Buah semangka berwarna merah tampak menggoda saat panas terik. Buah yang kaya kandungan air ini dapat membantu melepas dahaga. Tak hanya itu, terdapat sejumlah manfaat semangka merah lainnya yang baik untuk kesehatan dan mencegah penyakit. Manfaat semangka ini terkandung di balik warnanya yang merah segar. Berikut 7 manfaat semangka merah:

1. Mencegah dehidrasi

gambar istimewa

Semangka merupakan buah dengan kandungan air yang tinggi yakni mencapai 92 persen. Kandungan air dalam semangka membantu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dan mencegah dehidrasi. Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menimbulkan sejumlah gejala dan menyebabkan kerusakan organ.

2. Mencegah kanker

gambar istimewa

Semangka mengandung senyawa likopen dan cucurbitacin E. Dua senyawa ini memiliki efek antikanker. Dikutip dari Healthline, asupan likopen dikaitkan dengan risiko kanker prostat dan kolorektal yang lebih rendah. Sementara itu, cucurbitacin E dapat membantu menghambat pertumbuhan tumor.

3. Mencegah penyakit jantung

gambar istimewa

Kandungan likopen dalam semangka juga membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kedua kondisi ini adalah faktor risiko yang menyebabkan penyakit jantung. Saat kolesterol dan tekanan darah terjaga, risiko penyakit jantung pun berkurang.

4. Mencegah peradangan

gambar istimewa

Kombinasi kandungan antioksidan, likopen, dan vitamin C dalam semangka dapat mencegah peradangan dan kerusakan oksidatif. Studi menunjukkan konsumsi semangka mengurangi peradangan secara signifikan.

5. Mencegah penyakit mata

gambar istimewa

Senyawa likopen juga dapat mencegah penyakit mata terutama degenerasi makular terkait usia. Sejumlah studi menunjukkan likopen dapat menghambat degenerasi makular mata. Senyawa ini juga mengurangi inflamasi pada mata.

6. Mencegah nyeri otot

gambar istimewa

Asam amino citrulline dalam semangka dapat meningkatkan kinerja otot dan mengurangi nyeri otot. Senyawa ini membantu melebarkan pembuluh darah sehingga jantung dapat bekerja maksimal menyebarkan darah ke seluruh tubuh termasuk otot.

7. Mencegah sembelit

gambar istimewa

Semangka juga mengandung serat yang membantu melancarkan pencernaan. Konsumsi semangka dikaitkan dengan kesehatan pencernaan yang lebih baik dan mengurangi sembelit serta konstipasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!