Game bergenre simulasi olahraga masih menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak pemain di dunia. Dalam game genre ini, pemain memang tidak berinteraksi aktif dalam menggerakkan karakter atlet secara langsung. Kendati demikian, kita bisa mengolah, mengatur, memimpin, dan mengelola sebuah tim atau kejuaraan secara detail.

Nah, bagi kamu yang suka dengan permainan bertema simulasi manajemen olahraga, lima judul game di bawah ini bisa jadi pertimbangan. Disimak, ya!

1. Draft Day Sports: Pro Basketball 2022

gambar istimewa

Game pertama yang bisa kamu beli dan mainkan adalah Draft Day Sports: Pro Basketball 2022. Pada 2 Desember 2021 lalu, Steam sudah mulai menjualnya dengan harga Rp159.999. Meskipun pada awalnya terdapat beberapa bug dan eror yang cukup mengganggu, developer sudah cukup tanggap untuk mengatasinya. Nah, game ini sendiri merupakan simulasi manajemen dari cabang olahraga basket.

Untuk urusan grafik, karya milik Wolverine Studios ini masih tergolong sederhana. Namun, tampilan ringkas tersebut tidak sampai mengurangi esensi dari apa yang ditawarkan dalam sebuah simulasi pada umumnya. RAM 256 MB, VGA kelas low end, dan ruang simpan tak sampai 1 GB sudah bisa menjalankan game ini dengan baik. Sangat ringan, bukan?

2. Motorsport Manager

gambar istimewa

Dirilis oleh SEGA pada 10 November 2016 lalu, Motorsport Manager meraih banyak ulasan positif di Steam dan situs-situs lainnya. Secara umum, game simulasi ini menekankan kita pada sebuah tugas utama, yakni membangun dan mengelola tim balap agar dapat bersaing di kelas dunia.

Untuk urusan visual dan audio, game garapan Playsport Games ini termasuk salah satu yang terbaik. Itu sebabnya, kamu membutuhkan spesifikasi RAM 8 GB, VGA setara GTX 750 Ti 4 GB, dan prosesor Core i5 generasi ketiga untuk menjalankan game ini dengan baik. Oh, ya, sisakan ruang simpan sebanyak 20 GB untuk memuat file dari game ini, ya.

3. Pro Cycling Manager 2021

gambar istimewa

Pro Cycling Manager 2021 merupakan game simulasi manajerial tim balap sepeda yang cukup laris di pasaran. Game ini sendiri merupakan simulasi garapan Cyanide Studio di bawah lisensi perusahaan Nacon. Nah, karena detail dan mekanisme gameplay yang cukup tinggi, game ini mendapatkan banyak ulasan positif dari gamer di seluruh dunia.

Karya yang dibuat eksklusif untuk Microsoft Windows (PC) ini menampilkan kualitas visual ciamik dan juga audio yang tentunya memanjakan telinga. Untuk menjalankannya dengan mulus, spesifikasi RAM 8 GB, VGA setara GTX 660, dan prosesor i3 generasi menengah wajib ada dalam PC kamu. Jangan lupa, siapkan ruang simpan di HDD kamu sebesar 20 GB untuk menampung file game.

4. Out of the Park Baseball 22

gambar istimewa

Jika kamu menyukai olahraga bisbol atau baseball, game simulasi apik yang satu ini jangan sampai dilewatkan. Yup, game berjudul Out of the Park Baseball 22 sudah dirilis oleh OOTP Developments pada 26 Maret 2021 lalu. Game ini sudah menjadi salah satu permainan yang cukup rutin dimainkan oleh penggemar bisbol di seluruh dunia.

Nah, jika ingin memainkannya, kamu bisa membeli di Steam dengan harga cukup murah, yakni Rp108.999. Siapkan juga spesifikasi RAM 4 GB, VGA minimal setara Intel HD 4000, ruang simpan 20 GB, dan prosesor i3 generasi menengah untuk menjalankan game ini dengan lancar.

5. Football Manager 2022

gambar istimewa

Harus diakui bahwa serial Football Manager sudah menjelma menjadi salah satu game simulasi manajer olahraga terbaik di dunia. Mekanisme permainannya yang detail dan enak untuk pemain jalankan membuat serial ini menjadi kesukaan pencinta sepak bola. Nah, pada 9 November 2021 lalu, SEGA kembali merilis Football Manager 2022 sebagai seri terbaru.

Karya dari Sports Interactive ini dijual di Steam dengan harga Rp368.499, sudah termasuk diskon. Sementara itu, spesifikasi PC kalian wajib memiliki RAM 8 GB, VGA setara GTX 750 Ti, ruang simpan 9 GB, dan prosesor i5 generasi menengah untuk menjalankannya dengan normal. Bagaimana? Apakah kamu juga pencinta game simulasi sepak bola?

Nah, itu tadi beberapa judul game besar yang berjenis simulasi manajerial olahraga. Taktik, keputusan, strategi, dan cara kita mengelola sebuah tim adalah sederet faktor yang wajib dijalankan dalam banyak game tersebut. So, sudah siap jadi manajer, kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!