Tanaman ini memiliki bunga yang begitu cantik dan menarik, lho. Tanaman ini sering disebut juga dengan The Queen of Night atau bunga ratu malam. Bagaimana tidak, bunga wijaya kusuma hanya mekar di malam hari. Waktu mekarnya pun terbilang jarang, salah satu tanaman kaktus. Di Indonesia, bunga ini dikenal sebagai bunga wijaya kusuma.

Sedangkan dalam bahasa asing, ada yang menyebutnya dengan Night Blooming Cereus, Princess of The Night, Christ in The Manger, dan lainnya. Tanaman wijaya kusuma ini sebenarnya berasal dari Arizona dan Gurun Sonora. Sebagai tanaman hias, wijayakusuma bersifat epifit, yang artinya tumbuh di permukaan tanaman lain. Perlu diingat, epifit ini berbeda dengan parasit, lho. Epifit berarti tanaman ini memperoleh nutrisi dari kelembapan lingkungan di sekitar seperti udara dan air hujan.

gambar istimewa

1. Jarang Sekali Berbunga

Biasanya, tanaman ini ditanam di pekarangan rumah daerah paling panas di Amerika Serikat. Kaktus yang tingginya mencapai 10 kaki atau sekitar 3 meter ini tidak berusuk dan memiliki duri hitam di sepanjang batangnya.

Tanaman wijaya kusuma ini baru dapat berbunga setelah berumur empat atau lima tahun, lo. Cukup lama, ya. Awalnya hanya ada beberapa bunga di awal, namun bunganya akan bertambah seiring bertambahnya usia tanaman ini.

2. Mekar di Malam Hari

Uniknya, bunga ini hanya mekar di malam hari sekitar pukul 9 atau 10 dan akan mekar sempurna saat tengah malam. Sayangnya, waktu mekarnya cukup sebentar. Ketika matahari terbit, bunga wijaya kusuma akan layu dan mati.

Bunga wijaya kusuma berbunga di malam hari karena menantikan batas suhu tertentu agar hewan yang membantu penyerbukannya keluar. Wanginya yang semerbak membuat hewan penyerbuk mendekat dan membantu proses penyerbukan yang menghasilkan buah.

3. Ada cerita menarik di balik bunga ini

Konon dulu raja-raja di Indonesia harus memetik bunga ini dalam keadaan segar. Padahal bunga ini biasanya hanya mekar setahun sekali. Bunga ini pun disebut dengan bunga misterius karena mekarnya tidak bisa kita perkirakan kapan terjadi.

4. Manfaatnya Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan

Selain harumnya yang memikat dan sedap dipandang, bunga wijaya kusuma ternyata adalah tanaman obat yang berharga, lho. Bunga wijaya kusuma ini dapat membantu menyebuhkan berbagai masalah kesehatan, seperti:

  • Mengatasi peradangan
  • Membantu menyembuhkan batuk
  • Mengatasi jerawat
  • Mengobati luka
  • Mengatasi asam urat

Nah, itulah fakta menarik dan manfaat bunga wijaya kusuma. Semoga bisa menambah pengetahuan ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!