Gorontalo dikenal sebagai “Kota Serambi Madinah” dengan masjid-masjid yang unik. Namun, di balik julukan tersebut, Gorontalo juga menyimpan potensi wisata yang menarik dan tidak perlu diragukan lagi. Wisata yang bisa dikunjungi mulai dari alam hingga sejarah.

1. Museum Pendaratan Pesawat Amphibi Bung Karno

gambar istimewah

 

Museum Pendaratan Pesawat Amphibi Bung Karno berada dekat dengan Danau Limboto–tepatnya terletak di Desa Iluta, Kecamtan Batudaa, Gorontalo. Museum ini merupakan cagar budaya berupa rumah yang dibangun pada masa Pemerintahan Belanda sekitar pada tahun 1936.

Di museum ini pengujungdapat menemukan berbagai koleksi barang-baang kuno seperti foto, radio, buku, juga alat pertanian, dan lainnya. Berada tak jauh dari Danau Limboto, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah disekitar museum yang tenang dan sejuk.

2. Benteng Otanaha

gambar istimewah

Benteng Otanaha berupa benteng dengan bahan utama batu yang direkatkan dengan putih telur burung Maleo. Benteng yang dibangun oleh Raja Ilato pada tahun 1522 ini memiliki tinggi tujuh meter dan diameter sekitar 20 meter, yang difungsikan sebagai tempat perlindungan dan pertahanan.

Benteng Otanaha terletak di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Gorontalo. Pengunjung akan dapat menikmati pemandangan indah Danau Limboto dan Kota Gorontalo yang cantik dari atas ketinggian. Untuk mencapai benteng ini, pengunjung perlu mendaki 345 anak tangga, atau menaiki motor atau mobil sampai ke area parkir yang dekat benteng utama. Menunjang kunjungan wisata pengunjung, tersedia fasilitas seperti pondok untuk berteduh, taman hijau untuk bersantai, dan spot foto yang menarik.

3. Danau Limboto

gambar istimewah

Danau Limboto merupakan muara dari Sungai Molalahu, Sungai Daenaa, Sungai Alo, Sungai Bionga, dan Sungai Bone Balango. Danau dengan luas sekitar 3.000 hektare ini, terletak di Kota Limboto, Gorontalo, dan di beberapa sudut kecamtan seperti Kecamtan Telaga Biru, Tilango, Telaga Jaya, Batudaa, dan Tabongo.

Pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti memancing, berfoto dengan pemandangan indah, atau sekadar bersantai menikmati sunset. Ketika lapar, pengunjung bisa menyantap makanan yang dijual di sekitar danau seperti berbagai macam ikan bakar.

4. Taman Laut Olele

gambar istimewah

Taman Laut Olele salah satu ikon wisata di Gorontalo dengan pemandangan bawah laut yang cantiik dengan terumbu karang warna-warni. Wisata bahari ini terletak di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Taman laut ini sangat cocok untuk snorkeling dan diving yang sangat cocok untuk pemula karena terdapat dua tipe kedalaman yaitu dangkal dan dalam.

Pemandangan bawah laut yang indah ini memiliki beberapa spot seperti Goa Jin, coral pole, beehive, hinga traffic jam. Pecinta fotografi juga bisa mengabadikan momen yang keren di Goa Jin.’ Untuk melakukan snorkeling, pengunjung akan dikenai biaya sewa alat dan kapal dengan harga berkisar 200 hingga 500 ribu rupiah. Jika ingin melakukan diving, pengunjung akan dikenai biaya sewa alat dan kapal dengan harga berkisar Rp 300.000 – Rp 700.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!