Danau Baikal adalah danau tertua dan danau terdalam di dunia. Danau ini memiliki pesona tersendiri karena danai ini adalah danau yang membeku. Bahkan Anda bisa berkendara di atas permukaannya tanpa takut esnya pecah.

Danau tertua di dunia Kebanyakan danau di dunia berusia cukup muda dan baru terbentuk kurang dari 18.000 tahun yang lalu atau terbentuk pada Zaman Es Akhir. Hanya 20 danau di dunia yang berusia sangat tua atau lebih dari 1 juta tahun. Danau tertua di dunia adalah Danau Baikal. Danau ini terbentuk 25 sampai 30 juta tahun yang lalu. Selain itu, danau ini juga termasuk danau tua terbesar di dunia.

Keunikan Danau Baikal Danau Baikal adalah danau yang terletak di Siberia, Rusia. Danau ini memiliki kedalaman hingga 1.700 meter dengan luas area mencapai 31.500 kilometer persegi. Panjang danau ini mencapai 636 kilometer dan rata-rata lebarnya 48 kilometer. Data tersebut menjadikan Danau Baikal sebagai danau air tawar terbesar di dunia dilihat dari volume. Volume air ini didapatkan dari lebih dari 330 sungai yang mengalir menuju danau tua ini.

Merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO

Sejak tahun 1996, Danau Baikal terdaftar menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. UNESCO menyebutkan bahwa Danau Baikal menampung hingga 20 persen total air tawar di dunia. Selain itu, tempat ini menjadi tempat tinggal bagi spesies langka flora dan fauna yang tidak ditemukan di tempat lain. UNESCO meyakini tempat ini sangat berharga untuk evolusi sains. Oleh karena itu, danau ini layak untuk dilindungi kelestariannya.

1. Danau paling jernih

gambar istimewah

Kejernihan danau ini tidak tertandingi. Bahkan dari permukaannya yang membeku, kita bisa melihat gelembung gas metana yang membeku di dalamnya. Gas metana ini terbentuk akibat tumbuhan alga yang hidup di dasar danau.

2. Danau membeku

gambar istimewah

Pesona Danau Baikal adalah permukaannya yang membeku. Setiap musim dingin, suhu di lokasi Danau Baikal bisa mencapai -30 derajat Celsius. Hal ini membuat Danau Baikal membeku permukaannya. Ketebalan permukaan yang membeku bisa mencapai 76 sentimeter. Dengan ketebalan tersebut, Anda bisa berjalan dengan nyaman di atas permukaannya tanpa takut permukaannya pecah dan membuat Anda tercebur di air es. Dengan ijin khusus, Anda juga bisa berkendara melewati danau beku ini.

Iklim di Danau Baikal sangat dingin

Puncak paling dingin di Danau Baikal terjadi ketika musim dingin. Suhu paling dingin mencapai -30 derajat Celsius dengan rata-rata -21 derajat Celsius. Puncak bekunya danau ini terjadi pada bulan Januari. Sedangkan pada musim panas sekitar bulan Mei, danau akan sedikit mencair. Suhu ketika musim panas di danau ini sekitar 11 derajat Celsius.
Itulah Danau Baikal, Danau Membeku Terdalam Di Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!