Home Tips & Trick Cara merawat rambut yang sehat

Cara merawat rambut yang sehat

0
Cara merawat rambut yang sehat
<center>gambar istimewah<center>

Seperti kulit, Anda juga harus mengetahui cara merawat rambut yang benar dan tepat. Ya, Anda mungkin mengira, menjaga kekuatan rambut harus menggunakan produk mahal atau pergi ke salon kecantikan. Namun ternyata, yang paling penting dari perawatan rambut adalah memperhatikan kebiasaan yang selama ini dilakukan.

Cara merawat rambut agar kuat, sehat, dan bersinar

Dengan usaha dan komitmen, Anda bisa menerapkan berbagai cara merawat rambut agar sehat berikut ini:

Gunakan sampo yang cocok dengan rambut

gambar istimewah

Salah satu cara merawat rambut agar kuat, sehat, dan bersinar adalah menggunakan sampo yang cocok dengan jenis rambut. Seperti kulit, rambut pun memiliki beragam jenis, seperti rambut berminyak, normal, atau kering.

Pastikan Anda mencari produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan, bukan berdasarkan harga yang paling mahal.

Selain itu, carilah produk sampo yang tidak menggunakan zat berbahaya untuk helaian rambut Anda, seperti ammonium lauryl sulfat atau natrium/sodium lauryl sulfat.
Anda bisa bereksperimen untuk mengetahui seberapa sering cara keramas perlu dilakukan karena tiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda.

Gunakan kondisioner

gambar istimewah

Menggunakan kondisioner merupakan cara merawat rambut yang penting dilakukan agar rambut menjadi lebih lembut, bersinar, dan mudah disisir. Mengaplikasikan kondisioner setelah keramas juga dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi rambut, karena sampo saja tidak cukup.

Anda dapat mencoba suplemen kondisioner pertama di Indonesia, yaitu PANTENE Miracles Hair Supplement yang diperkaya dengan Pro-Vitamin, Biotin, dan Collagen. Gunakan secara teratur setelah keramas untuk rambut yang hingga 2x lebih kuat, tampak lembut, dan ternutrisi. Lengkapi dengan PANTENE Miracles Supplement Hair Mask setidaknya satu minggu sekali untuk hasil terbaik.

Tips perawatan rambut menggunakan kondisioner, yakni sebagai berikut:

Setelah selesai mencuci rambut dengan sampo, tuang kondisioner secukupnya sesuai rekomendasi kemasan.

Oleskan merata pada ujung-ujung rambut. Jika Anda memiliki rambut panjang, aplikasikan dari tengah ke ujung rambut. Perlu diingat, jangan oleskan kondisioner ke kulit kepala.

Anda bisa menggunakan sisir pada ujung rambut untuk meratakan kondisioner.

Tunggu selama 1-3 menit, kemudian bilas rambut dan keringkan.

Seperti sampo, kebutuhan untuk menggunakan kondisioner rambut cenderung berbeda bagi masing-masing individu.

Jangan berlebihan dalam melakukan perawatan rambut
Saat rambut basah, rambut cenderung rapuh. Maka, Anda disarankan untuk mengeringkannya dengan handuk secara lembut sebagai perawatan rambut yang tepat.
Rambut yang basah juga sebaiknya tidak disisir berlebihan. Begitu pula saat menggunakan produk perawatan rambut, seperti sampo. Prinsipnya, yakni “less is more”, atau secukupnya dan tak berlebihan.

Batasi catokan dan pengering rambut

Cara merawat rambut berikutnya adalah membatasi penggunaan catokan dan alat pengering rambut. Memang, rasanya sulit untuk tidak menggunakan catokan ataupun pengering rambut.

Namun, dalam jangka panjang, penggunaan alat-alat tersebut dapat melemahkan rambut, terutama bagi Anda dengan rambut yang halus, kering, dan rapuh.
Jika Anda menggunakan pengering rambut, para ahli menyarankan agar alat tersebut berjarak sekitar 15 cm dari permukaan rambut.

Tips perawatan rambut saat menggunakan alat pengering rambut adalah selalu gerakkan pengering pada area rambut lainnya, dan jangan terkonsentrasi pada satu titik saja.
Hindari penggunaan catokan atau pengering rambut setiap hari. Anda bisa membatasi penggunaan alat-alat tersebut 2-3 kali dalam seminggu untuk memulihkan kekuatan rambut setelah dicatok.

Sementara itu, jika ingin mewarnai rambut, Anda disarankan untuk memilih warna yang masih dekat dengan warna rambut asli.

Lakukan pijatan pada kepala

Sebuah studi menemukan bahwa pijatan pada kulit kepala dapat meningkatkan ketebalan rambut dan menguatkannya seiring waktu. Lakukan pijat ini dengan gerakan melingkar selama beberapa menit.

Pijatan ini bisa dilakukan kapan saja. Entah saat rambut Anda kering atau saat basah sebelum menggunakan sampo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here