Home Kesehatan Manfaat Makanan Penghangat Tubuh Saat Musim Hujan

Manfaat Makanan Penghangat Tubuh Saat Musim Hujan

0
Manfaat Makanan Penghangat Tubuh Saat Musim Hujan

Makanan yang hangat juga dipercaya membuat kamu lebih semangat beraktivitas dan bebas mengantuk. Nah, sebelum kamu tahu berbagai macam makanan penghangat tubuh ada baiknya jika kamu tahu apa saja manfaat makanan hangat untuk tubuh kamu. Apa saja manfaatnya? Simak dibawah ini yuk!

Menjaga Suhu Badan Tetap Hangat

Gambar Istimewa

Menyantap makanan atau minuman panas juga bisa membantu kamu mengatur suhu tubuh. Saat cuaca di sekitar kamu dingin, makanan yang hangat bisa membantu mengatur suhu tubuh kamu tetap hangat. Nah, alasan inilah yang membuat orang Korea Selatan suka mengkonsumsi makanan hangat ketika musim dingin. Selain itu, mereka juga menyukai makanan panas saat musim panas karena makanan yang panas justru akan membuat tubuh segar dan menurunkan suhu tubuh.

Lebih Rileks dan Segar

Gambar Istimewa

Manfaat mengkonsumsi makanan hangat selanjutnya membuat tubuh menjadi lebih rileks dan segar. Saat kamu lelah atau sakit, makanan hangat dan berkuah akan membuat perasaan kamu lebih lega dan nyaman lho. Bahkan saat kamu terkena flu, batuk atau meriang sup hangat akan terasa sangat menyegarkan dan mampu memberikan efek tenang yang instan.

Mudah Dicerna

Gambar Istimewa

Manfaat makanan hangat adalah mudah dicerna sehingga organ pencernaan tidak perlu bekerja terlalu berat. Eits, tidak hanya itu saja senyawa di dalam bahan makanan juga tidak akan terpecah ketika masak. Hal tersebut akan membuat nutrisi lebih mudah diserap oleh tubuh kamu.

Sayangnya, makanan hangat adalah musuh bagi penderita diabetes. Ada beberapa bahan makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi ketika dimasak misalnya nasi putih dan wortel.  Makanan dengan indeks glikemik tinggi saat dimasak akan membuat gula darah juga semakin meningkat.

Peluang Terkontaminasi Lebih Rendah

Gambar Istimewa

Mikroorganisme dalam bakteri akan mati saat proses memasak karena bakteri tidak bisa bertahan dalam suhu yang tinggi. Bukan berarti makanan tidak bisa terkontaminasi bakteri. Saat makanan dibiarkan terbuka dalam waktu yang lama, kemungkinan makanan terkena kuman, bakteri hingga virus di udara sangat tinggi. Oleh sebab itu, santaplah makanan kamu selagi hangat dan begitu disajikan.

Menyimpan Banyak Energi

Gambar Istimewa

Manfaat yang tidak disadari saat kamu mengkonsumsi makanan yang hangat adalah tubuh kamu bisa menyimpan lebih banyak energi karena metabolisme tubuh kamu yang efisien. Hal itu akan sangat menguntungkan karena kamu bisa memanfaatkan nutrisi secara maksimal. Berkat nutrisi tersebut, kamu juga bisa lebih bersemangat dalam beraktivitas.

Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Gambar Istimewa

Makanan hangat bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Alasannya karena makanan panas memiliki banyak rasa yang disebabkan oleh senyawa organik yang mudah menguap ketika dilepaskan. Rangsangan inilah yang menyebabkan makanan akan terasa lebih memuaskan.

Aroma yang Lebih Sedap

Gambar Istimewa

Makanan yang hangat aromanya dan rasanya jauh lebih sedap. Dibandingkan saat dingin, makanan yang hangat lebih kuat aroma dan rasanya. Rangsangan suhu makanan juga bisa menciptakan ilusi pada beberapa bagian lidah kamu.

Menyehatkan Tubuh

Gambar Istimewa

Terakhir, makanan hangat bisa membuat pencernaan bekerja lebih lancar dan membuat tubuh kamu lebih sehat. Beberapa makanan juga akan mengeluarkan nutrisi yang lebih banyak saat dimasak. Misalnya, tomat akan mengeluarkan antioksidan dan lycopene yang tinggi saat dimasak. Manfaat lycopene ini banyak banget lho seperti menurunkan risiko kanker, serangan jantung, menguatkan tulang dan otak dan mengurangi rasa sakit.

 

Nah, itulah manfaat makanan penghangat tubuh saat musim hujan agar tubuh kalian lebih bersemangat ketika sedang beraktivitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here