Dalam memelihara hewan peliharaan, tidak sedikit orang kerap membandingkan kucing dengan anjing. Seekor kucing dianggap tidak bisa patuh seperti anjing, dan cenderung cuek terhadap segala hal, kecuali urusan makan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa kucing bisa dilatih untuk menjadi penurut atau patuh, asalkan sabar dan konsisten. Dikutip dari kanal YouTube X SCIENCE, Sabtu (14/8/2021), berikut ini 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk melatih kucing menjadi patuh dan tidak nakal.

gambar istimewa

1. Melatihnya sejak kecil

Kamu pasti tak ingin memiliki kucing yang suka mengubrak-abrik tempat sampah, mencakar sofa, terus-menerus melompat ke atas meja dan perilaku yang mengganggu lainnya. Jadi, latih kucingmu sedini mungkin atau sejak masih kecil, supaya dia bisa belajar dan mengerti batasan.

Melatih kucing sejak masih kecil sangat berguna untuk mengajarkan keterampilan dan perilaku sosial yang baik. Ini bisa dilakukan setelah ia bisa merangkak atau berjalan. Dengan begitu kucing akan selalu aktif untuk beraktivitas setiap ada kesempatan.

2. Selalu memberikan hadiah

Sebelum mulai melatih, siapkan dulu camilan, catnip, atau mainan kesukaan kucing. Berikan beragam hal yang disukai kucing sebagai hadiah apabila dia bisa berperilaku baik. Cara ini bisa membuat kucing fokus dan tidak terdistraksi untuk sementara.

Berikan camilan berupa makanan kering atau makanan basah untuk kucingmu. Sementara untuk mainannya, kamu bisa berikan mainan dari bulu yang diikat dengan tali supaya kucingmu aktif bergerak.

3. Jangan pernah menghukum kucing

Berbeda dengan anjing, kucing tidak memahami atau merespon sebuah hukuman dengan baik. Sebuah hukuman justru bisa membuat mereka lari ketakutan dan bersembunyi darimu, hingga membuatnya stres.

Selain itu, kamu tidak boleh menghukum kucing dengan cara berteriak keras atau memukul hidungnya, karena hal ini bisa membuat kucing takut dan hilang kepercayaan terhadap dirimu. Tentu kamu tidak mau apabila kucing kesayanganmu selalu lari ketakutan ketika sedang melihatmu.

4. Melatih buang air di kotak pasir kucing

Kamu juga harus melatih kucingmu agar bisa buang air di kotak pasir kucing. Pertama sediakan kotak berisi pasir dan sesuaikan ukurannya dengan tubuh kucingmu, lalu letakkan di tempat yang tenang dan mudah diakses oleh si kucing.

Letakkan kucing ke dalam kotak kotoran setiap hari ketika dia bangun tidur atau setelah makan. Lama-kelamaan kucing akan mengerti Kalau kotak itu adalah toilet pribadinya, sehingga mereka tidak buang air sembarangan. Tapi, jangan lupa untuk rutin membersihkan pasir di dalam kotak setidaknya dua kali dalam seminggu.

5. Mengelus kucing setiap saat

Kucing adalah hewan yang sangat suka dielus, terutama pada bagianleher, dagu, dan kepalanya. Mengelus kucing bisa meningkatkan kedekatan emosional antara pemilik kucing dengan kucing peliharaannya. Salah satu tanda bahwa kucing sudah mulai nyaman adalah mengeluarkan suara dengkuran sambil memejamkan mata saat dielus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!