Home Liburan Teluk di Pulau Jawa yang Keren & Mempesona

Teluk di Pulau Jawa yang Keren & Mempesona

0
Teluk di Pulau Jawa yang Keren & Mempesona
<center>gambar istimewah<center>

Karena letaknya ini, teluk umumnya dimanfaatkan sebagai kawasan pelabuhan tempat kapal-kapal bersandar. Tapi tahukah kamu bahwa keindahan teluk-teluk di Indonesia ternyata juga bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan? Khususnya di Pulau Jawa, teluk-teluk ini adalah yang menjadi primadona lantaran keindahannya.

Berikut teluk di pulau jawa yang keren dan mempesona 

Teluk Hijau

gambar istimewah

Teluk Hijau atau disebut juga Teluk Ijo atau Green Bay adalah salah satu destinasi yang terkenal di Banyuwangi. Menawarkan wisata alam berupa teluk yang dikelilingi hutan hijau, pasir putih, dan air laut berwarna kehijauan – menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Dahulu, teluk ini hanya dinikmati dari kejauhan oleh para pengunjung Taman Nasional Meru Betiri. Dari atas bukit, teluk ini memang terlihat begitu menawan. Tapi kini, banyak wisatawan yang tertarik untuk langsung menjejak pantai di Teluk Hijau. Namun meski panoramanya sangat indah, wisatawan diminta untuk berhati-hati lantaran ombak di kawasan pantai ini yang tergolong ganas.

Teluk Penyu

gambar istimewah

Menurut penuturan masyarakat setempat, pantai di sini dahulu merupakan rumah bagi para penyu sehingga disebut sebagai Teluk Penyu. Sayang lantaran padatnya lalu lintas kapal milik membuat penyu-penyu yang biasanya bertelur di kawasan ini memilih untuk hijrah ke Bali dan Lombok.

Memiliki luas kurang lebih 18 hektare dengan pemandangan indah serta udara yang sejuk menjadikan Teluk Penyu banyak dikunjungi wisatawan. Ditambah lagi dengan adanya peninggalan bersejarah Benteng Pendem membuat destinasi yang satu ini layak dikunjungi. Tak jauh dari Teluk Penyu, terdapat pula Pulau Nusakambangan yang lokasi rumah tahanan.

Teluk Awur

gambar istimewah

Jepara memiliki sebuah teluk bernama Teluk Awur yang juga merupakan destinasi favorit para wisatawan yang bertandang ke Jepara. Terletak di Desa Telukawur yang letaknya kurang lebih 4 km dari pusat Kota Jepara, di pantai ini terdapat banyak pohon mangrove yang berfungsi sebagai penahan abrasi dan juga peneduh.

Kawasan ini masih jarang dilalui kapal-kapal sehingga soal kebersihan dan kejernihan airnya pun bisa tetap terjaga. Selain jadi destinasi wisata warga Jepara sendiri, wisatawan yang datang pun tak kalah banyaknya. Pada waktu-waktu tertentu, sering digelar event tradisional yang tentunya sangat menarik untuk disaksikan.

Teluk Popoh

gambar istimewah

Teluk Popoh atau Pantai Popoh termasuk dalam wilayah Kecamatan Besuki sebelah selatan Kota Tulungagung, Jawa Timur. Berada di pesisir Samudera Hindia, Teluk Popoh terkenal memiliki pemandangan yang sangat indah dan berhawa sejuk. Sebenarnya ada dua objek wisata yang bisa dikunjungi, yaitu teluk dan laut bebasnya.

Lokasi teluk berada di dekat parkiran kendaraan, sedangkan kawasan laut bebas berjarak kurang lebih 1 km dari teluk. Untuk menuju ke sana, hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki karena hanya tersedia jalan setapak saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here