Home Resep Yummy, Inilah 10 Makanan Enak yang Terbuat dari Umbi-umbian

Yummy, Inilah 10 Makanan Enak yang Terbuat dari Umbi-umbian

0
Yummy, Inilah 10 Makanan Enak yang Terbuat dari Umbi-umbian
<center>gambar istimewah<center>

Umbi-umbian tidak hanya sebatas singkong dan ubi jalar saja, lho. Ternyata, ada banyak jenis umbi-umbian yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya, seperti bawang, wortel, bengkuang, kentang, talas, gadung, dan masih banyak lagi. Kalau dikumpulkan mungkin ada belasan jenis umbi-umbian yang bisa kita temukan di tanah air.

Nah, kali ini Bacaterus akan memberikan inspirasi 10 makanan yang terbuat dari umbi-umbian. Jadi, kalau Anda adalah orang yang gemar mencoba berbagai resep atau kuliner baru, makanan-makanan yang akan kami bahas di sini bisa menjadi ide yang menarik untuk Anda.

Choi Pan

gambar istimewah

Choi pan dikenal sebagai makanan khas Pontianak. Makanan ini termasuk salah satu makanan yang terbuat dari umbi-umbian karena dalamnya berisi bengkuang.

Ya, bengkuang dan kucai ditumis jadi satu, lalu dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung tapioka. Setelah dibungkus dan dibentuk seperti bulan sabit, choi pan akan dikukus seperti dim sum. Setelah matang, bagian atas choi pan akan ditaburi dengan bawang putih goreng. Kemudian, choi pan akan dinikmati dengan saus khusus. Wah, pokoknya sedap sekali deh makanan ini!

Taro Fries

gambar istimewah

Sekilas tampilan makanan yang satu ini mirip banget dengan french fries alias kentang goreng. Akan tetapi, makanan ini tidak terbuat dari kentang, melainkan dari talas. Ya, minuman bubble tea atau es krim dengan rasa taro sebenarnya berasal dari talas. Talas termasuk salah satu umbi-umbian yang cukup populer di negara barat.

Bagi pemula yang ingin mengolah talas menjadi makanan yang enak, mungkin bisa memulai dengan membuat Taro Fries ini. Biar rasanya lebih gurih sebaiknya taburkan garam, lada, dan air perasan lemon pada potongan talas sebelum digoreng di dalam minyak panas. Untuk saus dipping-nya Anda bisa menggunakan mustard atau sambal botol.

Perkedel

gambar istimewah

Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, perkedel adalah lauk yang terbuat dari kentang. Di Indonesia, kentang adalah salah satu umbi-umbian yang cukup populer. Bahkan, kentang bisa ditambahkan ke dalam semur atau sup sesuai selera.
Perkedel terbuat dari kentang yang dihaluskan lalu dicampur dengan bumbu-bumbu tertentu. Kadang-kadang, kita juga bisa menambahkan potongan daging cincang di dalamnya. Kemudian, perkedel dibentuk menjadi bulat pipih lalu digoreng sampai warnanya cokelat keemasan. Perkedel juga bisa menjadi pelengkap Sup Ayam, Soto Banjar, sampai dengan Nasi Kuning.

Klepon

gambar istimewah

Makanan yang terbuat dari umbi-umbian yang satu ini merupakan jajan pasar yang legit dan nagih banget, yaitu klepon. Biasanya klepon berwarna hijau, tetapi kali ini Bacaterus ingin mengenalkan klepon kuning dan ungu yang tampilannya sangat cantik. Tak perlu salah paham dulu karena warna kuning dan ungu pada klepon tersebut berasal dari ubi jalar.

Ya, ubi jalar bisa menjadi bahan pembuatan klepon yang enak banget. Tekstur klepon ubi ini lebih kenyal dan aromanya pun lebih harum. Singkatnya, ubi jalar dapat menambah cita rasa dari klepon tradisional.

Emping Garut

gambar istimewah

Garut adalah umbi yang tidak terlalu populer di Indonesia. Meskipun di beberapa wilayah masih menjadikan garut sebagai makanan pokok pengganti nasi. Kalau Anda suka ngemil, Anda harus coba emping garut. Jika biasanya emping terbuat dari buah melinjo, kali ini emping dibuat dari garut.

Bagian umbi garut yang diolah menjadi emping hanya tengahnya saja, sedangkan bagian lainnya diolah menjadi pati atau tepung garut. Emping garut ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa menjadi pengganti emping melinjo. Penderita asam urat pun lebih aman menyantap emping garut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here