan dan tidur juga dinilai banyak orang tak berbahaya.

Padahal koala memiliki katakter temperamennya tersendiri yang tak bisa dianggap sepele. Koala memang tak akan menyebabkan cidera serius akibat serangan agresifnya, namun mereka juga tetap memiliki potensi penyakit yang dibawa dan dapat disebarkan, seperti yang dilansir Ranger Planet. Itulah mengapa sebaiknya tak asal bersentuh fisik dengan hewan yang belum dikenal dengan baik, sebab selain dapat menyerang secara fisik, namun juga bisa menyebarkan penyakit.

5. Burung hantu

gambar istimewa

Layaknya angsa, burung hantu juga memiliki penampilan yang elegan dan anggun. Meski demikian, banyak ilustrasi yang menggambarkan burung hantu sebagai sosok yang imut dan penuh dengan karakter baik.

Padahal nyatanya burung hantu bukanlah sembarang hewan yang bisa diajak berinteraksi. Melansir dari Britannica, burung hantu banyak melakukan penyerangan terhadap orang atau hewan lain demi menjaga tertori dan keamanannya. Itulah mengapa sebaiknya kamu patut berhati-hati dengan hewan yang satu ini.

Menelisik risiko dari beberapa hewan di atas, tentunya memang selalu terdapat bahaya meskipun para hewannya memiliki tampilan yang imut atau anggun. Jangan sampai terjebak dalam penampilan yang dapat menipu. Jangan sampai nekat dalam mengganggunya, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!